4 Pemain Gabon yang Menghiasi Liga Top Eropa 2023/2024

Ada yang pindah pada musim panas 2023

Gabon merupakan negara kecil yang berada di Afrika tengah. Meski secara luas wilayah tidak terlalu besar, mereka perlahan bisa menjelma sebagai kekuatan sepak bola yang diperhitungkan. Salah satu faktor yang menunjang adalah banyaknya pemain dari negara berjuluk The Panthers ini melanjutkan karier di Eropa. Hal tersebut tentu memberikan dampak positif terhadap perkembangan tim nasional.

Tak jarang, para pesepak bola asal Gabon ini mampu menembus kompetisi elite Benua Biru. Kehadiran mereka tentu bisa menambah kekuatan tim serta memberikan opsi bagi pelatih dalam meramu strategi.

Pada 2023/2024, ada sekitar empat pemain Gabon yang menghiasi liga top Eropa. Siapa saja yang dimaksud dan seperti apa sumbangsihnya terhadap performa klub?

1. Pierre-Emerick Aubameyang membela Olympique Marseille pada musim panas 2023

https://www.youtube.com/embed/jkY0DykY_14

Pierre-Emerick Aubameyang gagal menunjukkan kontribusi penting saat membela Chelsea. The Blues lantas memilih untuk melepasnya secara gratis ke Olympique Marseille pada musim panas 2023. Penyerang kebangsaan Gabon ini setuju menandatangani kontrak berdurasi sampai 2026 bersama Les Phoceens. Pengalamannya diharapkan bisa membantu meningkatkan ketajaman lini depan. Ini juga menjadi kesempatan emas untuk membuktikan bahwa dirinya masih belum habis.

Tak butuh waktu lama, Pirerre-Emerick Aubameyang mampu menembus skuad utama Olympiqe Marseille di Ligue 1 Prancis 2023/2024. Pemain kelahiran Laval ini menjelma jadi sosok penting di lini depan dan kerap diturunkan sebagai starter Les Phoceens di berbagai ajang. Hingga minggu ke-11, penyerang 34 tahun tersebut telah berkontribusi dalam 15 pertandingan dengan mencetak 5 gol dan 3 assist.

2. Mario Lemina sulit tergeser dari skuad utama Wolverhampton Wanderers

https://www.youtube.com/embed/cMwU2GntdaQ

Mario Lemina merupakan gelandang bertahan yang bergabung dengan Wolverhampton Wanderers dari OGC Nice pada musim dingin 2023. Pesepak bola kelahiran Libreville ini mendapat kontrak sampai 2025 dengan opsi perpanjangan selama 1 tahun. Dirinya langsung menjadi bagian penting di lini tengah dan mendapat menit bermain yang banyak bersama Wolves.

Pada 2023/2024, Mario Lemina sulit tergeser dari skuad utama Wolverhampton Wanderers. Pesepak bola 30 tahun ini sering diturunkan sebagai starter dan tampil selama 90 menit di English Premier League. Selain gelandang bertahan, Lemina beberapa kali ditugaskan oleh Gary O'Neil sebagai gelandang tengah Wolves. Hingga pekan ke-11, dirinya sudah berkontribusi dalam 10 pertandingan dengan menyumbang 1 gol.

Baca Juga: 5 Pemain Girona dengan Harga Pasar Termahal pada 2023/2024

3. Anthony Oyono menemani langkah Frosinone Calcio hingga promosi ke Serie A 2023/2024

4 Pemain Gabon yang Menghiasi Liga Top Eropa 2023/2024Anthony Oyono (instagram.com/antho_oyono)

Anthony Oyono adalah bek kanan yang membela Frosinone Calcio setelah dibeli dari US Boulogne pada musim dingin 2022. Dirinya ikut menemani langkah tim berjuluk I Ciociari mengarungi Serie B hingga sukses promosi ke Serie A Italia 2023/2024. Pesepak bola kelahiran Lille ini juga berhasil mendapat perpanjangan kontak sampai 2027 untuk bertahan di Stadio Benito Stirpe.

Anthony Oyono menjelma sebagai sosok kunci di sektor kanan pertahanan Frosinone Calcio pada 2023/2024. Pemain kebangsaan Gabon ini kerap dimainkan sebagai starter dan tampil selama 90 menit di berbagai kompetisi. Sampai minggu ke-10, dirinya sudah menunjukkan peran penting sebanyak 12 pertandingan.

4. Jim Allevinah bisa menembus skuad utama Clermont Foot pada 2023/2024

4 Pemain Gabon yang Menghiasi Liga Top Eropa 2023/2024Jim Allevinah (instagram.com/jimalvnh)

Jim Allevinah merupakan gelandang kanan yang sudah membela Clermont Foot sejak musim panas 2019. Dirinya saat itu didatangkan dari Le Puy Foot Auvergne. Pemain kebangsaan Gabon ini ikut berjuang bersama Les Lanciers di Ligue 2 hingga sukses mendapat jatah promosi ke Ligue 1 Prancis untuk pertama kali pada 2021/2022. Allevinah sekarang masih menyisakan kontrak hingga 2024 bersama tim asal Prancis tersebut.

Jim Allevinah masih menjadi bagian skuad utama Clermont Foot pada 2023/2024. Dirinya sering mendapat jatah sebagai starter di Ligue 1. Selain gelandang kanan, pemain kelahiran Agen ini beberapa kali ditugaskan jadi gelandang kiri dan gelandang serang Les Lanciers. Sampai minggu ke-11, dia sudah mencatatkan penampilan sebanyak sepuluh laga.

Keempat pesepak bola Gabon di atas, termasuk Pierre-Emerick Aubameyang, menghiasi liga top Eropa pada 2023/2024. Mereka mendapat kesempatan reguler dan jadi bagian penting dalam skema permainan timnya masing-masing.

Baca Juga: 3 Eks Manchester City yang Menjadi Pilar Girona pada 2023/2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya