3 Pemain Inggris yang Membela Ajax 2023/2024, Ada Henderson

Ada pemain jebolan akademi Ajax Amsterdam

Jordan Henderson membuat keputusan penting terkait masa depannya pada musim dinging 2024. Secara mengejutkan, gelandang kelahiran Sunderland ini memilih mengakhiri kontrak lebih cepat bersama Al-Ettifaq. Dirinya lantas kembali ke kompetisi Eropa demi membela Ajax Amsterdam. Pengalamannya menjadi jenderal lini tengah berpotensi membantu meningkatkan kreativitas serta memperlancar aliran bola untuk De Godenzonen.

Selain itu, Jordan Henderson mempunyai jiwa kepemimpinan sehingga bisa menjalankan peran sebagai mentor bagi para penggawa muda Ajax Amsterdam. Kedatangan gelandang 33 tahun ini juga menambah daftar pemain Inggris yang membela skuad De Godenzonen pada 2023/2024. Termasuk Henderson, ada tiga penggawa The Three Lions yang memperkuat tim asal Belanda tersebut.

Siapa saja pemain Inggris yang membela Ajax 2023/2024?

1. Jordan Henderson jadi pemain Inggris yang membela Ajax 2023/2024 terbaru

3 Pemain Inggris yang Membela Ajax 2023/2024, Ada HendersonJordan Henderson (twitter.com/AFCAjax)

Jordan Henderson meninggalkan Liverpool untuk bergabung Al-Ettifaq pada musim panas 2023. Dirinya menandatangani kontrak berdurasi sampai 2026 bersama tim asal Arab Saudi tersebut. Gelandang tengah 33 tahun ini juga reuni dengan Steven Gerrard yang menjadi pelatih Faris Ad-Dahna.

Tak butuh waktu lama, Jordan Henderson bisa menjadi salah satu sosok kunci bagi Al-Ettifaq pada 2023/2024. Dirinya sering diturunkan sejak menit pertama dan dipercaya mengemban jabatan sebagai kapten Faris Ad-Dahna. Selain gelandang tengah, dia juga bisa diplot sebagai gelandang bertahan. Hingga pekan ke-19, Henderson sudah mencatatkan kontribusi sebanyak 19 pertandingan dengan membuat 4 assist di semua ajang.

Bertahan kurang lebih selama 6 bulan, Jordan Henderson sepakat menyudahi kontrak bersama Al-Ettifaq pada musim dingin 2024. Pesepak bola berusia 33 tahun ini memilih kembali mentas di Eropa untuk bergabung secara gratis dengan Ajax Amsterdam. Dia disodori kontrak sampai 2026 oleh De Godenzonen. Hal itu juga dilakukan sebagai salah satu cara agar dirinya menjaga asa untuk terpilih masuk skuad Inggris yang akan berpartisipasi di Euro 2024.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 6 Ajax Amsterdam sebelum Jordan Henderson

2. Charlie Setford belum mendapat kesempatan untuk debut bersama Ajax Amsterdam 2023/2024

3 Pemain Inggris yang Membela Ajax 2023/2024, Ada HendersonCharlie Setford (english.ajax.nl)

Charlie Setford adalah kiper yang menimba ilmu di akademi Ajax Amsterdam. Pesepak bola kelahiran Haarlem tersebut sudah tampil membela berbagai tim kategori umur De Godenzonen. Dirinya dianggap mempunyai potensi luar biasa sehingga mendapatkan perpanjangan kontrak sampai 2027.

Meski begitu, sejauh ini, Charlie Setford belum mendapat kesempatan debut dengan skuad senior Ajax Amsterdam 2023/2024. Dirinya beberapa kali hanya duduk di bangku cadangan De Godenzonen. Kiper berusia 19 tahun tersebut lebih sering diturunkan bersama tim U-21 demi mendapat banyak menit bermain dan pengalaman.

3. Chuba Akpom mendapat kontrak jangka panjang sampai 2028 bersama Ajax Amsterdam

3 Pemain Inggris yang Membela Ajax 2023/2024, Ada HendersonChuba Akpom (ajax.nl)

Chuba Akpom menjadi penyerang tangguh saat masih berseragam Middlesbrough. Dirinya juga sukses menyabet penghargaan sebagai pemain terbaik dan menyandang gelar top skor dengan torehan 28 gol di Championship 2022/2023. Portofolio mengesankan tersebut berhasil memikat perhatian Ajax Amsterdam sehingga ia didatangkan pada musim panas 2023. Akpom langsung mendapat kontrak jangka panjang berdurasi sampai 2028 demi bertahan di Johan Cruyff Arena.

Sayangnya, Chuba Akpom saat ini menjalankan peran sebagai pelapis di lini depan, sehingga lebih sering memulai laga dari bangku cadangan Ajax Amsterdam. Hal tersebut membuatnya mendapat menit bermain yang tidak terlalu banyak. Selain penyerang tengah, dia sendiri beberapa kali sempat ditugaskan jadi gelandang serang dan penyerang sayap sesuai kebutuhan taktik. Sampai pekan ke-17, Akpom tercatat tampil dalam 20 pertandingan dengan menorehkan 9 gol di berbagai kompetisi.

Mereka adalah pemain Inggris yang membela Ajax 2023/2024. Sejauh ini, Chuba Akpom jadi satu-satunya yang sudah menunjukkan kontribusi terhadap permainan De Godenzonen. Sementara, Charlie Setford belum debut dan Jordan Henderson baru bergabung pada musim dingin 2024.

Baca Juga: Pindah ke Ajax Bukan Keputusan Mudah bagi Jordan Henderson

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya