4 Pemain Jepang yang Berkiprah di EPL 2023/2024, Ada Rekrutan Baru!

Sebagian besar berposisi sebagai bek kanan

Jepang bertransformasi sebagai salah satu kekuatan sepak bola yang sangat diperhitungkan di dunia. Bukan tanpa alasan, negara berjuluk Samurai Blue ini bisa menjalankan kompetisi berbagai kelompok umur dengan baik sehingga rutin melahirkan talenta potensial pada setiap generasinya. Hal tersebut juga membuat banyak pemain Jepang masuk dalam radar transfer tim di Eropa.

English Premier League (EPL) adalah salah satu kompetisi top Eropa yang menjadi tujuan pesepak bola Samurai Blue membangun karier. Daiki Hashioka jadi nama terbaru bergabung setelah diboyong Luton Town dari Sint-Truiden pada musim dingin 2024. Termasuk dirinya, total ada empat pemain Jepang yang berkiprah di EPL 2023/2024. Siapa saja mereka dan seperti apa kinerjanya untuk masing-masing tim?

1. Daiki Hashioka bersaing dengan Issa Kabore berebut posisi bek kanan utama

4 Pemain Jepang yang Berkiprah di EPL 2023/2024, Ada Rekrutan Baru!Daiki Hashioka (instagram.com/hashioka0517)

Daiki Hashioka adalah bek kanan yang pertama kali membela Sint-Truiden dengan status pinjaman dari Urawa Reds. Performanya dianggap mengesankan sehingga mendapat kontrak permanen pada musim dingin 2022. Pemain kelahiran Saitama, Jepang, ini berhasil menjelma jadi salah satu pilar penting tim asal Belgia tersebut. Selain memperkuat pertahanan, dirinya juga sering diplot sebagai gelandang sesuai skema taktik. Hasiokan sendiri total berkontribusi untuk De Kanaries sebanyak 91 pertandingan dengan mencetak 2 gol dan 14 assist di semua kompetisi.

Daiki Hasioka kemudian memutuskan pergi dari Sint-Truiden untuk memulai petualangan baru di Inggris dengan bergabung bersama Luton Town pada musim dingin 2024. Pesepak bola berusia 24 tahun tersebut rencananya akan tampil di Kenilworth Road dengan durasi kontrak hingga 2027. Kini, dirinya harus bersaing dengan Issa Kabore untuk berebut posisi sebagai bek kanan utama The Hatters. 

Baca Juga: 6 Pemain Arsenal 2023/2024 yang Berasal dari Luar Eropa, Ada Tomiyasu

2. Takehiro Tomiyasu kalah bersaing dengan Ben White untuk jadi bek kanan utama pada 2023/2024

4 Pemain Jepang yang Berkiprah di EPL 2023/2024, Ada Rekrutan Baru!Takehiro Tomiyasu (instagram.com/tomiyasu.t)

Selain Daiki Hashioka, Takehiro Tomiyasu adalah sosok bek kanan yang terlebih dahulu berkiprah di EPL 2023/2024. Pesepak bola kebangsaan Jepang ini memperkuat Arsenal setelah dibeli dari Bologna pada musim panas 2021. Dirinya disodori kontrak sampai 2025 dengan opsi perpanjangan 1 tahun. Pemain kelahiran Fukuoka, Jepang, ini bisa menambah kedalaman kekuatan area pertahanan The Gunners. Namun, cedera kerap mengganggu performanya sehingga ia terpaksa melewatkan beberapa laga.

Pada 2023/2024, Takehiro Tomiyasu tak selalu dipasang oleh Mikel Arteta sebagai pilihan utama Arsenal. Sejauh ini, dirinya kalah bersaing dengan Ben White untuk mengisi posisi bek kanan. Hal tersebut membuatnya mendapat menit bermain yang tidak terlalu banyak.

Selain itu, dia juga sempat absen karena berkutat dengan cedera betis. Sampai pekan ke-22, pesepak bola berusia 25 tahun ini baru diturunkan dalam 20 pertandingan dengan catatan 1 gol dan 3 assist di semua ajang. Tomiyasu sendiri total berkontribusi sebanyak 73 laga dengan menorehkan 1 gol dan 6 assist selama berseragam Arsenal.

3. Wataru Endo bertransformasi jadi salah satu kunci permainan Liverpool pada 2023/2024

4 Pemain Jepang yang Berkiprah di EPL 2023/2024, Ada Rekrutan Baru!Wataru Endo (instagram.com/endowataru)

Liverpool mencari gelandang bertahan baru pada musim panas 2023. Hal ini membuat mereka mencoba mendatangkan Moises Caicedo dan Romeo Lavia ke Anfield Stadium. Namun, rencana ini gagal lantaran kedua pemain tersebut lebih memilih pinangan Chelsea. Tim asuhan Jurgen Klopp ini lantas mendaratkan opsi lain dengan merekrut Wataro Endo dari VfB Stuttgart. Pemain kebangsaan Jepang ini langsung disodori kontrak hingga 2027 bersama The Reds.

Benar saja, Wataru Endo berhasil bertransformasi sebagai salah satu kunci permainan Liverpool pada 2023/2024. Dirinya sering dipercaya oleh Jurgen Klopp untuk menjadi starter di berbagai ajang. Pesepak bola yang kini berusia 30 tahun tersebut bisa memperkuat sektor tengah dan membatu lini pertahanan The Reds. Hingga pekan ke-22, Endo telah mencatatkan penampilan dalam 24 laga dengan mengukir 2 gol dan 1 assist.

4. Kaoru Mitoma menjadi andalan lini depan Brighton & Hove Albion 2023/024

4 Pemain Jepang yang Berkiprah di EPL 2023/2024, Ada Rekrutan Baru!Kaoru Mitoma (brightonandhovealbion.com)

Kaoru Mitoma adalah penyerang sayap yang membela Brighton & Hove Albion. Ia diboyong dari Kawasaki Frontale pada musim panas 2021. Tak langsung gabung dengan skuad The Seagulls, talenta asal Negeri Sakura ini sempat langsung dipinjamkan kepada Union Saint-Gilloise selama 1 tahun. 

Selepas menyelesaikan masa peminjaman, Kaoru Mitoma kembali memperkuat Brighton & Hove Albion. Performanya makin matang dan berhasil menjadi salah satu pilar utama permainan The Seagulls. Selain penyerang sayap kiri, dirinya juga mampu mengemban peran sebagai gelandang kanan sesuai kebutuhan taktik tim. 

Pada 2023/2024, Kaoru Mitoma masih menjadi andalan lini depan dari Brighton & Hove Albion. Roberto De Zerbi selaku pelatih kerap memasangnya sejak menit pertama. Performa penting tersebut juga mengantarkannya mendapat perpanjangan kontrak sampai 2027. Sampai pekan ke-22 EPL 2023/2024, dia bermain dalam 24 laga dengan mencetak 3 gol dan 6 assist di berbagai ajang. Mitoma total tampil sebanyak 65 pertandingan dengan menorehkan 13 gol dan 14 assist bersama Brighton.

Sebagian besar dari pemain Jepang yang bermain untuk klub EPL 2023/2024 di atas berhasil menambah kedalaman kekuatan sekaligus memberikan kontribusi untuk masing-masing tim. Sebagai sosok terbaru yang merapat ke EPL, mampukah Daiki Hashioka mengikuti jejak kompatriotnya?

Baca Juga: 4 Bintang Top Eropa yang Tidak Betah Bermain di Saudi Pro League

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya