5 Pemain Ligue 1 yang Melanjutkan Karier ke QSL pada Musim Panas 2023

Ada yang ditebus dengan harga mahal

Qatar Stars League (QSL) terus berbenah untuk meningkatkan kualitas liga agar lebih menarik perhatian penggemar. Kasta tertinggi sepak bola Qatar tersebut tidak ragu-ragu mendatangkan para pemain yang sudah mencicipi atmosfer kompetisi Eropa. Bahkan, Al Arabi sukses mengamankan tanda tangan Marco Verratti pada musim panas 2023.

Kehadiran Marco Verratti ternyata menambah daftar pemain Ligue 1 yang melanjutkan karier ke QSL pada musim panas 2023. Termasuk gelandang asal Italia ini, ada lima pesepak bola yang pergi ke kasta tertinggi sepak bola Qatar tersebut. Siapa saja mereka? Yuk, baca tulisan di bawah ini!

1. Marco Verratti mempunya portofolio mentereng bersama Paris Saint-Germain

5 Pemain Ligue 1 yang Melanjutkan Karier ke QSL pada Musim Panas 2023Marco Verratti (instagram.com/alarabi_club)

Marco Verratti memilih meninggalkan kompetisi Eropa setelah menerima tawaran dari Al Arabi pada musim panas 2023. Tim asal Qatar ini harus menebusnya dengan harga mahal sebesar 45 juta euro atau Rp738 miliar dari Paris Saint-Germain. Gelandang 30 tahun ini juga sudah menandatangani kontrak sampai 2025. Kehadirannya tentu berguna untuk menambah daya kreativitas lini tengah.

Pesepak bola kelahiran Pescara ini mempunyai portofolio menawan saat masih berseragam Paris Saint-Germain. Marco Verratti mampu menjadi nyawa di lini tengah Les Parisiens. Selain berperan sebagai gelandang tengah, dirinya bisa dipasang jadi gelandang bertahan. Dia juga telah mempersembahkan berbagai gelar domestik. Verratti tercatat tampil dalam 416 laga dengan menyumbang 11 gol dan 61 assist. Performa tersebut berhasil memikat perhatian Al Arabi.

2. Abdou Diallo tersisih dari skuad Paris Saint-Germain

5 Pemain Ligue 1 yang Melanjutkan Karier ke QSL pada Musim Panas 2023Abdou Diallo (instagram.com/alarabi_club)

Sebelum mendatangkan Marco Verratti, Al Arabi terlebih dahulu mengamankan tanda tangan Abdou Diallo dari Paris Saint-Germain. Bek tengah ini dibeli dengan harga sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp246 miliar. Dirinya juga dianggap sebagai aset penting sehingga mendapat kontrak sampai 2027. Pemain asal Senegal ini diproyeksikan menjadi tembok kokoh pertahanan tim berjuluk Fareeg Al-Ahlam tersebut.

Abdou Diallo tak selalu menjadi pilihan utama untuk Paris Saint-Germain. Dirinya harus bersaing dengan bek lain demi mendapat kesempatan secara reguler. Pemain asal Senegal ini bahkan harus tersisih dan dipinjamkan ke RB Leipzig. Dia tercatat tampil dalam 75 pertandingan dengan mencetak 4 assist bersama Les Parisiens.

Tak mendapat jaminan di skuad utama Paris Saint-Germain membuatnya hengkang ke Al Arabi. Abdou Diallo ternyata langsung menjadi andalan di jantung pertahanan tim asal Qatar tersebut. Sejauh ini, dia selalu jadi starter dan tampil selama 90 menit di berbagai ajang. Bek 27 tahun ini sudah bermain dalam 3 pertandingan dengan mencetak 1 gol.

Baca Juga: 3 Klub Ligue 1 yang Mengalahkan PSG di Paris dalam 12 Tahun Terakhir

3. Thiago Mendes langsung menembus skuad utama Al Rayyan

5 Pemain Ligue 1 yang Melanjutkan Karier ke QSL pada Musim Panas 2023Thiago Mendes (instagram.com/thiagomendes)

Thiago Mendes adalah gelandang bertahan yang dibeli Al Rayyan dari Olympique Lyon pada musim panas 2023. Tim asal Qatar ini harus merogoh kocek sebesar 4,2 juta euro atau Rp68,8 miliar. Pemain kelahiran Sao Luis ini langsung menandatangani kontrak sampai 2025.

Pemain berkebangsaan Brasil ini kerap menjadi pilihan utama saat membela Olympique Lyon. Selain gelandang bertahan, Mendes bisa diplot sebagai bek tengah dalam skema taktik Les Gones. Dirinya sudah berkontribusi dalam 143 pertandingan dengan mencetak 2 gol dan 11 assist di berbagai ajang. Performanya tersebut sukses memikat Al Rayyan.

Tak butuh waktu adaptasi, Thiago Mendes bisa menembus skuad utama dari Al Rayyan. Gelandang 31 tahun tersebut selalu dipasang menjadi starter dan tampil selama 90 menit. Sejauh ini, dirinya sudah bermain dalam 3 pertandingan di QSL 2023/2024.

4. Victor Lekhal ikut mengantar Le Harve promosi ke Ligue 1

5 Pemain Ligue 1 yang Melanjutkan Karier ke QSL pada Musim Panas 2023Victor Lekhal (kiri) (instagram.com/victorlekhal)

Victor Lekhal merupakan gelandang bertahan yang menemani langkah Le Harve hingga mendapat promosi ke Ligue 1 pada 2023/2024. Namun, dirinya tidak mendapat perpanjangan kontrak sehingga dilepas gratis pada musim panas 2023. Tak sampai lama menganggur, pemain 29 tahun ini menerima pinangan dari Umm Salal. Dia setuju untuk berseragam tim berjuluk Barzan Falcons tersebut sampai 2025.

Pemain kelahiran Fecamp ini merupakan produk akademi dari Le Harve. Kariernya tak langsung mulus, Victor Lekhal harus dipinjamkan ke US Avranches demi mendapat menit bermain. Dirinya perlahan mampu menjadi andalan tim asal Prancis tersebut. Lekhal sudah tampil dalam 220 pertandingan dengan mencetak 9 gol dan 4 assist bersama Les Ciel et Marine. Catatan ini sukses masuk radar transfer Umm Salal.

Pesepak bola berkebangsaan Aljazair ini langsung mendapat kesempatan secara reguler bersama Umm Salal. Meski posisi aslinya gelandang bertahan, Victor Lekhal diplot menjadi gelandang tengah. Sejauh ini, dia sudah bermain dalam 3 pertandingan dengan menyumbang 1 gol di QSL.

5. Andy Delort dipercaya menjadi kapten Umm Salal

5 Pemain Ligue 1 yang Melanjutkan Karier ke QSL pada Musim Panas 2023Andy Delort (kanan) (instagram.com/ummsalalsc dan andydelort7)

Setelah mendapatkan jasa Victor Lekhal, Umm Salal merekrut Andy Delort dari FC Nantes pada musim panas 2023. Penyerang kebangsaan Aljazair ini ditebus dengan harga sebesar 2,5 juta euro atau sekitar Rp40,9 miliar. Dirinya juga disodori kontrak sampai 2025 untuk membela Barzan Falcons.

Andy Delort bertahan singkat membela FC Nantes. Dirinya hanya beberapa kali dipasang menjadi starter untuk tim berjuluk Les Canaris tersebut. Penyerang 31 tahun ini bermain dalam 17 pertandingan dengan mencetak 2 gol. Meski begitu, performanya masih bisa memikat perhatian Umm Salal.

Benar saja, Andy Delort langsung menjadi bagian penting di lini depan Umm Salal. Pesepak bola asal Prancis ini selalu dipasang sebagai starter dan tampil selama 90 menit. Selain itu, dirinya dipercaya sebagai kapten tim. Dia telah berkontribusi dalam 3 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 2 assist di QSL 2023/2024.

Kelima pemain Ligue 1 di atas melanjutkan karier ke Qatar Stars League (QSL) pada musim panas 2023. Sebagian besar dari mereka telah melakukan debut bersama tim barunya. Bukan tidak mungkin ada pesepak bola lain menyusul datang ke kompetisi tertinggi sepak bola Qatar tersebut mengingat bursa transfer baru ditutup pada 18 September 2023.

Baca Juga: Eks Liverpool yang Merumput di Asia pada 2023/2024, Coutinho ke Qatar

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya