3 Pemain Meksiko yang Meramaikan LaLiga 2023/2024, Ada Andres Guardado

Sebagian besar berposisi sebagai bek

Meksiko sukses bertransformasi jadi salah satu poros kekuatan sepak bola di Amerika Utara. Hal tersebut terbukti karena negara berjuluk El Tricolor ini sudah pernah memenangkan Gold Cup sebanyak 12 kali. Prestasi gemilang ini tak datang secara instan. Mereka bisa mengelola kompetisi dengan baik dan rajin melahirkan talenta menjanjikan sehingga berdampak positif terhadap kemajuan tim nasional. Selain itu, banyak pemain yang memilih melanjutkan karier bersama klub di Eropa.

LaLiga menjadi salah satu tujuan bagi pesepak bola Meksiko dalam melanjutkan karier di Eropa. Pada 2023/2024, ada sebanyak tiga pemain El Tricolor yang meramaikan kompetisi tertinggi sepak bola Spanyol tersebut. Mereka dianggap mampu memberikan dampak terhadap performa tim. Siapa saja mereka dan seperti apa kontribusinya sejauh ini? Mari simak tulisan di bawah ini!

1. Andres Guardado jadi pemain asing dengan jumlah penampilan terbanyak untuk Real Betis

3 Pemain Meksiko yang Meramaikan LaLiga 2023/2024, Ada Andres GuardadoAndres Guardado (instagram.com/andresgua18)

Andres Guardado adalah gelandang tengah yang bergabung dengan Real Betis setelah dibeli dari PSV Eindhoven pada musim panas 2017. Pemain kelahiran Guadalajara ini langsung menjadi bagian penting dalam skema taktik. Dia telah berjasa mengantarkan Los Verdiblancos memenangkan Copa del Rey 2022. Dirinya juga menjadi pemain asing dengan penampilan terbanyak untuk tim asal Spanyol tersebut. Guardado saat ini masih menyisakan kontrak sampai 2024 demi bertahan di Estadio Benito Villamarin.

Pada 2023/2024, Andres Guardado kesulitan menembus skuad inti Real Betis. Gelandang tengah 37 tahun ini lebih sering menjalankan peran sebagai pelapis dalam skema taktik. Ini membuat menit bermainnya jauh berkurang. Meski begitu, dirinya bisa menjadi sosok mentor untuk para penggawa muda dari Los Verdiblancos. Sampai minggu ke-15, dia diturunkan sebanyak 14 laga di berbagai ajang. Guardado sendiri total sudah mencatatkan 213 penampilan dengan menyumbang 5 gol dan 17 assist bersama tim asal Spanyol tersebut.

2. Cesar Montes lebih sering jadi pelapis Chumi dan Edgar Gonzalez di lini belakang UD Almeria

3 Pemain Meksiko yang Meramaikan LaLiga 2023/2024, Ada Andres GuardadoCesar Montes (instagram.com/cjasib)

Cesar Montes gagal menyelamatkan Espanyol dari jurang degradasi pada 2022/2023. Bek tengah asal Meksiko ini lantas hengkang setelah menerima tawaran dari UD Almeria pada musim panas 2023. Dirinya setuju menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2028 demi bertahan di Estadio de los Juegos Mediterraneos. Kehadirannya diplot sebagai sosok penting di are belakang tim asal Spanyol tersebut.

Pesepak bola kelahiran Hermosillo ini ternyata sulit menjadi penggawa inti UD Almeria pada 2023/2024. Cesar Montes lebih sering menghabiskan waktu menjadi cadangan dari Almeriensistas. Dirinya belum bisa menggeser posisi Chumi dan Edgar Gonzalez sebagai bek tengah utama dalam tim. Hingga pekan ke-15, pemain asal Meksiko tersebut baru mencatatkan penampilan sebanyak tujuh pertandingan di berbagai kompetisi.

3. Julian Araujo gabung UD Las Palmas sebagai pinjaman dari Barcelona pada musim panas 2023

3 Pemain Meksiko yang Meramaikan LaLiga 2023/2024, Ada Andres GuardadoJulian Araujo (instagram.com/julian__araujo)

Julian Araujo adalah bek kanan yang diboyong Barcelona dari Los Angeles Galaxy pada musim dingin 2023. Pemain kebangsaan Meksiko tersebut diikat kontrak sampai 2026. Tak langsung gabung skuad utama, dirinya harus menambah pengalaman dengan membela Barcelona B terlebih dahulu.

Bek kanan kelahiran Lompoc, California ini masih sulit menembus skuad Inti Barcelona. Julian Araujo kemudian setuju untuk dipinjamkan ke UD Las Palmas pada musim panas 2023. Dia rencananya berseragam La Union Deportiva sampai 2024. Ini juga agar membuatnya lebih cepat beradaptasi dengan atmosfer kasta tertinggi sepak bola Spanyol.

Meski berstatus pinjaman, Julian Araujo bisa mendapat menit bermain bersama UD Las Palmas pada 2023/2024. Dirinya kerap dipercaya oleh Garcia Pimienta untuk tampil sebagai starter dari La Union Deportiva di berbagai ajang. Sampai pekan ke-15, bek kanan 22 tahun ini sudah berkontribusi dalam 14 pertandingan dengan menyumbang 2 gol.

Ketiga pemain Meksiko di atas meramaikan LaLiga 2023/2024. Sebagian besar dari mereka baru pindah pada musim panas 2023 yang lalu. Sejauh ini, pesepak bola tersebut sering dirotasi sehingga tak selalu jadi pilihan utama untuk timnya masing-masing.

Baca Juga: Barcelona Mau Percepat Kedatangan Anak Ajaib Brasil

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya