3 Pemain Pinjaman yang Didapat Clermont Foot pada Musim Dingin 2024

Semua masih berusia muda

Berbanding terbalik dengan sebelumnya, Clermont Foot menunjukkan penurunan performa yang drastis pada paruh musim 2023/2024. Tim besutan Pascal Gastien tersebut terbenam di dasar klasemen sementara setelah menduduki peringkat ke-18 Ligue 1 Prancis per 28 Februari 2024. Selain itu, Les Lanciers juga nihil gelar musim ini karena tersingkir dari Coupe de France.

Terancam turun kasta ke Ligue 2 Prancis, Clermont Foot melakukan perubahan dengan melepas dua penggawanya pada musim dingin 2024. Tak berdiam diri, Les Lanciers berhasil mendapatkan pengganti dengan mendaratkan tiga pemain baru ke Stade Gabriel-Montpied. Uniknya, mereka bergabung dengan status pinjaman.

1. Alan Virginius belum mendapat kesempatan secara reguler bersama Clermont Foot

3 Pemain Pinjaman yang Didapat Clermont Foot pada Musim Dingin 2024Alan Virginius (kanan) (instagram.com/a.virginius)

Alan Virginius adalah penyerang sayap potensial milik LOSC Lille setelah didatangkan dari FC Sochaux-Montbeliard pada musim panas 2022. Pemain berusia 21 tahun ini langsung mendapat kontrak berdurasi jangka panjang sampai 2027. Namun, dirinya kesulitan menembus skuad utama sehingga masih minim kontribusi terhadap performa tim. Ini juga membuatnya beberapa kali diturunkan membela skuad LOSC Lille B. Virginius sendiri baru mencatatkan total penampilan dalam 23 pertandingan dengan mencetak 1 gol di semua ajang bersama Los Dogues.

Alan Virginius kemudian dipinjamkan LOSC Lille kepada Clermont Foot pada musim dingin 2024. Itu dilakukan agar membuat talenta berusia 21 tahun ini bisa mendapat jam terbang sehingga performanya lebih matang. Dia rencananya memperkuat Les Lanciers hingga Juni 2024. Kedatangannya berpotensi meningkatkan produktivitas dan kreativitas lini depan. Namun, sejauh ini, dirinya belum mendapat kesempatan secara reguler. Sampai pekan ke-23 pada 2023/2024, Virginius baru tampil dalam empat laga di berbagai ajang.

Baca Juga: 5 Pemain yang Hijrah dari EPL ke Ligue 1 pada Musim Dingin 2024

2. Jeremy Jacquet belum debut bersama Clermont Foot

3 Pemain Pinjaman yang Didapat Clermont Foot pada Musim Dingin 2024Jeremy Jacquet (instagram.com/j.jacquet97)

Jeremy Jacquet merupakan bek tengah yang menimba ilmu di akademi Stade Rennais. Pemain kelahiran Bondy ini sudah merasakan mentas di berbagai kelompok umur. Meski berusia 18 tahun, dirinya dianggap menjanjikan sehingga mendapat panggilan untuk memperkuat skuad senior. Dia juga masih terikat kontrak sampai 2026 bersama Les Rouges et Noirs. Jacquet sendiri diturunkan dalam satu pertandingan di Ligue 1 Prancis 2023/2024.

Stade Rennais lantas membuat keputusan untuk meminjamkan Jeremy Jacquet kepada Clermont Foot pada musim dingin 2024. Pesepak bola berusia 18 tahun ini akan membela Les Lanciers sampai Juni 2024. Ini menjadi kesempatan emas untuk mengembangkan potensi terbaiknya. Sayangnya, sejauh ini, Jacquet belum mendapat kesempatan debut sehingga selalu menghabiskan waktu di bangku cadangan.

3. Chrislain Matsima selalu dipasang menjadi starter Clermont Foot

3 Pemain Pinjaman yang Didapat Clermont Foot pada Musim Dingin 2024Chrislain Matsima (instagram.com/clermontfoot)

Chrislain Matsima adalah bek tengah muda jebolan akademi AS Monaco. Pemain kelahiran Colombes tersebut sudah menunjukkan kemampuannya di berbagai kategori umur. Benar saja, dia berhasil mendapat promosi ke tim senior pada 2020. Kariernya ternyata berjalan tidak terlalu mulus. Dirinya kesulitan terpilih sebagai starter karena ketatnya persaingan di lini pertahanan Les Monesgasques.

AS Monaco sempat meminjamkan Chrislain Matsima kepada FC Lorient. Hal ini dilakukan agar talenta muda seperti dirinya bisa mendapat banyak pengalaman. Selain itu, Les Monesgasques memperpanjang kontraknya sampai 2026. Matsima berkontribusi dalam total 41 pertandingan dengan menyumbang 2 assist bagi tim asal Monako tersebut.

Chrislain Matsima kemudian dipinjamkan lagi oleh AS Monaco pada tenggat transfer musim dingin 2024. Kali ini bergabung dengan Clermont Foot. Bek tengah berusia 21 tahun tersebut akan merumput bersama Les Lanciers sampai Juni 2024. Meski berstatus pinjaman, dirinya selalu dipasang sebagai starter dan tampil selama 90 menit. Hingga pekan ke-23 pada 2023/2024, Matsima bermain sebanyak 4 pertandingan dengan menorehkan 1 gol di Ligue 1 Prancis.

Ketiga pemain pinjaman di atas didapatkan Clermont Foot pada musim dingin 2024. Chrislain Matsima dan Alan Virginius telah diberikan kesempatan untuk menunjukkan kontribusi terhadap performa tim asal Prancis tersebut. Sementara, Jeremy Jacquet belum melakukan debut. Mereka akan bahu-membahu membawa Les Lanciers keluar dari pusaran degradasi Ligue 1 Prancis 2023/2024.

Baca Juga: 6 Pelatih Ligue 1 2023/2024 yang Lengser hingga Pekan Ke-22

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya