4 Pemain RB Leipzig yang Datang dari Ligue 1 pada Musim Panas 2023

Ada yang berstatus pinjaman

RB Leipzig menjalani musim yang mengesankan pada 2022/2023. Tim asuhan Marco Rose ini bisa menempati peringkat ketiga Bundesliga Jerman. Selain itu, mereka juga berhasil menjadi juara DFB Pokal. Prestasi tersebut membuat banyak tim raksasa Eropa mengincar penggawa Die Roten Bullen pada musim panas 2023.

Benar saja, RB Leipzig harus ditinggalkan beberapa penggawa penting pada musim panas 2023. Meski begitu, Die Roten Bullen langsung bertindak cepat dengan mencari pengganti yang mempunyai potensi menjanjikan. Beberapa pemain baru didatangkan dari tim yang berlaga di Ligue 1 Prancis.

Siapa saja pemain RB Leipzig yang datang dari Ligue 1 pada musim panas 2023?

1. Xavi Simons bergabung dengan status pinjaman dari Paris Saint-Germain

4 Pemain RB Leipzig yang Datang dari Ligue 1 pada Musim Panas 2023Xavi Simons (kanan) (twitter.com/RBLeipzig)

Xavi Simons mampu menunjukkan performa yang cemerlang saat membela PSV Eindhoven. Ini membuat Paris Saint-Germain mengaktifkan klausul pembelian kembali pada musim panas 2023. Les Parisiens harus merogoh kocek sekitar 6 juta euro atau Rp99 miliar demi mendapat jasa gelandang serang asal Belanda tersebut. Dirinya juga dipagari kontrak sampai 2027.

Tak langsung gabung dengan skuad PSG, Simons harus menjalani masa peminjaman ke RB Leipzig. Dia rencananya akan bertahan di Red Bull Arena Leipzig selama 1 tahun. Kehadirannya berpotensi menambah kreativitas lini tengah dan membantu produktivitas penyerangan Die Roten Bullen.

Meski berstatus sebagai pinjaman, Xavi Simons mampu menembus skuad utama RB Leipzig. Gelandang serang 20 tahun ini selalu diberikan kesempatan untuk tampil sebagai starter di berbagai ajang. Sejauh ini, dia telah bermain dalam 3 pertandingan dengan menyumbang 1 gol dan 2 assist.

2. Lois Openda datang sebagai pengganti Nkunku yang pergi ke Chelsea

https://www.youtube.com/embed/N6pFtXq4fTA

Lois Openda adalah penyerang yang bergabung dengan RB Leipzig setelah dibeli dari RC Lens pada musim panas 2023. Pesepak bola kelahiran Liege ini ditebus dengan harga sekitar 38 juta euro atau Rp628 miliar dan mendapat kontrak sampai 2028. Ini membuatnya jadi pemain termahal yang pernah didatangkan Die Roten Bullen. Kehadirannya diplot sebagai pengganti Christopher Nkunku yang memilih pindah ke Chelsea.

Penyerang 23 tahun tersebut mempunyai performa yang mentereng selama berseragam RC Lens. Openda mampu menjelma jadi mesin pencetak gol untuk tim asal Prancis tersebut. Dirinya tercatat telah bermain dalam 42 pertandingan dengan mengukir 21 gol dan 4 assist. Catatan ini berhasil memikat perhatian RB Leipzig.

Tak butuh waktu adaptasi lama, Lois Openda sukses mendapat kepercayaan pelatih untuk tampil sebagai starter. Sejauh ini, dirinya telah berkontribusi dengan torehan 2 gol dalam 3 pertandingan di berbagai ajang. Pesepak bola berkebangsaan Belgia ini memiliki potensi besar untuk menjadi ujung tombak andalan Die Roten Bullen.

Baca Juga: 5 Rekrutan RB Leipzig yang Diboyong dari PSG, Xavi Simons Terbaru!

3. Castello Lukeba diplot menggantikan Josko Gvardiol

4 Pemain RB Leipzig yang Datang dari Ligue 1 pada Musim Panas 2023Castello Lukeba (twitter.com/RBLeipzig)

Castello Lukeba adalah bek tengah yang merapat ke RB Leipzig setelah diboyong dari Olympique Lyon pada musim panas 2023. Dirinya dibeli dengan harga sekitar 30 juta euro atau Rp495 miliar. Pemain kelahiran Lyon ini telah setuju menandatangani kontrak dengan durasi sampai 2028. Dia diproyeksikan menggantikan peran Josko Gvardiol yang pindah ke Manchester City.

Bek tengah 20 tahun ini mampu menjadi instrumen penting di lini pertahanan Olympique Lyon. Posisinya sangat sulit tergeser dan kerap diberikan kesempatan untuk tampil selama 90 menit di berbagai ajang. Lukeba telah berkontribusi dalam 68 laga dengan mencetak 4 gol untuk tim berjuluk Les Gones tersebut. Potensi menjanjikan ini sukses mencuri perhatian RB Leipzig.

Pemain berkebangsaan Prancis ini tampaknya masih membutuhkan waktu adaptasi bersama RB Leipzig. Sejauh ini, Castello Lukeba baru tampil dalam satu pertandingan sebagai pengganti. Meski begitu, dia memiliki potensi menjanjikan untuk menjadi tembok kokoh pertahanan Die Roten Bullen.

4. El Chadaille Bitshiabu juga diboyong dari PSG

https://www.youtube.com/embed/OqgmEUeHoAE

El Chadaille Bitshiabu adalah bek tengah potensial yang bergabung dengan RB Leipzig dari PSG pada musim panas 2023. Pesepak bola berkebangsaan Prancis ini dibeli dengan harga sebesar 15 juta euro atau Rp247 miliar. Dia rencananya akan bertahan di Red Bull Arena Leipzig hingga 2028.

Meski masih berusia 18 tahun, El Chadaille Bitshiabu beberapa kali diberikan kesempatan untuk tampil sebagai starter PSG. Dirinya sudah bermain dalam 19 pertandingan bersama Les Parisiens. Performa yang menjanjikan tersebut berhasil membuatnya masuk radar transfer dari RB Leipzig.

Keempat pemain baru RB Leipzig tersebut didatangkan dari tim yang berkompetisi di Ligue 1. Mereka semua memiliki usia yang muda sehingga masih bisa berkembang untuk mencapai potensi terbaiknya. Menurutmu, sejauh mana Die Roten Bullen bisa melangkah pada 2023/2024 bersama pemain-pemain baru mereka?

Baca Juga: 6 Pemain Baru Leipzig 2023, Lois Openda Menjadi Nama Terbaru!

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya