3 Pemain Senegal Mentas di Serie A Italia 2023/2024, Penyerang Semua!

Dua di antaranya berganti tim pada musim dingin 2024

Senegal mulai diperhitungkan sebagai salah satu poros kekuatan sepak bola Benua Afrika. Negara berjuluk Les Lions de la Terangan ini mampu tampil solid di berbagai ajang bergengsi internasional belakangan ini. Mereka tercatat pernah membuat pencapaian manis dengan memenangkan Piala Afrika 2022. Salah satu faktor keberhasilan tersebut karena banyak talenta hebat yang tidak ragu-ragu meniti karier di Eropa. Ini tentu berdampak besar terhadap kemajuan tim nasional.

Tak jarang, pesepak bola berkebangsaan Senegal mampu menembus ketatnya persaingan di berbagai liga top Eropa. Salah satu kompetisi elite yang menjadi tujuan adalah Serie A Italia. Pada 2023/2024, ada tiga pemain Les Lions de la Terangan yang mentas di kasta tertinggi sepak bola Italia. Uniknya, mereka semua memiliki peran sebagai penyerang. Siapa saja mereka?

1. M'Baye Niang diboyong Empoli pada musim dingin 2024

3 Pemain Senegal Mentas di Serie A Italia 2023/2024, Penyerang Semua!M'Baye Niang (instagram.com/mbaye_niang11)

M'Baye Niang adalah penyerang tengah yang diboyong Empoli dari Adana Demirspor pada musim dingin 2024. Pesepak bola berkebangsaan Senegal ini menandatangani kontrak hingga Juni 2024. Dirinya sendiri sudak tidak asing dengan atmosfer Liga Italia karena sebelumnya ia pernah merumput bersama AC Milan, Genoa, dan Torino. Ini membuatnya lebih cepat beradaptasi dengan permainan Gli Azzurri.

Meski tidak selalu dipasang sebagai starter, M'Baye Niang mampu meningkatkan kedalaman kekuatan, terutama di sektor lini depan Empoli 2023/2024. Pemain kelahiran Meulan, Senegal, ini beberapa kali mampu menjadi faktor pembeda dalam sebuah laga. Hingga pekan ke-32 musim ini, talenta berusia 29 tahun tersebut telah berkontribusi dalam 9 kali pertandingan dengan catatan 4 gol dan 1 assist di Serie A Italia.

Baca Juga: Bologna FC, Kejutan yang Tak Diduga-duga di Serie A 2023/2024

2. Boulaye Dia mendapat kontrak permanen dari Salernitana pada musim panas 2023

3 Pemain Senegal Mentas di Serie A Italia 2023/2024, Penyerang Semua!Boulaye Dia (instagram.com/boulaye_dia)

Boulaye Dia merupakan penyerang tengah yang pertama kali bergabung dengan Salernitana dengan status pinjaman dari Villarreal pada musim panas 2022. Talenta berusia berusia 27 tahun ini langsung memegang peran penting di lini depan. Dirinya sukses bertransformasi menjadi mesin pencetak gol untuk I Granata.

Berkat etos kerja yang mengesankan, Boulaye Dia diboyong permanen oleh Salernitana dari Villarreal pada musim panas 2023. Penyerang berkebangsaan Senegal ini menandatangani kontrak sampai hingga 2026 demi merumput di Arechi Stadium. Dirinya diharapkan bisa meneruskan tren positif agar membuat I Granata lebih diperhitungkan di berbagai ajang.

Pada 2023/2024, Boulaye Dia ternyata tidak tampil reguler bersama Salernitana. Hal itu disebabkan ole cedera sehingga kontribusinya tidak berjalan lancar untuk I Granata. Sampai pekan ke-32 musim ini, pesepak bola kelahiran Oyonnax, Senegal, tersebut baru diturunkan sebanyak 18 kali dengan mencetak 4 gol di semua kompetisi. Sejauh berseragam Salernitana, penyerang bertinggi 180 cm ini sudah mengoleksi 20 gol dan 6 assist dari total 51 pertandingan.

3. Demba Seck sering memulai laga sebagai pengganti bersama Frosinone 2023/2024

3 Pemain Senegal Mentas di Serie A Italia 2023/2024, Penyerang Semua!Demba Seck (instagram.com/demba__seck10)

Demba Seck kesulitan menembus ketatnya persaingan lini depan Torino. Ini membuatnya sering duduk di bangku cadangan. Minim kesempatan, Il Toro membuat keputusan untuk meminjamkan penyerang mudanya tersebut kepada Frosinone pada musim dingin 2024. Dia rencananya akan bertahan di Benito Stripe Stadium hingga Juni 2024.

Pesepak bola berusia 23 tahun ini lebih sering memulai laga sebagai pengganti bersama Frosinone 2023/2024. Hal tersebut berdampak terhadap minimnya menit bermain yang ia catatkan. Meski begitu, kedatangannya menambah opsi di posisi penyerang sayap dan penyerang bayangan. Sampai pekan ke-31 musim ini, Demba Seck baru dimainkan sebanyak sembilan kali di Serie A Italia.

Ketiga pemain Senegal di atas mentas di Serie A Italia 2023/2024. Musim ini, M'Baye Niang dan Boulaye Dia telah berhasil membuat gol untuk masing-masing tim. Sementara, Demba Seck masih minim kesempatan sehingga belum menunjukkan performa optimal bersama Frosinone. Menurutmu, siapakah yang nantinya bisa tampil mengesankan dan awet berkarier di kasta tertinggi sepak bola Italia?

Baca Juga: 7 Pesepak Bola Jerman yang Berkarier di Serie A 2023/2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya