3 Pemain yang Didapatkan AZ Alkmaar pada Musim Dingin 2024

Semua masih memiliki usia muda

AZ Alkmaar membuat keputusan yang mengejutkan dengan mendepak Pascal Jansen dari jabatan pelatih pada Januari 2024. Posisi tersebut lantas digantikan Maarten Martens yang sebelumnya menjalankan peran sebagai asisten pelatih De Kaasboren. Juru taktik baru berkebangsaan Belgia ini rencananya akan menemani mereka hingga akhir 2023/2024.

Selain mengganti pelatih, AZ Alkmaar juga aktif melakukan perombakan skuad pada musim dingin 2024. Tim asal Belanda ini tanpa ragu melepas sebanyak empat penggawa lama. Kepergian tersebut tentu memengaruhi kedalaman kekuatan di beberapa sektor.

Tak berdiam diri, De Kaasboren kemudian membuat pergerakan dengan mendatangkan sekitar tiga pemain baru ke AFAS Stadium. Siapa saja rekrutan yang dimaksud? Mari lihat daftar pemain yang didapatkan AZ Alkmaar pada musim dingin 2024 ini, ya!

1. Kristijan Belic menambah kedalaman kekuatan sektor gelandang bertahan AZ Alkmaar

3 Pemain yang Didapatkan AZ Alkmaar pada Musim Dingin 2024Kristijan Belic (instagram.com/kristijanbelic)

Kristijan Belic adalah gelandang bertahan yang pernah membela Partizan Belgrade setelah didatangkan secara cuma-cuma dari FK Cukaricki pada musim panas 2022. Meski masih berusia 22 tahun, dirinya bisa bertransformasi menjadi salah satu sosok penting di area tengah Parni Valjak. Ini membuatnya kerap diturunkan sebagai starter dan mendapat menit bermain yang cukup banyak. Talenta kelahiran Sint-Truiden ini total mencatatkan penampilan sebanyak 55 kali dengan menyumbang 3 gol dan 7 assist di semua ajang.

Potensi mengesankan tersebut berhasil masuk radar AZ Alkmaar sehingga diboyong pada musim dingin 2024. Kritijan Belic lantas disodori kontrak berdurasi sampai 2028. Kehadirannya juga menambah kedalaman kekuatan sektor gelandang bertahan yang sebelumnya hanya diisi Jordy Clasie. Hingga pekan ke-21 pada 2023/2024, pesepak bola berkebangsaan Serbia ini sudah menunjukkan kontribusi dalam empat pertandingan di berbagai ajang.

Baca Juga: Performa 5 Pemain Jebolan Akademi di Tim Senior AZ Alkmaar 2023/2024

2. Lequincio Zeefuik mendapat kontrak jangka panjang sampai 2029 bersama AZ Alkmaar

3 Pemain yang Didapatkan AZ Alkmaar pada Musim Dingin 2024Lequincio Zeefuik (twitter.com/AZAlkmaar)

Lequincio Zeefuik merupakan jebolan akademi sepak bola milik FC Volendam. Dirinya sudah merasakan tampil di berbagai kelompok umur dan berhasil mendapat kesempatan untuk promosi ke skuad senior pada 2021. Talenta 19 tahun ini ternyata tak selalu menjadi pilihan utama sehingga mendapat menit bermain yang minim. Meski begitu, dia bisa menjalankan tugas sebagai penyerang tengah dan gelandang serang sesuai kebutuhan taktik tim. Zeefuik total berkontribusi dalam 48 pertandingan dengan menorehkan 7 gol dan 1 assist bersama Het Andere Oranje.

Lequincio Zeefuik lantas memilih hengkang dari FC Volendam setelah menerima pinangan dari AZ Alkmaar pada tenggat transfer musim dingin 2024. Dirinya dianggap sebagai aset penting untuk masa depan sehingga mendapat kontrak jangka panjang sampai 2029. Pesepak bola 19 tahun tersebut berpeluang menambah daya dobrak lini depan De Kaasboren. Hingga pekan ke-21 2024/2024, dia sudah diberikan kesempatan bermain dalam tiga pertandingan di semua kompetisi.

3. Goncalo Esteves dipinjam AZ Alkmaar dari Sporting CP

3 Pemain yang Didapatkan AZ Alkmaar pada Musim Dingin 2024Goncalo Esteves (kiri) (instagtram.com/goncaloesteves_2)

Goncalo Esteves adalah bek kanan yang didapatkan secara gratis oleh Sporting CP dari FC Porto pada musim panas 2021. Kariernya ternyata berjalan kurang mulus. Dia kesulitan menembus skuad utama sehingga kerap jadi penghangat bangku cadangan. Pesepak bola kelahiran Arcos de Valdevez ini bahkan sempat dipinjamkan kepada Estoril Praia demi mendapat jam terbang.

Selepas menyelesaikan masa peminjaman, Goncalo Esteves masih kesulitan menjadi bagian penting dalam skema permainan Sporting CP. Dirinya bahkan harus tergeser sehingga lebih sering memperkuat Sporting CP B. Sejauh ini, Esteves sendiri baru menunjukkan kontribusi dalam sepuluh pertandingan di semua ajang. Dia menyisakan kontrak sampai 2024 bersama tim asal Portugal tersebut.

Tak masuk rencana, Sporting CP meminjamkan kembali Goncalo Esteves. Kali ini untuk membela AZ Alkmaar pada musim dingin 2024. Dia rencananya akan berseragam De Kaasboren hingga Juni 2024 dengan opsi pembelian. Kehadirannya berpotensi memperkuat benteng pertahanan dan membantu serangan melalui sisi sayap. Namun, sejauh ini, talenta 19 tahun tersebut masih kesulitan tampil reguler sehingga kerap diturunkan bersama tim U-21. Sampai pekan ke-21 2023/2024, Esteves sendiri baru berkontribusi dalam satu pertandingan di ajang KNVB Beker.

Ketiga pemain baru tersebut didapatkan AZ Alkmaar pada musim dingin 2024. Mereka semua sudah diberikan kesempatan untuk berkontribusi terhadap performa De Kaasboren. Tim asal Belanda ini nampaknya memiliki rencana jangka panjang karena lebih berfokus untuk merekrut talenta muda potensial.

Baca Juga: Rapor 6 Rekrutan Baru AZ Alkmaar pada Awal 2023/2024, Penuh Bakat Muda

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya