8 Penggawa Flamengo yang Pernah Merasakan Atmosfer Liga Top Eropa

Beberapa ada yang sukses bersama tim Eropa

Flamengo adalah salah satu klub sukses asal Brasil. Mereka pernah menjadi juara kompetisi domestik dan Amerika Selatan. Prestasi Flamengo mampu menarik minat pemain top untuk bergabung.

Menjelang pembukaan musim 2023, tim berjuluk Urubu ini banyak diperkuat pemain bintang yang pernah merasakan ketatnya atmosfer liga top Eropa. Siapa saja para penggawa Flamengo tersebut? Mari simak!

1. David Luiz 

8 Penggawa Flamengo yang Pernah Merasakan Atmosfer Liga Top EropaDavid Luiz (twitter.com/Flamengo)

David Luiz merupakan bek tengah veteran yang sudah memperkuat tim besar, seperti Benfica, Chelsea, Paris Saint-Germain, dan Arsenal. Pemain kelahiran Diadema ini sudah pernah merasakan berbagai gelar domestik dan Eropa.

Pemain 35 tahun ini memilih pulang ke Brasil pada transfer musim panas 2021 setelah hengkang dari Arsenal. Luiz merapat ke Flamengo dan mendapatkan kontrak hingga 2023.

Meski sudah tidak muda lagi, David Luiz masih sering diberikan kesempatan bermain sejak menit pertama. Sejauh ini, ia sudah mempersembahkan gelar Libertadores dan Copa do Brasil bagi Flamengo.

2. Filipe Luis

8 Penggawa Flamengo yang Pernah Merasakan Atmosfer Liga Top EropaFilipe Luis (twitter.com/Flamengo)

Filipe Luis adalah bek kiri yang pernah berkarier bersama tim raksasa, seperti Atletico Madrid dan Chelsea. Dirinya juga ikut mempersembahkan berbagai gelar domestik dan Eropa untuk klub yang dibelanya.

Pesepak bola kelahiran Jaragua do Sul ini memutuskan berkarier lagi di Brasil pada transfer musim panas 2019. Filipe Luis bergabung dengan Flamengo setelah didatangkan dari Atletico Madrid secara gratis.

Filipe Luis dihadirkan untuk memperkuat lini belakang Flamengo. Ia sukses mengemban peran tersebut dan sudah menghadirkan berbagai gelar. Namun, beberapa musim terakhir, Luis lebih sering duduk di bangku cadangan.

3. Arturo Vidal 

8 Penggawa Flamengo yang Pernah Merasakan Atmosfer Liga Top EropaArturo Vidal (twitter.com/kingarturo23)

Arturo Vidal merupakan gelandang tengah yang malang melintang di kompetisi sepak bola Eropa. Pemain asal Chile ini pernah berseragam Juventus, Bayern Munich, Barcelona, dan Inter Milan. Dirinya juga sudah mencicipi berbagai gelar juara saat berkarier di Benua Biru.

Pesepak bola kelahiran San Joaquin ini lantas memilih melanjutkan karier di Brasil pada transfer musim panas 2022. Arturo Vidal bergabung dengan Flamengo secara gratis setelah didatangkan dari Inter Milan. Ia mendapatkan kontrak hingga 2023.

Vidal hadir untuk memperdalam kekuatan lini tengah Flamengo. Hal ini terbukti efektif karena berhasil menghadirkan gelar Copa Libertadores dan Copa do Brasil bagi Urubu.

4. Gabriel Barbosa

8 Penggawa Flamengo yang Pernah Merasakan Atmosfer Liga Top EropaGabriel Barbosa (twitter.com/Flamengo)

Gabriel Barbosa sempat menjadi bakat menjanjikan saat didatangkan Inter Milan dari Santos pada 2016. Namun, penyerang asal Brasil ini gagal memberikan kontribusi sehingga sering dipinjamkan ke berbagai tim.

Penyerang berjuluk Gabigol ini memilih hengkang dari Inter Milan secara permanen pada 2020. Dirinya bergabung dengan Flamengo dan mendapat kontrak hingga 2024. 

Gabriel Barbosa kembali menemukan permainan terbaiknya bersama Flamengo. Ia sukses menjadi ujung tombak andalan dan menghadirkan berbagai gelar untuk Urubu.

Baca Juga: 5 Pemain Flamengo Musim 2022 yang Pernah Membela Klub Besar Eropa

5. Gerson

8 Penggawa Flamengo yang Pernah Merasakan Atmosfer Liga Top EropaGerson (twitter.com/Flamengo)

Gerson merupakan gelandang tengah yang pernah bermain untuk AS Roma, Fiorentina, dan Olympique de Marseille. Pemain kelahiran Belford Roxo ini memilih pulang ke Brasil pada bursa transfer musim dingin 2023. 

Pemain 25 tahun ini menerima tawaran dari Flamengo dan mendapat kontrak jangka panjang hingga 2027. Gerson tentu tidak memerlukan adaptasi terlalu lama karena pernah bermain untuk Urubu sebelumnya. Ia dihadirkan untuk memperkuat sektor lini tengah tim.

6. Everton

8 Penggawa Flamengo yang Pernah Merasakan Atmosfer Liga Top EropaEverton (twitter.com/Flamengo)

Everton adalah penyerang sayap yang pernah bermain untuk Benfica. Dirinya saat itu didatangkan dari Gremio pada 2020. Pemain asal Brasil ini sukses menembus skuad utama As Guias di berbagai kompetisi.

Everton memilih hengkang dari Benfica dan pulang ke Brasil pada transfer musim panas 2020. Dirinya setuju bermain untuk Flamengo dengan kontrak hingga 2026. Penyerang ini sukses menjadi tumpuan di lini depan dan sudah berkontribusi menghadirkan beberapa gelar untuk Urubu.

7. Erick Pulgar

8 Penggawa Flamengo yang Pernah Merasakan Atmosfer Liga Top EropaErick Pulgar (twitter.com/Flamengo)

Erick Pulgar merupakan gelandang bertahan yang pernah berkarier di Eropa. Ia sempat merasakan ketatnya Serie A dengan membela Bologna dan Fiorentina. Pemain asal Chile ini juga pernah dipinjamkan ke Galatasaray SK.

Gelandang asal Chile ini lantas memilih pindah dari Fiorentina pada transfer musim panas 2022. Erick Pulgar bergabung dengan Flamengo dan mendapat kontrak hingga 2025. Namun, ia jarang mendapat kesempatan bermain bersama Urubu di berbagai kompetisi.

8. Thiago Maia

8 Penggawa Flamengo yang Pernah Merasakan Atmosfer Liga Top EropaThiago Maia (twitter.com/tmaia29)

Thiago Maia adalah gelandang bertahan yang pernah merasakan atmosfer Ligue 1 bersama LOSC Lille. Namun, karier pemain asal Brasil ini tidak berjalan mulus karena harus pinjamkan ke Flamengo pada 2020.

Pesepak bola kelahiran Boa Vista ini akhirnya benar-benar dipermanenkan oleh Flamengo pada 2022. Thiago Maia sukses bertransformasi dengan menjadi salah satu faktor penting di lini tengah tim. Sejauh ini, dirinya sudah ikut berkontribusi mendatangkan banyak gelar bagi Urubu di berbagai kompetisi.

Kedelapan penggawa milik Flamengo di atas sudah pernah merasakan ketatnya liga top Eropa. Sebagian dari mereka mempunyai karier yang luar biasa di Benua Biru. Saat ini, tugas para pemain tersebut menghadirkan prestasi untuk skuad Urubu di semua kompetisi, termasuk di Brasil.

Baca Juga: Pemain Inter Milan Gabriel Barbosa, Resmi Dibeli oleh Flamengo

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya