4 Penyerang Denmark di Premier League 2023/2024, Ada Hojlund

Ada yang berstatus pinjaman dari tim lain

Denmark menjadi kekuatan yang sangat diperhitungkan dalam dunia sepak bola. Salah satu negara Skandinavia ini juga kerap berpartisipasi di berbagai ajang bergengsi. Danish Dynamite bahkan pernah mengukir sejarah dengan memenangkan UEFA Euro 1992.

Pencapaian mengesankan tersebut didapatkan melalui proses yang panjang. Denmark memulai dengan mengelola liga dengan baik sehingga tidak pernah kehabisan bibit-bibit menjanjikan pada tiap generasinya. Bukan hal yang mengejutkan jika pemain Danish Dynamite berhasil mencuri perhatian dan masuk radar transfer berbagai tim di Eropa.

Kinerja yang mengesankan membuat banyak pemain Denmark akhirnya bisa tersebar di berbagai liga top Eropa. English Premier League menjadi salah satu tujuan favorit untuk mengembangkan karier. Pada 2023/2024, ada sekitar empat penyerang Denmark di Premier League 2023/2024.

1. Rasmus Hojlund sempat kesulitan beradaptasi pada awal kedatangannya di Manchester United

4 Penyerang Denmark di Premier League 2023/2024, Ada HojlundRasmus Hojlund (instagram.com/rasmus.hoejlund)

Rasmus Hojlund adalah penyerang tengah yang memilih hengkang dari Atalanta setelah menerima pinangan Manchester United pada musim panas 2023. Pesepak bola berkebangsaan Denmark ini setuju menandatangani kontrak jangka panjang berdurasi sampai 2028 dengan opsi perpanjangan 1 tahun demi bertahan di Old Trafford. Kedatangannya diplot untuk meningkatkan daya dobrak dan produktivitas lini depan The Red Devils.

Tak langsung mulus, Rasmus Hojlund sempat kesulitan beradaptasi pada awal kedatangan di Manchester United. Meski begitu, pesepak bola berusia 21 tahun tersebut tetap sering mendapat kesempatan tampil sebagai starter The Red Devils 2023/2024. Benar saja, dirinya mulai menunjukkan perkembangan dan menjelma sebagai salah satu instrumen penting di lini depan. Sampai pekan ke-28, Hojlund sendiri telah berkontribusi dalam 30 pertandingan dengan menorehkan 13 gol dan 2 assist di semua kompetisi.

2. William Osula tak selalu tampil reguler karena ketatnya persaingan lini depan Sheffield United

4 Penyerang Denmark di Premier League 2023/2024, Ada HojlundWilliam Osula (instagram.com/williamosula)

William Osula merupakan penyerang tengah jebolan akademi Sheffield United. Pesepak bola berkebangsaan Denmark ini telah dipercaya tampil di berbagai kategori umur. Dirinya berhasil mendapat promosi ke skuad senior The Blades pada musim panas 2022. Namun, tak lama setelah itu, dia malah dipinjamkan kepada Derby County. Ini bertujuan agar dia mendapat jam terbang.

Pemain berusia 20 tahun ini ternyata lebih sering memulai laga dari bangku cadangan saat memperkuat Derby County. Bertahan singkat, William Osula dipanggil kembali untuk membela Sheffield United pada musim dingin 2023. Namun, dirinya lagi-lagi masih kesulitan menembus skuad utama tim yang bermarkas di Bramall Lane tersebut. Meski begitu, dia menjadi salah satu pilar yang ikut mengantar The Blades promosi ke Premier League 2023/2024.

Pada 2023/2024, William Osula tak selalu diturunkan secara reguler bersama Sheffield United. Hal tersebut karena ketatnya persaingan di lini depan The Blades. Sampai pekan ke-28, pemain berkebangsaan Denmark ini tampil dalam 21 pertandingan dengan mengukir 3 gol di semua ajang. Osula sendiri mencatatkan total kontribusi sebanyak 28 dengan menyumbang 3 gol di berbagai kompetisi.

Baca Juga: 4 Klub Premier League Pertama yang Dibobol Rasmus Hojlund

3. Jacob Bruun Larsen sering diturunkan sebagai pengganti bersama Burnley 2023/2024

4 Penyerang Denmark di Premier League 2023/2024, Ada HojlundJacob Bruun Larsen (instagram.com/jacobbruunlarsen)

Burnley mendapat jatah promosi Premier League setelah berhasil menjadi juara Championship 2023. The Clarets lantas aktif membenahi skuad agar bisa bersaing di kasta tertinggi sepak bola Inggris. Mereka banyak merekrut pemain baru dan salah satunya adalah Jacob Brunn Larsen yang dipinjam dari TSG Hoffenheim pada musim panas 2023.

Dia rencananya merumput di Turf Moor sampai Juni 2024. Penyerang sayap kelahiran Lyngby ini juga sudah tidak asing dengan sosok Vincent Kompany karena pernah bekerja sama di RSC Anderlecht. Ini berpotensi mempercepat adaptasinya bersama The Clarets.

Pemain berusia 25 tahun ini ternyata kesulitan menembus skuad utama Burnley 2023/2024. Jacob Bruun sering diturunkan Vincent Kompany sebagai pengganti sehingga memperoleh menit bermain yang sedikit. Selain penyerang sayap, talenta berkebangsaan Denmark tersebut pernah diplot menjadi penyerang tengah dan gelandang serang sesuai kebutuhan The Clarets. Hingga pekan ke-28, Bruun berkontribusi dalam 26 pertandingan dengan mengukir 3 gol di semua kompetisi.

4. Mikkel Damsgaard sempat menderita cedera lutut pada 2023/2024

4 Penyerang Denmark di Premier League 2023/2024, Ada HojlundMikkel Damsgaard (instagram.com/brentfordfc)

Mikkel Damsgaard adalah penyerang sayap yang bergabung dengan Brentford setelah didatangkan dari Sampdoria pada musim panas 2022. Pesepak bola kelahiran Jyllinge ini dianggap mempunyai masa depan menjanjikan sehingga dipagari kontrak jangka panjang sampai 2027. Perjalannya tak gampang, dia ternyata lebih sering berperan sebagai pengganti sehingga mendapat menit bermain yang tidak terlalu banyak bersama The Bees.

Pada 2023/2024, Mikkel Damsgaard sempat absen setelah melakukan operasi lutut. Selepas pulih, pesepak bola berusia 23 tahun ini masih kesulitan menembus skuad utama Brentford. Meski begitu, dirinya dikenal sebagai sosok versatile sehingga bisa diturunkan di beberapa posisi seperti penyerang sayap, gelandang serang, dan gelandang tengah. Hal tersebut tentu mempermudah pelatih The Bees untuk melakukan rotasi skuad. Hingga pekan ke-28, dia baru bermain dalam 16 pertandingan di berbagai kompetisi. Sejauh ini, Damsgaard mencatatkan total sebanyak 45 laga dengan menorehkan 2 assist. 

Keempat pemain di atas adalah penyerang Denmark di Premier League 2023/2024. Sejauh ini, baru Rasmus Hojlund yang sukses menjelma sebagai pilar penting sehingga kerap masuk skuad utama Manchester United. Sementara, yang lain masih berjuang untuk mendapat menit bermain bersama tim masing-masing di EPL. Meski begitu, mereka semua berusia muda sehingga masih berpeluang mencapai potensi terbaiknya.

Baca Juga: Moncernya Rasmus Hojlund Jadi Asa Kebangkitan Manchester United

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya