8 Penyerang Nigeria Mentas di Serie A Italia 2023/2024, Ada Osimhen!

Ada yang bergabung pada musim dingin 2024

Bukan rahasia lagi, Afrika merupakan salah satu penghasil talenta hebat dalam dunia sepak bola. Salah satu negara yang telah menjelma raksasa adalah Nigeria. Berkat kinerja yang mengagumkan, Super Eagles sering berpartisipasi dalam kejuaraan internasional. Tak sia-sia, mereka membuat pencapaian hebat dengan memenangkan sebanyak tiga kali Piala Afrika.

Selain itu, Nigeria dikenal sebagai penghasil pesepak bola legendaris, seperti Nwankwo Kanu, Jay-Jay Okocha, John Obimikel, Yakubu Aiyegbeni, dan Obafemi Martins. Rekam jejak meyakinkan tersebut membuat banyak tim Eropa tidak ragu-ragu mengarahkan radar transfernya kepada talenta Super Eagles. Salah satu posisi yang menjadi rebutan adalah penyerang.

Benar saja, banyak penyerang Nigeria akhirnya mendapat kesempatan untuk merasakan atmosfer persaingan di Eropa. Salah satu kompetisi yang sering menjadi tujuan adalah Serie A Italia. Ada sekitar delapan penyerang Super Eagles yang mentas di kasta tertinggi Liga Italia tersebut pada 2023/2024.

1. Victor Osimhen masih menjadi andalan Napoli dalam membongkar pertahanan lawan pada 2023/2024

8 Penyerang Nigeria Mentas di Serie A Italia 2023/2024, Ada Osimhen!Victor Osimhen (sscnapoli.it)

Victor Osimhen adalah penyerang tengah yang dibeli Napoli dari LOSC Lille pada musim panas 2020. Benar saja, kedatangannya mampu menambah daya gedor lini serang tim asal Naples tersebut. Dirinya sukses bertransformasi menjadi mesin pencetak gol yang sangat diperhitungkan. Dia bahkan membawa Il Partenopei memenangkan Serie A Italia 2022/2023. Pencapaian hebat ini juga membuatnya mendapat perpanjangan kontrak hingga 2026.

Victor Osimhen masih menjadi andalan Napoli untuk membongkar pertahanan lawan pada 2023/2024. Namun, performanya sempat terganggu karena mengalami cedera otot paha. Selepas pulih, pesepak bola berkebangsaan Nigeria ini kembali menempati posisi penyerang utama Il Partenopei. Hingga pekan ke-35 musim ini, pemain yang kini berusia 25 tahun tersebut telah berkontribusi sebanyak 30 kali dengan menyumbang  17 gol dan 4 assist di semua kompetisi. Osimhen sendiri total mencatatkan total penampilan dalam 131 pertandingan dengan mencetak 76 gol dan 18 assist.

2. Samuel Chukwueze kalah bersaing dengan Christian Pulisic di sisi kanan penyerangan AC Milan 2023/2024

8 Penyerang Nigeria Mentas di Serie A Italia 2023/2024, Ada Osimhen!Samuel Chukwueze (acmilan.com)

Samuel Chukwueze bisa menampilkan performa menjanjikan saat masih berseragam Villarreal. Berkat hal ini, AC Milan kepincut sehingga mendatangkan penyerang sayap kebangsaan Nigeria tersebut pada musim panas 2023. Dirinya setuju menandatangani kontrak jangka panjang hingga 2028 untuk mentas di San Siro Stadium. Kedatangannya diproyeksikan menambah daya kreativitas dan ketajaman lini depan Rossoneri.

Samuel Chukwueze ternyata tidak selalu mendapat kesempatan tampil sebagai starter AC Milan 2023/2024. Sejauh ini, dirinya kalah bersaing dengan Christian Pulisic untuk mengisi posisi sayap kanan utama Rossoneri. Ini membuatnya tidak terlalu mendapat banyak menit bermain. Hingga pekan ke-35 musim ini, talenta yang kini berusia 24 tahun tersebut telah diturunkan sebanyak 32 kali dengan menorehkan 3 gol dan 3 assist di berbagai ajang.

3. David Okereke kesulitan tampil reguler bersama Torino 2023/2024

8 Penyerang Nigeria Mentas di Serie A Italia 2023/2024, Ada Osimhen!David Okereke (instagram.com/okereke14)

David Okereke kesulitan menjadi pilihan utama saat membela Cremonese. Dirinya bahkan lebih sering memulai laga dari bangku cadangan sehingga minim menit bermain. Penyerang berkebangsaan Nigeria ini lantas dipinjamkan kepada Torino pada tenggat transfer musim dingin 2024. Dia rencananya berseragam Il Toro hingga Juni 2024 dengan opsi pembelian.

Tak jauh berbeda, David Okereke ternyata kesulitan mendapat kesempatan reguler bersama Torino 2023/2024. Dirinya bahkan cukup sering duduk di bangku cadangan. Hal tersebut terjadi karena ketatnya persaingan di lini depan Il Toro. Selain penyerang tengah, dia beberapa kali digeser untuk menjalankan peran menjadi penyerang sayap dan penyerang bayangan tergantung skema taktik. Sampai pekan ke-35 musim ini, pemain kelahiran Lagos ini berkontribusi sebanyak delapan kali di Serie A Italia.

4. David Ankeye masih minim kontribusi terhadap permainan Genoa 2023/2024

8 Penyerang Nigeria Mentas di Serie A Italia 2023/2024, Ada Osimhen!David Ankeye (instagram.com/davidankeye30)

David Ankeye adalah penyerang muda potensial yang didapatkan Genoa dari FC Sheriff Tiraspol pada musim dingin 2024. Pesepak bola yang kini berusia 21 tahun tersebut telah menandatangani kontrak hingga 2028. Kehadirannya tentu berpotensi menambah kedalaman kekuatan, terutama di area serangan Il Grifone.

Tak berjalan mulus, David Ankeye sempat mengalami cedera pada awal kedatangannya membela Genoa 2023/2024. Ini membuatnya absen dalam beberapa pertandingan. Setelah sembuh, pemain berkebangsaan Nigeria ini selalu diturunkan sebagai pengganti sehingga masih minim kontribusi. Hingga pekan ke-35 musim ini, talenta muda kelahiran Abuja tersebut baru tampil sebanyak empat kali di Serie A Italia.

Baca Juga: 5 Pemain Non-Eropa di Skuad Atalanta 2023/2024, Lookman Tajam!

5. Ademola Lookmaan bisa menempati berbagai posisi di area penyerangan Atalanta 2023/2024

8 Penyerang Nigeria Mentas di Serie A Italia 2023/2024, Ada Osimhen!Ademola Lookman (instagram.com/molalookman)

Ademola Lookman merupakan penyerang bayangan yang membela Atalanta setelah diboyong dari RB Leipzig pada musim panas 2022. Pemain kelahiran London ini disodori kontrak hingga 2026. Benar saja, dirinya sukses menambah daya dobrak lini depan La Dea. Pesepak bola asal Nigeria tersebut sering dipasang oleh Gian Piero Gasperini sebagai starter di semua kompetisi.

Pada 2023/2024, Ademola Lookman masih berperan sebagai salah satu kunci kekuatan lini depan Atalanta. Selain penyerang bayangan, pesepak bola yang kini berusia 26 tahun ini bisa ditugaskan menjadi penyerang sayap, penyerang tengah, dan gelandang serang. Hal tersebut tentu menambah pilihan pelatih dalam melakukan rotasi skuad.

Sampai pekan ke-35 musim ini, dia telah bermain sebanyak 39 kali dengan mencetak 11 gol dan 7 assist di berbagai ajang. Sejauh ini, Lookman berkontribusi total dalam 71 laga dengan mengukir 26 gol dan 15 assist untuk La Dea.

6. Simeon Nwankwo minim menit bermain bersama Salernitana 2023/2024

8 Penyerang Nigeria Mentas di Serie A Italia 2023/2024, Ada Osimhen!Simeon Nwankwo (instagram.com/simy_official_99)

Simeon Nwankwo adalah penyerang tengah yang pertama kali bergabung dengan Salernitana dengan status pinjaman dari Crotone. Pesepak bola asal Nigeria ini ternyata tak selalu diturunkan sebagai starter. Dirinya bahkan cukup sering menjalankan peran pengganti. Meski begitu, performanya dianggap bisa menambah kedalaman lini serang sehingga dipermanenkan pada musim dingin 2022. Pemain yang akrab dipanggil Simy ini dipagari kontrak hingga 2025.

Talenta yang kini berusia 32 tahun ini sempat dipinjamkan ke beberapa tim seperti Parma Calcio dan Benevento Calcio. Hal tersebut terjadi karena ia kesulitan menembus skuad utama I Granata. Setelah bertualang dengan status pinjaman, Simeon Nwankwo lantas kembali memperkuat Salernitana pada musim panas 2023.

Pemain kelahiran Lagos ini sulit tampil secara reguler karena ketatnya persaingan di area depan Salernitana 2023/2024. Hal tersebut tentu berdampak terhadap minimnya menit bermain yang diterima. Sampai pekan ke-35 musim ini, penyerang bertinggi 198 cm ini baru diturunkan sebanyak 16 kali dengan mencetak 1 gol dan 1 assist di berbagai ajang. Sejauh ini, Simy membuat total kontribusi dalam 36 pertandingan dengan mencetak 2 gol dan 3 assist untuk I Granata.

7. Isaac Success menjalankan peran sebagai pelapis Lorenzo Lucca di Udinese 2023/2024

https://www.youtube.com/embed/FvIkO79Z6aA

Isaac Success merupakan penyerang tengah yang didapatkan Udinese dari Watford pada musim panas 2021. Perlahan, pemain kelahiran Benin City ini mendapat tempat utama di lini depan tim asal Italia tersebut. Dirinya mulai bisa menambah kedalaman kekuatan dan daya kreativitas Le Zebrette. Performanya dianggap mengesankan sehingga disodori perpanjangan kontrak sampai 2025.

Isaac Success ternyata mulai tergeser dari skuad intin Udinese 2023/2024. Pemain berusia 28 tahun ini harus puas mejalankan peran sebagai pelapis Lorenzo Lucca di lini depan Le Zebrette. Ini membuatnya minim kesempatan dan menunjukkan performa kurang optimal.

Sampai pekan ke-35 musim ini, dia telah diturunkan sebanyak 25 kali dengan mencetak 1 gol dan 1 assist di Serie A Italia. Success sendiri mencatatkan total kontribusi dalam 81 laga dengan menyumbang 6 gol dan 17 assist.

8. Chukwubuikem Ikwuemesi sering memulai laga sebagai pengganti di Salernitana 2023/2024

https://www.youtube.com/embed/8TCHlOPB52g

Chukwubuikem Ikwuemesi adalah penyerang tengah yang merapat ke Salernitana setelah didatangkan dari NK Celje pada musim panas 2023. Talenta yang kini berusia 22 tahun ini dianggap sebagai sosok menjanjikan sehingga diberikan kontrak sampai 2027. Pesepak bola berkebangsaan Nigeria tersebut membawa harapan untuk membantu meningkatkan ketajam lini serang I Granata.

Tak sesuai harapan, Chukwubuikem Ikwuemesi sering memulai pertandingan sebagai pengganti Salernitana 2023/2024. Meski begitu, kedatangannya bisa mengisi posisi menjadi penyerang tengah dan penyerang bayangan tergantung kebutuhan taktik I Granata. Sampai pekan ke-35 musim ini, Ikwuemesi sendiri telah tampil sebanyak 26 kali dengan mencetak 3 gol dan 2 assist.

Kedelapan penyerang Nigeria di atas mentas di Serie A Italia 2023/2024. Meski sebagian besar kesulitan menembus skuad inti musim ini, mereka semua telah menunjukkan kontribusi dan bisa menambah opsi rotasi lini depan bagi masing-masing tim. Menurutmu, siapakah yang nantinya sukses menorehkan tinta emas di kasta tertinggi sepak bola Italia tersebut?

Baca Juga: 6 Pemain Nigeria dengan 100 Penampilan di Serie A, Osimhen Terbaru

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya