3 Pesepak Bola Turki yang Pernah Membela Atletico Madrid, Ada Soyuncu!

Sebagian besar telah gantung sepatu

Caglar Soyuncu sepakat tidak memperpanjang kontrak bersama Leicester City sehingga dilepas gratis pada musim panas 2023. Namanya kemudian kerap dikaitkan dengan beberapa tim di Eropa. Tak sampai menganggur, dirinya segera menemukan pelabuhan baru di Atletico Madrid.

Caglar Soyuncu ternyata bukan pesepak bola asal Turki pertama yang berseragam Atletico Madrid. Ada beberapa pemain Turki yang terlebih dahulu merasakan berkarier dengan Los Colchoneros. Termasuk dirinya, setidaknya ada tiga orang pemain yang membela tim asal Spanyol tersebut. Siapa saja mereka?

1. Caglar Soyuncu

3 Pesepak Bola Turki yang Pernah Membela Atletico Madrid, Ada Soyuncu!Caglar Soyuncu (twitter.com/Atleti)

Caglar Soyuncu merupakan bek tengah yang didatangkan Leicester City dari SC Freiburg pada musim panas 2018. Pemain asal Turki tersebut menjadi rekrutan penting sehingga diikat kontrak selama lima tahun. Kehadirannya berfungsi untuk perkokoh pertahanan The Foxes.

Bek 27 tahun ini jarang mendapat menit bermain pada musim pertamanya berseragam Leicester City. Selepas itu, Caglar Soyuncu berhasil membuktikan kemampuannya sehingga bisa tampil reguler bersama The Foxes. Dirinya bahkan sudah mempersembahkan beberapa gelar reguler. Pemain kelahiran Izmir, Turki, ini telah berkontribusi dalam 132 pertandingan dengan mencetak 4 gol dan 1 assist di berbagai ajang.

Caglar Soyuncu dan Leicester City tidak menemui kata sepakat sehingga pergi secara gratis pada musim panas 2023. Faktor lain yang membuatnya pindah karena The Foxes harus degradasi dari English Premier League 2022/2023. Tak sampai lama menganggur, bek asal Turki tersebut mendapat pelabuhan baru setelah bergabung dengan Atletico Madrid. Dirinya mendapatkan kontrak hingga 2027.

Baca Juga: 7 Pemain Atletico Madrid yang Pernah Tampil di EPL

2. Arda Turan

3 Pesepak Bola Turki yang Pernah Membela Atletico Madrid, Ada Soyuncu!Arda Turan (twitter.com/Atleti)

Arda Turan merupakan mantan pemain yang bisa berposisi gelandang serang dan penyerang sayap. Selepas memutuskan untuk pensiun, dirinya lantas melanjutkan karier sebagai pelatih Eyupspor sejak April 2023. Ketika masih aktif bermain, pesepak bola asal Turki ini pernah memperkuat Atletico Madrid setelah didatangkan dari Galatasaray pada musim panas 2011.

Arda Turan bisa beradaptasi dengan skema permainan Atletico Madrid. Dirinya sukses bertransformasi menjadi salah satu tumpuan Los Colchoneros. Pemain kelahiran Istanbul, Turki, ini memiliki visi permainan yang luar biasa. Dia bahkan sudah mempersembahkan gelar domestik dan Eropa bagi Atletico Madrid sekaligus tampil dalam 178 pertandingan dengan catatan 22 gol dan 32 assist. Portofolio solid tersebut berhasil membuat Barcelona mendatangkannya pada musim panas 2015.

3. Emre Belozoglu

3 Pesepak Bola Turki yang Pernah Membela Atletico Madrid, Ada Soyuncu!Emre Belozoglu (Uefa.com)

Emre Belozoglu merupakan mantan gelandang tengah yang sudah membela beberapa tim raksasa Eropa. Pemain kelahiran Istanbul, Turki, ini ternyata sempat mencicipi berkarier membela Atletico Madrid setelah didatangkan secara gratis dari Fenerbahce pada musim panas 2012. Dirinya setuju menandatangani kontrak selama 2 tahun bersama Los Colchoneros.

Emre Belozoglu jarang mendapat menit bermain dan lebih banyak menghabiskan waktu sebagai pelapis untuk Atletico Madrid. Meski begitu, dirinya ikut mengantarkan Los Colchoneros menjuarai Copa del Rey dan UEFA Super Cup. Gelandang asal Turki tersebut telah tampil dalam 17 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 4 assist di berbagai ajang. Hanya bertahan kurang lebih 6 bulan, dia menerima tawaran untuk kembali memperkuat Fenerbahce pada musim dingin 2013.

Caglar Soyuncu jadi pesepak bola Turki teranyar yang bergabung dengan Atletico Madrid. Bek berusia 27 tahun ini berpotensi menjadi penggawa penting di lini belakang tim sekota Real Madrid tersebut pada musim kompetisi 2023/2024 mendatang.

Baca Juga: 4 Pemain Aktif yang Hengkang Permanen dari Chelsea ke Atletico Madrid

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya