Rapor 5 Penyerang RB Leipzig pada Paruh Musim 2023/2024, Openda Tajam

Sebagian besar bergabung pada musim panas 2023

RB Leipzig bertransformasi menjadi kuda hitam yang diwaspadai di semua kompetisi dalam beberapa musim terakhir. Selain mampu menunjukkan performa mengesankan, mereka rutin mengorbitkan talenta-talenta hebat yang bisa menjadi pilar kekuatan dalam tim. Die Rotten Bullen juga sudah memetik hasil ini karena memenangi berbagai gelar domestik.

RB Leipzig masih menjadi kekuatan yang diperhitungkan pada paruh musim 2023/2024. Die Roten Bullen untuk sementara bisa bercokol di peringkat keempat Bundesliga Jerman. Selain itu, mereka juga berhasil lolos ke babak 16 besar setelah menduduki peringkat kedua di Grup G Liga Champions Eropa.

Marco Rose sebagai pelatih mampu meracik kekuatan RB Leipzig sehingga terlihat hampir merata di tiap lini. Salah satu posisi yang mempunyai banyak opsi adalah area depan. Die Roten Bullen tercatat diperkuat lima penyerang dewasa ini. Begini rapor penyerang RB Leipzig pada paruh musim 2023/2024.

1. Lois Openda langsung jadi mesin pencetak gol RB Leipzig pada 2023/2024

Rapor 5 Penyerang RB Leipzig pada Paruh Musim 2023/2024, Openda TajamLois Openda (twitter.com/RBLeipzig)

Lois Openda adalah penyerang tengah yang didapatkan RB Leipzig dari RC Lens pada musim panas 2023. Pesepak bola kelahiran Liege tersebut dianggap sebagai penggawa dengan masa depan menjanjikan sehingga disodori kontrak berdurasi sampai 2028. Kedatangannya juga diplot untuk menggantikan peran Christopher Nkunku yang memilih melanjutkan karier bersama Chelsea.

Benar saja, Lois Openda langsung menjadi salah satu sosok kunci RB Leipzig pada 2023/2024. Tak menyia-nyiakan kesempatan, pemain kebangsaan Belgia ini menjelma menjadi mesin pencetak gol Die Roten Bullen. Hal tersebut membuatnya sering diturunkan jadi starter dan mendapat menit bermain yang banyak. Hingga pekan ke-16, Openda sendiri telah berkontribusi dalam 25 pertandingan dengan mencetak 15 gol dan 4 assist di semua kompetisi.

2. Xavi Simons bisa mendapat menit bermain yang banyak meski berstatus pemain pinjaman

Rapor 5 Penyerang RB Leipzig pada Paruh Musim 2023/2024, Openda TajamXavi Simons (instagram.com/xavisimons)

Xavi Simons mampu mempertontonkan performa impresif saat masih membela PSV Eindhoven. Hal ini membuat Paris Saint-Germain mengaktifkan klausul pembelian kembali pada musim panas 2023. Pemain berkebangsaan Belanda tersebut setuju menandatangani kontrak berdurasi sampai 2027 bersama Les Parisiens.

Tak langsung bergabung dengan skuad utama PSG, Simons langsung terbang ke Jerman untuk menjalani masa peminjaman bersama RB Leipzig. Dia rencananya akan bermain di Red Bull Arena sampai 2024. Kehadirannya diproyeksikan untuk meningkatkan kreativitas dan opsi serangan Die Roten Bullen.

Meski berstatus pemain pinjaman, Xavi Simons bisa menunjukkan performa yang mengesankan. Sejauh ini, dirinya sering dipasang Marco Rose sejak menit pertama di berbagai ajang. Pesepak bola kelahiran Amsterdam tersebut diplot sebagai penyerang sayap dan gelandang serang sesuai kebutuhan taktik tim. Sampai pekan ke-16, dia sudah bermain sebanyak 25 kali dengan mengukir 6 gol dan 9 assist bersama Die Roten Bullen.

Baca Juga: 5 Pemain yang Tajam pada Musim Debut di RB Leipzig, Openda Terbaru

3. Yussuf Poulsen setia menemani langkah RB Leipzig sejak 2013

Rapor 5 Penyerang RB Leipzig pada Paruh Musim 2023/2024, Openda TajamYussuf Poulsen (bundesliga.com)

Yussuf Poulsen adalah penyerang tengah yang bergabung dengan RB Leipzig dari Lyngbx Boldklub pada musim panas 2013. Dirinya ikut menemani langkah Die Roten Bullen di berbagai divisi hingga mendapat tiket promosi Bundesliga Jerman. Dia menjelma menjadi instrumen penting di lini depan. Namun, seiring berjalannya waktu, menit bermainnya mulai berkurang karena sering diplot sebagai pelapis. Poulsen sendiri masih menyisakan kontrak sampai 2026 untuk bertahan di Red Bull Arena.

Pada 2023/2024, Yussuf Poulsen tak selalu masuk skuad utama dari RB Leipzig. Dirinya beberapa kali harus memulai pertandingan dari bangku cadangan. Meski begitu, keberadaannya berhasil menambah opsi bagi lini depan tim asal Jerman tersebut. Hingga pekan ke-16, dia berkontribusi dalam 23 pertandingan dengan membuat 3 gol dan 2 assist di semua ajang. Penyerang berkebangsaan Denmark ini sendiri tercatat telah tampil sebanyak 198 kali dengan menyumbang 88 gol dan 65 assist untuk Die Roten Bullen.

4. Timo Werner mulai tersisih dari skuad inti RB Leipzig pada 2023/2024

Rapor 5 Penyerang RB Leipzig pada Paruh Musim 2023/2024, Openda TajamTimo Werner (instagram.com/timowerner)

Timo Werner kesulitan untuk menunjukkan performa terbaiknya bersama Chelsea sehingga memutuskan untuk menerima kembali tawaran RB Leipzig pada musim panas 2022. Penyerang tengah asal Jerman ini lantas mendapat kontrak sampai 2026 demi bermain di Red Bull Arena lagi. Tak butuh waktu adaptasi, dia langsung dipercaya untuk menembus skuad utama dan jadi andalan lini depan Die Roten Bullen.

Timo Werner ternyata mulai tersisih dari skuad inti RB Leipzig pada 2023/2024. Persaingan yang ketat di lini depan membuatnya sering menjalani peran sebagai pelapis. Ini juga berdampak kepada minimnya kontribusi terhadap tim. Selain penyerang tengah, dia sendiri bisa ditempatkan sebagai penyerang sayap sehingga menambah opsi serangan. Sampai pekan ke-16, pesepak bola berusia 27 tahun tersebut baru dipasang dalam 14 pertandingan dengan mencetak 2 gol dan 1 assist di semua kompetisi. Werner mencatatkan total penampilan 213 kali dengan menyumbang 113 gol dan 47 assist.

5. Benjamin Sesko masih kesulitan menembus skuad utama RB Leipzig pada 2023/2024

Rapor 5 Penyerang RB Leipzig pada Paruh Musim 2023/2024, Openda TajamBenjamin Sesko (twitter.com/RBLeipzig)

Benjamin Sesko sukses menampilkan performa menjanjikan saat masih berseragam RB Salzburg. Potensinya masuk radar RB Leipzig sehingga didatangkan pada musim panas 2023. Penyerang tengah kebangsaan Slovenia ini dipagari kontrak jangka panjang sampai 2028. Dia juga bisa menambah kedalaman kekuatan, terutama di lini depan Die Roten Bullen.

Meski begitu, sejauh ini, Benjamin Sesko masih kesulitan menembus skuad utama RB Leipzig. Pesepak bola kelahiran Radece ini kerap memulai pertandingan sebagai pengganti sehingga tidak terlalu mendapat menit bermain yang banyak pada 2023/2024. Hingga pekan ke-16, dia sudah berkontribusi dalam 22 pertandingan dengan menorehkan 7 gol di berbagai ajang.

Kelima penyerang RB Leipzig di atas telah bahu-membahu dalam memperkuat lini depan pada paruh musim 2023/2024. Kehadiran mereka mampu menambah variasi serangan dan memudahkan pelatih untuk melakukan rotasi. Meski begitu, Die Roten Bullen berpotensi merombak kekuatan karena bursa transfer musim dingin 2024 telah resmi dibuka. Mungkinkah beberapa nama pergi?

Baca Juga: 5 Opsi Gelandang RB Leipzig pada 2023/2024, Bersaing Ketat!

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya