Rapor 6 Rekrutan Baru AS Monaco pada Awal 2023/2024, Ada Balogun!

Ada yang diboyong pada November 2023

AS Monaco menunjukkan performa yang tidak terlalu impresif karena menduduki peringkat ke-6 Ligue 1 2022/2023. Hal tersebut membuat Les Rouges et Blancs mengambil tindakan dengan mendepak Philippe Clement dari posisi pelatih. Klub asal Monako ini kemudian menunjuk Adi Hutter sebagai juru taktik baru dan diikat kontrak sampai 2025.

Di bawah komando Adi Hutter, AS Monaco aktif melakukan pembenahan skuad besar-besaran pada musim panas 2023 yang lalu. Ini bertujuan untuk menambah kedalaman kekuatan sehingga siap menjalani ketatnya persaingan pada 2023/2024. Mereka melepas banyak penggawa dan mendatangkan tenaga baru yang dirasa lebih cocok dengan skema taktik tim. Ada sekitar enam rekrutan baru yang berhasil didaratkan ke Stade Louis II. Siapa saja mereka dan seperti apa rapornya pada awal musim bersama Les Rouges et Blancs? Yuk, baca tulisan berikut ini!

1. Folarin Balogun mendapat kontrak hingga 2028 bersama AS Monaco

Rapor 6 Rekrutan Baru AS Monaco pada Awal 2023/2024, Ada Balogun!Folarin Balogun (asmonaco.com)

Folarin Balogun sukses menunjukkan performa impresif saat menjalani masa peminjaman bersama Stade de Reims. Pada musim panas 2023, dirinya kembali memperkuat Arsenal. Performa mengesankan tersebut membuat namanya jadi komoditas rebutan banyak tim Eropa. Hanya bertahan singkat, The Gunners memutuskan menjual penyerang 22 tahun ini ke AS Monaco. Balogun sendiri setuju menandatangani kontrak jangka panjang hingga 2028 untuk membela Les Rouges et Blancs.

Meski masih muda, Folarin Balogun sering mendapat kesempatan untuk menembus skuad utama AS Monaco pada 2023/2024. Dirinya beberapa kali mampu dipercaya turun sebagai starter. Namun, penyerang asal Amerika Serikat ini harus bersaing dengan Wissam Ben Yedder demi mendapat kesempatan secara reguler bersama Les Rouges et Blancs. Hingga minggu ke-12, Balogun sendiri sudah mencatatkan penampilan sebanyak 9 laga dengan mengukir 3 gol dan 1 assist di Ligue 1.

2. Denis Zakaria langsung menembus skuad utama AS Monaco pada 2023/2024

Rapor 6 Rekrutan Baru AS Monaco pada Awal 2023/2024, Ada Balogun!Denis Zakaria (asmonaco.com)

Denis Zakaria tersisih dari skuad utama Juventus sehingga harus menjalani masa peminjaman ke Chelsea. Dirinya ternyata tidak termasuk rencana jangka panjang La Vecchia Signora sehinga benar-benar dilepas secara permanen ke AS Monaco pada musim panas 2023. Gelandang bertahan kebangsaan Swiss ini disodori kontrak sampai 2028 untuk bertahan di Les Rouges et Blancs.

Denis Zakaria ternyata mampu menembus skuad utama dari AS Monaco pada 2023/2024. Dirinya kerap dipasang oleh Adi Hutter sejak menit pertama dan tampil selama 90 menit. Selain gelandang bertahan, pesepak bola 26 tahun ini beberapa kali ditugaskan sebagai bek tengah dalam sistem permainan Les Rouges et Blancs. Sampai pekan ke-12, dia telah mencatatkan penampilan sebanyak 10 laga dengan mencetak 1 gol di Ligue 1.

3. Mohammed Salisu tengah menderita cedera paha

Rapor 6 Rekrutan Baru AS Monaco pada Awal 2023/2024, Ada Balogun!Mohammed Salisu (asmonaco.com)

Mohammed Salisu gagal menyelamatkan Southampton dari jurang degradasi EPL 2022/2023. Pesepak bola kebangsaan Ghana ini kemudian memilih melanjutkan karier untuk bergabung dengan AS Monaco pada musim panas 2023. Dirinya dianggap sebagai aset menjanjikan sehingga mendapat kontrak jangka panjang sampai 2028 bersama Les Rouges et Blancs.

Bek tengah kelahiran Kumasi tersebut ternyata mengalami cedera paha sehingga harus absen dalam banyak pertandingan. Ini membuat Mohammed Salisu belum mencatatkan debut bersama AS Monaco pada 2023/2024. Meski begitu, dia masih berpotensi besar jadi salah satu bagian penting di jantung pertahanan tim.

Baca Juga: Mengupas Taktik Adi Hutter yang Bawa AS Monaco Dominasi Liga Domestik

4. Wilfried Singo jadi penggawa penting di jantung pertahanan AS Monaco

Rapor 6 Rekrutan Baru AS Monaco pada Awal 2023/2024, Ada Balogun!Wilfried Singo (asmonaco.com)

selain mendatangkan Mohammed Salisu sebagai bek tengah, AS Monaco juga masih memperkuat tembok lini belakang dengan memboyong Wilfried Singo dari Torino pada musim panas 2023. Pesepak bola kebangsaan Pantai Gading ini setuju menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2028. Kehadirannya diproyeksikan menambah kedalaman, terutama di area pertahanan tim.

Tak butuh waktu lama, Wilfried Singo mampu bertransformasi jadi salah satu penggawa penting di jantung pertahanan AS Monaco pada 2023/2024. Sejauh ini, dirinya selalu diturunkan oleh Adi Hutter sebagai starter dan tampil selama 90 menit. Sampai pekan ke-12, pemain kelahiran Grand-Bereby tersebut sudah berkontribusi dalam 11 pertandingan dengan mencetak 1 gol di Ligue 1.

5. Philipp Kohn langsung jadi kiper utama AS Monaco pada 2023/2024

Rapor 6 Rekrutan Baru AS Monaco pada Awal 2023/2024, Ada Balogun!Philipp Kohn (asmonaco.com)

Philipp Kohn adalah kiper yang merapat ke AS Monaco dari RB Salzburg pada musim panas 2023. Pesepak bola kelahiran Dinslaken ini langsung dipagari kontrak jangka panjang hingga 2028 bersama Les Rouges et Blancs. Kehadirannya menjadi keuntungan karena bisa menambah kedalaman lini pertahanan tim.

Meski rekrutan baru, Philipp Kohn langsung dipercaya oleh Adi Hutter untuk mengisi posisi sebagai kiper utama AS Monaco pada 2023/2024. Pemain kebangsaan Swiss ini selalu jadi starter dan tampil selama 90 menit. Kedatangannya tersebut membuat Radoslaw Majecki dan Yann Lienard harus berpuas diri menjadi pelapis dalam skema permainan Les Rouges et Blancs. Hingga minggu ke-12, Kohn sudah bermain dalam 12 laga dengan kebobolan sebanyak 14 gol di Ligue 1.

6. Kassoum Ouattara diplot untuk menggantikan Caio Henrique karena mengalami cedera ACL

Rapor 6 Rekrutan Baru AS Monaco pada Awal 2023/2024, Ada Balogun!Kassoum Ouattara (asmonaco.com)

Ligue de Football Professionnel (LFP) atau badan yang mengatur sepak bola profesional Prancis memperbolehkan tim melakukan aktivitas transfer di luar jadwal jika ada pemain yang mengalami keadaan darurat seperti cedera panjang. Aturan tersebut diberi nama Joker. Namun, mereka hanya bisa mendatangkan satu tenaga baru dari sesama tim asal Prancis. Hal ini yang mendasari AS Monaco membeli Kassoum Ouattara dari Amiens SC pada November 2023.

Kassoum Ouattara langsung dipagari kontrak jangka panjang sampai 2028 bersama AS Monaco. Kedatangannya untuk menggantikan posisi dari Caio Henrique yang tengah menderita cedera anterior cruciate ligament (ACL). Sejauh ini, dirinya masih belum jadi pilihan utama Les Rouges et Blancs. Hingga pekan ke-12, dia baru tampil dalam satu pertandingan di Ligue 1 2023/2024.

Sejauh ini, hanya Mohammed Salisu yang belum menunjukkan kontribusi terhadap permainan AS Monaco karena tengah mengalami cedera pada awal 2023/2024. Meski begitu, mereka semua bisa menambah kedalaman kekuatan sehingga memudahkan Adi Hutter untuk meracik komposisi skuad yang tepat. Menurutmu, bagaimana performa Les Rouges et Blancs setelah hadirnya tenaga baru tersebut?

Baca Juga: 8 Pemain Prancis yang Berseragam AS Monaco pada 2023/2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya