Liga Super Eropa, Bisa Jadi Akhiri Eksistensi Liga Champion

Telah disetujui 16 klub

Rancana diadakannya Liga Super Eropa bisa jadi mengakhiri eksistensi Liga Champion. Menurut situs Marca, telah ada 16 klub yang menandatangi persetujuan untuk keluar dari Liga Champion demi mengikuti Liga Super Eropa. Tim-tim di Eropa merencanakan agar kompetisi tersebut dapat diadakan pada tahun 2021.

1. Klub pendiri dan klub tamu

Liga Super Eropa, Bisa Jadi Akhiri Eksistensi Liga ChampionThehighertempopress.com

Berdasarkan laporan Football Leaks, klub pendiri Liga Super Eropa terdiri dari Real Madrid, Barcelona, Manchester United, Bayern Munich, Juventus, Chelsea, Arsenal, Paris Saint-Germain, Manchester City, Liverpool dan Milan. Sedangkan Atletico Madrid, Borussia Dortmund, Marseille, Inter dan Roma akan menjadi klub tamu yang mengikuti kompetisi ini.

Keenam belas tim tersebut dikabarkan telah menandatangani persetujuan untuk keluar dari Liga Champion demi mengikuti Liga Super Eropa.

Baca Juga: Keren! 5 Pesepak Bola Ini Cetak Hattrick Pada Debut Profesionalnya!

2. Format kompetisi

Liga Super Eropa, Bisa Jadi Akhiri Eksistensi Liga ChampionMarca.com

Format dari kompetisi tersebut akan memiliki dua fase. Pertama, di mana klub akan diintegrasikan ke dalam kelompok yamg berbeda, yang diikuti babak selajutnya berupa eliminasi.

Selain itu, akan ada opsi bahwa Liga Super Eropa ini akan memiliki divisi kedua di mana yang memiliki kualifikasi terbaik akan memiliki opsi untuk dipromosikan.

Penciptaan kompetisi ini akan memiliki konsekuensi ekonomi yang penting, karena akan mematahkan keseimbangan kompetitif liga nasional.

Klub yang berpartisipasi dalam kompetisi baru ini akan mendapatkan lebih banyak uang daripada yang lain, membuat perbedaan antara tim lain di setiap negara menjadi lebih besar.

3. Tidak ada keterlibatan dengan UEFA

Liga Super Eropa, Bisa Jadi Akhiri Eksistensi Liga ChampionThelab.bleacherreport.com

Liga Super Eropa disinyalir akan bebas dari keterlibatan badan sepak bola Eropa, UEFA yang telah mengadakan Liga Champion. Berdasarkan dokumen dikirimkan kepada Real Madrid yang mengalami kebocoran, persetujuan tersebut ditandatangani oleh 11 klub pendiri, tertanggal November 2018.

Menurut media Jerman Der Spiegel seperti dilansir ESPN, Real Madrid dan Key Capital Partners menolak memberikan komentar. Namun majalah itu juga mengutip CEO Borussia Dortmund Hans-Joachim Watzke yang mengatakan dokumen-dokumen itu membuktikan "jelas" bahwa diskusi sedang berlangsung.

"Saya juga percaya bahwa beberapa klub besar Eropa jelas bekerja untuk itu," kata Watzke, meskipun dia mencatat bahwa rencana itu "tidak terlalu konkrit."

Terlepas dari benar tidaknya akan diadakan Liga Super Eropa, semua persiapan masih dalam bentuk rencana. 

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Lacazette Gagalkan Kemenangan Liverpool

Maya Photo Verified Writer Maya

A teen aspiring writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya