Timnas U-17 Wanita Awali Piala Asia U-17 dengan Kekalahan

Kualitas Filipina jauh di atas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-17 Wanita mengawali kiprah mereka di Piala Asia U-17 Wanita 2024 dengan kekalahan. Bersua Filipina di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Senin (6/5/2024) malam, Timnas U-17 kalah 6-1.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Alexa Pino (6', 35'), Natalie Collins (54', 62'), Jael-Marie Guy ('22), Ariana Markey (29') untuk Filipina, serta Claudia Scheunemann (12') untuk Indonesia. Awal yang buruk bagi Timnas U-17 di ajang ini.

Sejak babak pertama, Timnas U-17 sudah mendapatkan tekanan ketat dari Filipina. Bahkan, mereka sudah tertinggal pada menit enam lewat gol dari Alexa Pino. Namun, skuad Garuda Pertiwi muda ini sempat menunjukkan tanda-tanda bangkit.

Pada menit 12, Claudia Scheunemann berhasil menyamakan angka lewat sontekannya. Sempat timbul harapan bagi Timnas U-17 Wanita untuk membalas, tetapi Filipina langsung menegaskan kembali dominasi mereka.

Berturut-turut pada menit 22 dan 29, Jael-Marie Guy dan Ariana Markey membobol gawang Timnas U-17 lewat sebuah skema apik. Filipina pun unggul 3-1 di pertengahan babak pertama ini. Namun, ternyata hujaman gol mereka belum berhenti.

Pada menit 35, Pino mencetak gol keduanya di laga ini. Babak pertama pun berakhir dengan skor 4-1 untuk Filipina. Timnas U-17 Wanita tidak berdaya.

Memasuki babak kedua, Timnas U-17 Wanita coba menekan balik. Beberapa kali, mereka coba membongkar pertahanan Filipina. Akan tetapi, usaha mereka ini urung membuahkan hasil.

Perbedaan kualitas kentara terlihat di antara Timnas U-17 Wanita Indonesia dan Filipina. Jika Filipina mampu mengalirkan bola dengan lebih rapi, lain hal Indonesia. Tampak aliran-aliran bola mereka mudah terbaca oleh para pemain Filipina.

Sontak, Filipina mampu menambah dua gol di babak kedua ini. Pada menit 54, Natalie Collins membobol gawang Indonesia lewat sontekannya. Selang delapan menit kemudian, dia kembali membobol gawang Indonesia. Filipina unggul 6-1.

Sepanjang pertengahan babak kedua hingga akhir babak kedua, Indonesia coba keluar menyerang. Mengandalkan Claudia sebagai poros serangan, mereka coba memberi ancaman kepada Filipina.

Namun, pada akhirnya Indonesia tetap terancam oleh beberapa serangan balik Filipina, meski pada akhirnya tidak ada yang berbuah gol. Kebuntuan Indonesia dan juga Filipina ini bertahan sampai babak kedua tuntas.

Filipina pun memenangi laga ini dengan skor 6-1. Bagi Timnas U-17 Wanita Indonesia, ini adalah awal yang buruk bagi mereka di Piala Asia U-17 Wanita di bawah asuhan Satoru Mochizuki.

Baca Juga: Adu Hasrat Timnas U-23 Lawan Guinea Menuju Olimpiade 2024

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya