4 Pemain Akademi Tottenham yang Debut di Premier League pada 2023

Baru satu pemain yang debut pada era Ange Postecoglou

Tottenham Hotspur dikenal sebagai salah satu klub Inggris yang melahirkan pemain bagus. Sebut saja Harry Kane, Peter Crouch, Sol Campbell, dan masih banyak lagi. Meski tak setenar akademi klub lain, mereka memiliki komitmen untuk mengembangkan pemain mudanya, baik melalui akademi maupun melalui program pinjaman.

Pada 2023, Spurs memberikan kesempatan kepada beberapa pemain akademinya untuk tampil di English Premier League (EPL). Setidaknya, ada empat pemain akademi Tottenham yang berhasil melakoni debut di kasta tertinggi Liga Inggris pada tahun tersebut. Bagaimana kiprah mereka selama di akademi hingga menjalani debut di tim senior? Berikut ulasannya.

1. Sulit menembus skuad utama, Harvey White hengkang dari Spurs pada September 2023

4 Pemain Akademi Tottenham yang Debut di Premier League pada 2023Harvey White (twitter.com/SpursOfficial)

Harvey White merupakan pemain akademi Tottenham Hotspur yang pernah dipinjamkan ke Portsmouth dan Derby County. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini sebelumnya telah melakoni debut pada laga pramusim 2019. Ia baru turun di kompetisi resmi ketika Spurs menghadapi Ludogorets Razgrad pada Liga Europa 2020/2021.

Walaupun terlebih dahulu debut di kompetisi Eropa, Harvey harus menunggu dua tahun lebih untuk turun di laga perdananya di Premier League. Ia baru bermain saat Tottenham menghadapi Crystal Palace pada Januari 2023. Pertandingan tersebut berakhir dengan kemenangan Spurs dengan skor telak 4-0. Namun setelah itu, Harvey tidak pernah lagi diturunkan hingga akhirnya pindah ke Stevenage FC, klub kasta ketiga Liga Inggris, pada September 2023.

2. Matthew Craig beberapa kali masuk ke dalam skuad senior Tottenham Hotspur di kompetisi resmi

4 Pemain Akademi Tottenham yang Debut di Premier League pada 2023Matthew Craig (kiri) disambut Emerson Royal (kanan) saat turun laga melawan Leeds United pada pekan ke-38 Premier League 2022/2023. (twitter.com/SpursOfficial)

Matthew Craig diboyong dari akademi Watford dan bergabung dengan akademi Tottenham Hotspur di tim U-12. Dia dianggap sebagai pemain dengan fleksibilitas tinggi yang mampu bermain di lini tengah dan dan bek sayap. Dirinya telah masuk ke dalam skuad pada pertandingan Premier League dan Liga Europa. Ia  juga beberapa kali mewakili Skotlandia di level U-21.

Craig baru debut bersama tim senior Tottenham Hotspur kala bermain menghadapi Leeds United pada Mei 2023. Dirinya masuk pada menit ke-77 menggantikan Yves Bissouma sebagai gelandang pivot. Pada laga tersebut, Spurs berhasil memenangi laga dengan skor 4-1 melalui dua gol Harry Kane, Pedro Porro, dan Lucas Moura.

Baca Juga: 4 Pemain Berpotensi Merapat ke Tottenham Hotspur pada Januari 2024

3. George Abbott dianggap sebagai gelandang serbaguna di tim U-18 Tottenham Hotspur

4 Pemain Akademi Tottenham yang Debut di Premier League pada 2023George Abbott (tottenhamhotspur.com)

George Abbott telah bergabung dengan akademi Tottenham Hotspur dari kelompok umur U-8. Ia merupakan pemain serbaguna yang mampu bermain sebagai gelandang bertahan, bek kanan, dan gelandang box-to-box di tim U-18. Dengan bakatnya tersebut, ia akhirnya menandatangani kontrak profesional pada Maret 2023 bersama Spurs.

Abbott kemudian merumput pada laga perdananya bersama Matthew Craig kala timnya menghadapi Leeds United pada pekan terakhir Premier League 2022/2023. Dirinya baru masuk pada menit ke-91 waktu tambahan menggantikan Oliver Skipp. Di bawah asuhan Pelatih Ange Postecoglou, Abbott belum diberikan kesempatan untuk kembali turun laga.

4. Jamie Donley jadi pemain akademi pertama yang diturunkan pada era Ange Postecoglou

4 Pemain Akademi Tottenham yang Debut di Premier League pada 2023Jamie Donley (tottenhamhotspur.com)

Jamie Donley merupakan pemain kelahiran Irlandia Utara yang telah berada di akademi Tottenham Hotspur sejak usia 8 tahun. Walaupun lahir di Irlandia utara, dirinya memilih membela Inggris di berbagai kelompok usia sejak U-15. Pemain berkaki kidal ini adalah pencetak gol yang produktif di tim U-18 dan U-21. Berkat penampilan gemilang bersama tim junior Spurs,  ia beberapa kali mendapatkan penghargaan Player of the Month. 

Donley menjadi pemain akademi pertama pada era kepelatihan Ange Postecoglou yang diberi kesempatan bermain di level senior. Ini terjadi kala Spurs menghadapi Manchester City dengan skor akhir 3-3 pada pekan ke-14 Premier League 2023/2024. Ia kala itu turun menggantikan Brennan Johnson pada menit ke-96 waktu tambahan. Pada matchday selanjutnya, ia kembali diturunkan sebagai pemain pengganti saat timnya memenangi laga versus Newcastle United dengan skor 4-1.

Meskipun perjalanan setiap pemain memiliki dinamika sendiri-sendiri, inisiatif klub dalam membuka pintu bagi talenta muda patut diapresiasi. Jika mereka mampu bersaing dengan para pemain senior di Tottenham Hotspur, tak menutup kemungkinan jika mereka dapat menjadi bintang seperti Harry Kane pada masa mendatang.

Baca Juga: 5 Pemain Tottenham yang Dipinjamkan kepada Klub Lain pada 2023/2024

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya