Bakal Cedera Panjang, 4 Nama Mencuat sebagai Calon Pengganti Gavi

Ada yang dirumorkan bakal comeback ke Barcelona

Kehilangan Pablo Gavi yang mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) merupakan pukulan besar bagi Barcelona. Gelandang muda berbakat ini merupakan salah satu pemain kunci di tim asuhan Xavi Hernandez. Dirinya mengalami cedera saat membela Spanyol pada Kualifikasi Euro 2024 ketika melawan Georgia pada November 2023 lalu.

Cedera Gavi diperkirakan akan membuatnya absen hingga 10 bulan lamanya. Barcelona digadang-gadang akan mencari penggantinya pada bursa transfer Januari 2024 mendatang untuk mengisi slot gelandang. El Barca sendiri lebih tertarik untuk merekrut pemain tengah dengan opsi pinjaman terhadap para pemain ini. Berikut empat pemain yang diprediksi direkrut Barcelona sebagai pengganti Gavi.

1. Giovani Lo Celso jadi kandidat terkuat pengganti Gavi di Barcelona

Bakal Cedera Panjang, 4 Nama Mencuat sebagai Calon Pengganti GaviGiovani Lo Celso (twitter.com/SpursOfficial)

Giovani Lo Celso menjadi kandidat terkuat untuk menjadi pengganti sementara Gavi. Dilansir Goal, pemain asal Argentina ini sebenarnya sudah ingin didatangkan Pelatih Xavi Hernandez pada musim lalu, tetapi Barcelona lebih memilih memulangkan Oriol Romeu dari Girona. Dengan cederanya Gavi, kabar mengenai kepindahannya ke Blaugrana kembali menguat.

Lo Celso sendiri sebenarnya bukanlah pilihan utama bagi Ange Postecoglou di skuad Tottenham Hotspur. Sang pelatih lebih memilih memainkan Pape Matar Sarr dan Yves Bissouma sebagai gelandang pivot. Namun, kepindahannya ke Barcelona bakal cukup sulit mengingat kini Spurs dilanda badai cedera sehingga sosok Lo Celso masih diperlukan Tottenham Hotspur.

Baca Juga: 4 Eks Bintang Arsenal yang Gagal Total saat Bermain di Barcelona

2. Thiago Alcantara bisa saja kembali ke Barcelona di tengah persaingan lini tengah Liverpool

Bakal Cedera Panjang, 4 Nama Mencuat sebagai Calon Pengganti GaviThiago Alcantara (liverpoolfc.com)

Thiago Alcantara juga masuk sebagai salah satu kandidat yang bakal mengisi lini tengah Barcelona. Ia sendiri merupakan pemain jebolan La Masia yang kesulitan menembus tim reguler pada saat era trio maut lini tengah Barcelona, yaitu Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan Sergio Busquets. Sebab itulah dirinya hengkang ke Bayern Munich pada 2013 dan meraih berbagai trofi kejuaraan selama tujuh musim membela Die Roten.

Thiago sendiri sebelumnya sempat dikabarkan akan kembali ke klub pertamanya pada awal musim 2023/2024. Dengan cederanya Gavi dan kebutuhan Barcelona menambal kedalaman skuad mereka, tentunya peluang Thiago kembali ke Barcelona melebar. Ditambah, Liverpool kini memiliki empat gelandang baru pada musim ini yang membuat persaingan di lini tengah skuad Juergen Klopp semakin ketat.

3. Donny van de Beek secara mengejutkan masuk dalam bursa persaingan pengganti Gavi

Bakal Cedera Panjang, 4 Nama Mencuat sebagai Calon Pengganti GaviDonny van de Beek (twitter.com/ManUtd)

Cukup mengejutkan bahwa Donny van de Beek masuk dalam bursa persaingan kandidat pengganti Gavi di Barcelona. Ia menjadi salah satu pemain Manchester United yang kemungkinan besar bakal pergi dari klub pada Januari 2024 nanti. Ini lantaran dirinya sudah tidak mendapatkan tempat di skuad Setan Merah dengan hanya bermain selama 20 menit pada musim ini.

Keinginan Van de Beek untuk bergabung dengan Barcelona mendapat angin segar berkat pengaruh Frenkie de Jong, mantan rekan satu timnya saat di Ajax Amsterdam. Namun, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi pemain asal Belanda itu. Kurangnya menit bermain di Manchester United membuat performanya menurun, baik dari segi ketajaman maupun kebugaran. Selain itu, pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, bisa saja memilih gelandang lain yang menurutnya lebih sesuai dengan kebutuhan tim.

4. Fabian Ruiz sebelumnya pernah diminati Barcelona

Bakal Cedera Panjang, 4 Nama Mencuat sebagai Calon Pengganti GaviFabian Ruiz (psg.fr)

Gelandang Paris Saint-Germain (PSG) asal Spanyol, Fabian Ruiz, dikabarkan masuk ke dalam bursa peminjaman Barcelona. Dilansir Mundo Deportivo, Robert Fernandez, mantan direktur olahraga Barcelona, pernah menyatakan minat untuk merekrutnya. Namun, pada 2018, Napoli berani menebus sang pemain lebih mahal dari tawaran Barcelona sehingga membuat mereka mundur dari bursa persaingan.

Cederanya Gavi membuat kabar mengenai ketertarikan Barcelona kepada Ruiz kembali menyeruak. Namun, hal ini rupanya cukup merugikan bagi PSG yang diprediksi akan berhadapan dengan Barcelona jika lolos ke babak 16 besar Liga Champions Eropa 2023/2024. Pelatih baru PSG yang juga mantan pelatih Barcelona, Luis Enrique, masih membutuhkan dirinya di lini tengah. Ini terbukti dengan cukup seringnya dirinya diturunkan sang pelatih meskipun tidak bermain secara penuh di tiap pertandingan.

Dengan cederanya Gavi, Barcelona dituntut untuk bergerak cepat segera mencari penggantinya. Keempat pemain yang disebutkan di atas memiliki kualitas yang cukup mumpuni untuk mengisi posisi Gavi. Namun, Barcelona juga harus mempertimbangkan berbagai faktor, seperti harga transfer, gaji pemain, dan kebutuhan tim.

Baca Juga: 5 Pemain EPL yang Menderita Cedera ACL pada 2023/2024

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya