7 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga Jerman 

Ada yang debut setelah ulang tahun

Sebagai salah satu liga top Eropa, Bundesliga Jerman tak pernah berhenti mencetak pemain muda setiap musimnya. Jerman yang diakui sebagai salah satu negara dengan fasilitas sepak bola terbaik di dunia ini memiliki komitmen kuat dalam mengembangkan pemain muda. Bukan hanya menjadi panggung bagi bintang-bintang berpengalaman, tetapi Bundesliga juga menjadi lahan subur bagi talenta-talenta muda yang bersinar.

Hal tersebut ikut dibuktikan dengan deretan pemain termuda yang mencatatkan debut penampilan perdana di Bundesliga. Bahkan, beberapa dari mereka berhasil mencatatkan rekor debut yang tidak mudah dipecahkan oleh pemain mana pun, lho! Siapa saja mereka?

7. Nuri Sahin debut di Bundesliga Jerman pada usia 16 tahun 11 bulan 1 hari

7 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga Jerman Nuri Sahin (twitter.com/BVB)

Nuri Sahin merupakan salah satu produk akademi Borussia Dortmund yang pernah menjadi andalan di lini tengah. Ia melakoni debutnya pada 2005 saat usianya menginjak 16 tahun 11 bulan 1 hari kala melawan VfL Wolfsburg. Penampilan ciamiknya bersama Die Borussen membuat Real Madrid tertarik membelinya pada 2012. Sayang, kariernya justru menurun dan harus mengalami masa peminjaman ke Liverpool dan Dortmund. Sahin sendiri telah memutuskan gantung sepatu pada 2022 setelah terakhir kali bermain untuk Antalyaspor di Liga Turki.

Baca Juga: 4 Lawan Bayer Leverkusen di Bundesliga Jerman pada Desember 2023

6. Iker Bravo debut di Bundesliga Jerman pada usia 16 tahun 9 bulan 25 hari

7 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga Jerman Iker Bravo (twitter.com/bayer04_en)

Iker Bravo merupakan pemain jebolan akademi La Masia yang diboyong ke Bayer Leverkusen pada 2021 dengan status bebas transfer. Pemain yang berasal dari Spanyol ini merumput di laga pertama Bundesliga Jerman pada 2021 saat menghadapi Hertha BSC pada usia 16 tahun 9 bulan 25 hari. Saat ini, ia tengah dipinjamkan ke Real Madrid Castilla untuk satu musim kompetisi 2023/2024.

5. Zidan Sertdemir debut di Bundesliga Jerman pada usia 16 tahun 9 bulan 3 hari

7 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga Jerman Zidan Sertdemir (bundesliga.com)

Bersama Iker Bravo, Zidan Sertdemir juga turun di laga perdana bagi Bayer Leverkusen kasta tertinggi Liga Jerman saat usianya baru 16 tahun 9 bulan 3 hari. Pemain asal Denmark ini direkrut dari Nordsjaelland pada 2021. Ia dikontrak selama 3 tahun. Namun, pada Januari 2023, ia kembali ke mantan klubnya dengan persetujuan kedua klub.

4. Sidney Raebiger debut di Bundesliga Jerman pada usia 16 tahun 8 bulan 22 hari

7 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga Jerman Sidney Raebiger (eintracht.de)

Bersama RB Leipzig, Sidney Raebiger menjalani debutnya pada usia 16 tahun 8 bulan 22 hari saat klubnya berhadapan dengan FSV Mainz 05 pada 2022. Setelah menjuarai DFB Pokal pada tahun yang sama, ia pindah ke klub divisi dua Liga Jerman, SpVgg Greuther Fuerth, dan hanya merumput selama semusim. Eintracht Frankfurt yang tertarik dengan performanya meminangnya pada September 2023 seharga 50 ribu euro atau setara Rp837 juta.

3. Tom Bischof debut di Bundesliga Jerman pada usia 16 tahun 8 bulan 19 hari

7 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga Jerman Tom Bischof (twitter.com/tsghoffenheim)

Kapten U-19 Jerman, Tom Bischof, mengawali debutnya bersama TSG Hoffenheim pada 2022 saat usianya baru menginjak 16 tahun 8 bulan 19 hari. Dirinya dianggap sebagai penerus Mario Goetze karena memiliki posisi yang sama sebagai pemain berposisi nomor 10 dengan karakter permainan yang mirip. Bischof sendiri telah turun di tujuh pertandingan hingga pekan ke-14 Bundesliga 2023/2024 meski selalu turun dari bangku cadangan.

2. Paul Wanner debut di Bundesliga Jerman pada usia 16 tahun 15 hari

7 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga Jerman Paul Wanner (jersey merah) (twitter.com/FCBayern)

Paul Wanner merupakan debutan termuda Bayern Muenchen yang pertama kali turun laga pada 2022 saat klubnya melawan Borussia Moenchengladbach. Saat itu, usianya baru menginjak 16 tahun 15 hari. Dirinya masuk ke dalam skuad karena Die Roten tengah mengalami krisis akibat banyak pemain dan staf yang terpapar pandemik COVID-19. Wanner kini tengah menjalani masa peminjaman ke klub Divisi dua Liga Jerman, SV Elversberg, agar mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak.

1. Youssoufa Moukoko jadi debutan termuda di Bundesliga Jerman pada usia 16 tahun 1 hari

7 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga Jerman Youssoufa Moukoko (bundesliga.com)

Youssoufa Moukoko pertama kali turun di laga perdananya bersama Borussia Dortmund kala bertandang ke markas Hertha BSC pada 2020 saat usianya masih 16 tahun 1 hari. Selain menjadi hadiah ulang tahunnya, Die Schwarzgelben juga memanfaatkan aturan baru di Bundesliga Jerman yang saat itu baru disahkan terkait usia minimal pemain yang diperbolehkan merumput di level senior pada umur 16 tahun. Moukoko sendiri kini dipercaya sebagai salah satu pemain andalan Dortmund di bawah asuhan Edin Terzic.

Dengan perbedaan latar belakang dan cerita masing-masing, para pemain ini mencerminkan keragaman talenta yang dimiliki Bundesliga Jerman. Meski beberapa di antaranya telah meniti karier di klub-klub lain, kehadiran mereka di panggung kasta tertinggi Liga Jerman menjadi bukti bahwa liga ini sangat terbuka terhadap talenta-talenta muda di seluruh dunia.

Baca Juga: 5 Pertemuan Terakhir Dortmund dan RB Leipzig di Bundesliga, Sengit!

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya