3 Eks Pemain AS Roma yang Menjadi Kapten Klub Serie A 2023/2024

Tak semuanya punya kisah manis di AS Roma

AS Roma dianggap sebagai salah satu klub Serie A Italia yang terkenal dengan pemain-pemainnya yang bertalenta. Klub berjuluk I Giallorossi ini juga dikenal sebagai klub yang menghasilkan banyak pemain berkualitas. Warisan prestisius ini tidak hanya menciptakan sejarah bagi klub, tetapi juga menandai jejak-jejak sukses para pemainnya yang meraih pengakuan di level lebih tinggi.

Tak sedikit pemain yang pernah membela AS Roma kemudian sukses di klub lain. Salah satu hal yang menarik dari eks pemain AS Roma yaitu beberapa di antaranya kini menjadi kapten di klub lain. Pada 2023/2024, terdapat tiga eks pemain AS Roma yang menjadi kapten klub Serie A 2023/2024. 

Siapakah ketiga pemain tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. Sempat jadi pilar pertahanan AS Roma, Federico Fazzio kini jadi kapten Salernitana

3 Eks Pemain AS Roma yang Menjadi Kapten Klub Serie A 2023/2024Federico Fazio (instagram.com/ussalernitana1919official)

Sebelum menjejakkan kaki di Serie A Italia, Federico Fazio pernah membela Sevilla dan Tottenham Hotspur. Pemain asal Argentina ini sempat menjalani masa peminjaman di AS Roma pada 2016 dari Spurs. Ia kemudian dipermanenkan pada musim panas 2017 dengan harga 3,2 juta euro atau setara Rp54,8 miliar.

Selama membela AS Roma, Fazio menjadi pemain andalan di jantung pertahanan bersama Konstantinos Manolas. Ia menampilkan performa terbaiknya bersama I Giallorossi pada 2017/2018 ketika berhasil mengantarkan klub mencapai semifinal Liga Champions Eropa. Tercatat, ia telah turun sebanyak 169 pertandingan di semua kompetisi selama berseragam AS Roma.

Fazio mengalami penurunan performa pada 2021/2022 yang membuatnya dijual kepada Salernitana pada Januari 2022 dengan status bebas transfer. Meski kini telah berusia 36 tahun, Fazio masih menjadi andalan lini pertahanan klub berjuluk I Granata. Berbekal pengalaman yang mumpuni, dirinya ditunjuk sebagai kapten tim pada 2023/2024.

Baca Juga: 4 Pemain Akademi AS Roma yang Debut di Serie A Italia pada 2023

2. Rafael Toloi pernah singgah di AS Roma sebagai pemain pinjaman sebelum jadi kapten Atalanta

3 Eks Pemain AS Roma yang Menjadi Kapten Klub Serie A 2023/2024Rafael Toloi (twitter.com/Atalanta_BC)

Rafael Toloi merupakan salah satu penggawa Timnas Italia kala menjuarai Euro 2020. Pemain kelahiran Brasil ini sempat bermain bersama AS Roma pada 2014 dengan status pinjaman dari Sao Paulo selama setengah musim. Akan tetapi, ia hanya turun dalam lima laga di bawah asuhan Pelatih Rudi Garcia.

Setelah kembali dari masa peminjaman, dirinya sempat bermain selama semusim di Sao Paulo sebelum dibeli Atalanta pada 2015. Bersama La Dea, Toloi kini menjadi salah satu pemain pilar di lini pertahanan. Kepergian Papu Gomez dari klub membuatnya naik jabatan sebagai kapten utama tim pada 2020/2021. Bek yang kini berusia 33 tahun ini masih memiliki kontrak di Atalanta hingga 2025.

3. Gagal membuktikan diri di AS Roma, Luca Mazzitelli kini menjabat sebagai kapten Frosinone

3 Eks Pemain AS Roma yang Menjadi Kapten Klub Serie A 2023/2024Luca Mazzitelli (instagram.com/lucamazzi36)

Luca Mazzitelli merupakan pemain jebolan akademi AS Roma. Sempat menjalani masa peminjaman, ia hanya diberi kesempatan satu kali turun bersama skuad senior I Giallorossi. Ini terjadi saat ia diturunkan sebagai pemain pengganti pada pekan ke-38 Serie A Italia 2013/2014 saat timnya menghadapi Genoa. Laga pertama dan terakhirnya ini pahit karena AS Roma harus kalah 0-1 di kandang.

Tak memiliki masa depan cerah di AS Roma, Mazzitelli kemudian dijual kepada Sassuolo pada 2016. Sayangnya, Kariernya di Sassuolo juga tak begitu baik dengan menjalani berbagai masa peminjaman. Tercatat, ia hanya turun dalam 48 pertandingan. 

Mazzitelli kemudian hengkang ke AC Monza pada 2021. Hanya bermain semusim, dirinya kembali mengembara sebagai pemain pinjaman ke klubnya saat ini, Frosinone. Barulah pada Juni 2023, ia dipermanenkan Frosinone dan langsung diangkat sebagai kapten tim.

Ketiga pemain tersebut memiliki perjalanan karier yang berbeda-beda, tetapi memiliki satu kesamaan, yaitu memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. AS Roma dapat berbangga dengan ketiga eks pemainnya ini walaupun tak semua pemain punya rekam jejak bagus saat bermain bersama mereka.

Baca Juga: Kinerja 3 Gelandang Baru AS Roma pada Paruh Musim 2023/2024

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya