5 Gol Paling Lambat dalam Sejarah Premier League

Rekor baru tercipta pada pekan ke-21 EPL 2023/2024

English Premier League (EPL) dikenal sebagai salah satu liga sepak bola paling kompetitif. Ketatnya persaingan di Premier League kerap kali melahirkan pertandingan-pertandingan seru dan dramatis. Tak hanya tim The Big Six yang menjadi perhatian, tim-tim kuda hitam seringkali menjadi duri dalam daging yang mengganggu dominasi mereka.

Namun, dalam semua ketegangan dan kejutan yang terjadi di Premier League, terdapat beberapa momen-momen epik dalam ingatan para penggemar sepak bola. Salah satu dari sekian banyak momen tersebut adalah gol-gol yang dicetak pada menit paling akhir pertandingan. Gol ini menjadi sangat krusial yang dapat menyelamatkan tim mereka dari kekalahan hingga mengantarkan kepada kemenangan. 

5.Juan Mata menciptakan gol debutnya di Premier League pada menit ke-100

5 Gol Paling Lambat dalam Sejarah Premier Leaguepotret Juan Mata (chelseafc.com)

Gol kelima yang paling telat diciptakan oleh Juan Mata saat masih membela Chelsea pada 2011/2012. Kala itu, The Blues menjamu Norwich City di Stamford Bridge pada pekan ketiga Premier League. Gol tersebut sukses mengantarkan Chelsea meraih kemenangan dengan skor 3-1.

Juan Mata sendiri bermain sebagai pemain pengganti pada menit ke-67 menggantikan Florent Malouda. Paruh kedua pertandinagn harus berjalan hingga 11 menit babak tambahan akibat cedera kepala yang dialami Didier Drogba sehingga harus tertunda cukup lama. Pemain asal Spanyol itu mencetak gol pada menit ke-100 detik ke-3 melalui sepakan kaki kirinya. Gol ini sekaligus menjadi gol debut Mata di Premier League.

4. Gol Leon Bailey pada menit ke-100 pastikan kemenangan kandang beruntun Aston Villa

5 Gol Paling Lambat dalam Sejarah Premier Leaguepotret Leon Bailey (avfc.co.uk)

Leon Bailey merupakan pemain Aston Villa yang direkrut dari Bayer Leverkusen pada 2021. Serupa dengan gol Juan Mata, gol Bailey sendiri menjadi gol ketiga bagi timnya kala memenangi laga dengan skor 3-1 menghadapi Crystal Palace pada pekan kelima Premier League 2023/2024. Kemenangan tersebut sekaligus menjadi kemenangan kandang kesembilan The Villans di EPL.

Bailey mencetak gol pada menit ke-100 detik ke-9 melalui skema serangan balik. Berawal dari umpan Youri Tielemans, Moussa Diaby yang berlari dari sisi kiri berhasil menyambut umpat tersebut dan lolos dari jebakan offside. Diaby yang menyisir dari sisi kiri pertahanan Palace lalu memberikan bola ke Bailey yang tanpa kawalan sukses mengoversi umpannya menjadi gol.

3. Gol Gabriel Jesus pada menit ke-100 berhasil antar Arsenal menang atas Manchester United

5 Gol Paling Lambat dalam Sejarah Premier Leaguepotret Gabriel Jesus (premierleague.com)

Gol selanjutnya tercipta pada pertandingan Arsenal versus Manchester United pada September 2023. Gabriel Jesus menjadi salah satu aktor kemenangan The Gunners dengan mencetak gol pada menit ke-100 detik ke-15 yang menggenapkan kemenangan timnya dengan skor 3-1. Kekalahan Setan Merah ini menjadi awal bencana bagi mereka yang kesulitan meraih hasil positif di Premier League.

Arsenal sempat tertinggal terlebih dahulu melalu gol Marcus Rashford pada menit ke-27. The Gunners lalu berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Martin Odegaard semenit berselang. Skuad asuhan Pelatih Mikel Arteta baru memimpin laga melalui gol debut Declan Rice bagi Arsenal pada menit ke-96 waktu tambahan hingga gol Gabriel Jesus menggenapkan kemenangan 3-1 mereka di Emirates Stadium.

2. Gol Dirk Kuyt pada menit ke-101 selamatkan Liverpool dari kekalahan melawan Arsenal

5 Gol Paling Lambat dalam Sejarah Premier Leaguepotret Dirk Kuyt (liverpoolfc.com)

Rekor gol paling lambat dalam sejarah Premier League sebelumnya diciptakan oleh Dirk Kuyt pada 2011 yang mampu bertahan hingga 12 tahun lamanya. Gol mantan pemain asal Belanda ini tercipta pada menit ke-101 detik ke-48 yang menyelamatkan Liverpool dari kekalahan menghadapi Arsenal. Pertandingan pun berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Pertandingan sempat berjalan tanpa gol hingga 90 menit waktu normal. Ofisial pertandingan pada saat itu memberikan waktu tambahan sebanyak 13 menit akibat 2 pemain Liverpool yang mengalami cedera pada babak kedua. Robin van Persie sukses memecah kebuntuan melalui golnya dari titik putih pada menit ke-98 waktu tambahan. Liverpool kemudian mendapatkan penalti setelah Lucas Leiva dilanggar Emmanuel Eboue di kotak penalti. Dirk Kuyt yang menjadi eksekutor berhasil melaksanakan tugasnya hingga laga berakhir dengan skor 1-1.

1. Gol Oliver Mcburnie pada menit ke-102 pecahkan rekor Dirk Kuyt yang bertahan hampir 13 tahun

https://www.youtube.com/embed/mb8dW-SKyD4

Perubahan regulasi di Premier League pada 2023/2024 mengenai tambahan waktu juga menjadi salah satu faktor terciptanya rekor gol pada menit terakhir. Pemain Sheffield United, Oliver McBurnie, menjadi pemain yang mampu memecahkan rekor Dirk Kuyt yang tercipta pada 2011. Ini terjadi saat timnya menjamu West Ham United di Bramall Lane Stadium pada, Minggu (21/1/2024) lalu WIB.

Pertandingan antara Sheffield United versus West Ham United berjalan seru. Kedua tim saling melakukan jual-beli serangan hingga kedua tim mampu mengungguli satu sama lain. Gol James Ward-Prowse pada menit ke-79 mampu mengantarkan The Hammers mengungguli Sheffield dengan skor 2-1.

Laga ini juga diwarnai dua kartu merah yang didapat pemain masing-masing tim. Pemain The Blades, Rhian Brewster, harus terlebih dahulu diusir keluar lapangan pada menit ke-93 waktu tambahan sebelum disusul Vladimir Coufal 4 menit kemudian. McBurnie akhirnya mencetak gol penyelamat bagi timnya pada menit ke-102 detik ke-7 sehingga laga harus berakhir imbang dengan skor 2-2.

Gol-gol terlambat dalam English Premier League selalu menjadi momen yang dramatis bagi para penggemar sepak bola. Gol-gol tersebut dapat mengubah hasil pertandingan, baik itu dari kekalahan menjadi kemenangan, atau dari kemenangan menjadi hasil imbang. Hal ini tidak hanya menjadi momen yang dramatis, tetapi juga menjadi bagian dari sejarah liga dan tim.

Baca Juga: 3 Pemain Premier League yang Menjadi Kapten di Piala Afrika 2023

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya