Hattrick Pertama Harry Kane di Bundesliga Tidak Diakui, Kok Bisa?

Bundesliga punya aturan unik

Kontribusi Harry Kane kepada Bayern Munich cukup impresif. Pada pekan kelima Bundesliga Jerman saat menjamu VfL Bochum, Die Roten berhasil meraih kemenangan telak dengan skor 7-0. Kane berhasil mencetak 3 gol dan 2 assist di pertandingan tersebut.

Terdapat fakta unik mengenai raihan Harry Kane di pertandingan itu. Meski tampil luar biasa, tiga golnya melawan Bochum tidak diakui sebagai hattrick di Bundesliga. Ada aturan menarik mengenai hattrick yang hanya ada di kasta tertinggi Liga Jerman tersebut.

1. Harry Kane meraih Player of the Match berkat penampilan apiknya kala melawan VfL Bochum

Hattrick Pertama Harry Kane di Bundesliga Tidak Diakui, Kok Bisa?Harry Kane membawa bola pertandingan setelah cetak tiga gol. (twitter.com/FCBayernEN)

Pada pertandingan Bundesliga Jerman melawan VfL Bochum Sabtu (23/9/2023) lalu, Harry Kane sukses mencetak 3 gol dan 2 assist bagi Bayern Munich. Proses golnya tercipta pada menit ke-12, menit ke-54 melalui titik putih, dan menit ke-88. Ia juga menyumbangkan assist untuk gol Leroy Sane pada menit ke-38 dan gol Mathys Tel pada menit ke-81.

Penampilan impresifnya berhasil mengantarkan dirinya menjadi Player of the Match di pertandingan tersebut. Hingga pekan keenam Bundesliga, ia telah mengoleksi 8 gol dan 3 assist. Ini makin mengukuhkan dirinya sebagai striker tajam The Bavarians.

Baca Juga: 5 Rekrutan Termahal Bayern Munich Sepanjang Masa, Termasuk Harry Kane!

2. Tiga golnya tidak diakui sebagai hattrick karena aturan unik di Bundesliga

Hattrick Pertama Harry Kane di Bundesliga Tidak Diakui, Kok Bisa?Harry Kane mengeksekusi penalti (twitter.com/FCBayernEN)

Ada aturan menarik mengenai hattrick yang hanya berlaku di Bundesliga Jerman. Mereka mensyaratkan ketiga gol harus dicetak pada babak yang sama dalam pertandingan, berbeda dengan aturan internasional di mana tiga gol sudah cukup untuk diakui sebagai hattrick. Sayangnya, tiga gol Harry Kane ke gawang VfL Bochum tercipta pada menit ke-12, 54, dan 88, sehingga tidak memenuhi kriteria khusus Bundesliga.

Selain itu, hattrick di Bundesliga baru diakui jika seorang pemain mencetak tiga gol secara berturut-turut. Pada kasus Kane, gol keduanya baru tercipta setelah gol Matthijs de Ligt pada menit ke-29 dan Leroy Sane pada menit ke-38. Meski terlihat ketat, Bundesliga sebenarnya telah melonggarkan peraturan ini dalam beberapa tahun terakhir.

3. Meski gagal hattrick, Harry Kane memecahkan rekor yang bertahan selama 59 tahun di Bundesliga

Hattrick Pertama Harry Kane di Bundesliga Tidak Diakui, Kok Bisa?Harry Kane (twitter.com/FCBayern)

Harry Kane kini telah membubuhkan delapan gol di Bundesliga Jerman. Meski tiga golnya kala melawan VfL Bochum tidak diakui sebagai hatrrick, kapten Timnas Inggris ini mencatatkan prestasi istimewa sebagai pencetak gol terbanyak dengan 7 gol dalam 5 pertandingan pertamanya di Bundesliga. Bahkan, ia memecahkan rekor liga yang telah bertahan selama 59 tahun.

Prestasinya ini melampaui rekor sebelumnya yang dimiliki Gerd Muller (1965), Miroslav Klose (2007), dan Mario Mandzukic (2012). Masing-masing berhasil mencetak 5 gol dalam 5 pertandingan pertama pada awal musim Bundesliga. Ini menjadi bukti Kane telah menciptakan sejarah yang mengesankan di Bayern Munich.

Meski aturan hattrick di Bundesliga tidak memberikan pengakuan resmi atas prestasinya baru-baru ini, Harry Kane tetap diakui sebagai salah satu pemain fenomenal di kasta tertinggi Liga Jerman. Penampilan gemilangnya ini juga menjawab kebutuhan Bayern Munich akan sosok striker tajam.

Baca Juga: Tottenham Hotspur dan Harry Kane Sudah Saling Move On

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya