Maidstone United, Klub Nonliga yang Melaju ke Babak 16 Besar Piala FA

Mereka kini bermain di divisi enam Liga Inggris

Kejutan terjadi pada putaran keempat Piala FA 2023/2024. Klub kasta keenam Liga Inggris, Maidstone United, berhasil melaju ke babak selanjutnya setelah mengalahkan Ipswich Town yang kini bermain di Championship, kasta kedua Liga Inggris. Mereka berhasil mengalahkan Ipswich Town dengan skor 2-1.

Pencapaian ini menjadi tonggak sejarah di kancah domestik Liga Inggris. Pasalnya, Maidstone United menjadi klub nonliga pertama yang berhasil melangkah ke babak 16 besar Piala FA. Siapakah Maidstone United dan seperti apa kiprah mereka di sepak bola Inggris? Berikut profil Maidstone United yang harus kamu tahu!

1. Maidstone United sempat bangkrut pada 1992

Maidstone United, Klub Nonliga yang Melaju ke Babak 16 Besar Piala FAPara pemain dan penggemar Maidstone United saat merayakan gelar juara di turnamen regional. (maidstoneunited.co.uk)

Maidstone United merupakan klub Inggris yang berasal dari Maidstone yang terletak di Inggris Selatan, tepatnya 48 km dari London. Kota ini merupakan kota terbesar di County Kent yang juga berfungsi sebagai ibu kota. Ia dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki lahan pertanian yang subur hingga mendapat julukan sebagai The Garden of England.

Maidstone United didirikan pada 1897 dan sempat mengalami kebangkrutan setelah bermain di English Football League (EFL) pada 1989–1992. Klub kemudian mengalami restrukturisasi dengan nama Maidstone Invicta pada 1992 oleh sebuah kelompok olahraga dayung kota setempat. Mereka akhirnya kembali ke nama semula pada 1995. 

Sepanjang berdirinya, Maidstone United tidak memiliki stadion kandang resmi. Baru pada 2012, klub berjuluk The Stones ini mendirikan markas resmi yang dinamakan Gallagher Stadium. Stadion ini relatif kecil dengan kapasitas 4.200 penonton yang meliputi 792 kursi.

Baca Juga: 3 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Piala FA

2. Maidstone United hanya berkutat di divisi 5 dan 6 Liga Inggris

Maidstone United, Klub Nonliga yang Melaju ke Babak 16 Besar Piala FApotret skuad Maidstone United 2012/2013 (maidstoneunited.co.uk)

Setelah bangkit dari kebangkrutan, Maidstone United memulai perjalanan sepak bola mereka dari liga regional di County Kent. Pada 2002/2003, The Stones berhasil memenangi Kent League dan promosi ke Isthmian League Premier Division, liga regional yang meliputi wilayah London Raya. Setelah berkutat di kompetisi regional, The Stones kemudian naik level saat mereka promosi ke National League, kasta kelima Liga Inggris, pada 2015/2016 dan bertahan selama 3 musim. 

Maidstone United sendiri kini bermain di National League untuk wilayah Selatan, setara dengan kasta keenam dalam sistem sepak bola Inggris. Hingga pekan ke-29, The Stones kini bertengger di peringkat 4 dengan mengoleksi 47 poin. Mereka bertekad untuk masuk ke zona tiga besar agar promosi ke divisi lima pada 2023/2024.

3. Maidstone United jadi klub nonliga pertama yang melaju ke babak 16 besar Piala FA

Maidstone United, Klub Nonliga yang Melaju ke Babak 16 Besar Piala FAPemain Maidstone United saat merayakan gol kedua melawan Ipswich Town pada putaran keempat Piala FA 2023/2024. (twitter.com/maidstoneunited)

Maidstone United pertama kali mengikuti Piala FA pada 2002/2003. Selama mengikuti turnamen sepak bola tertua di dunia ini, mereka hanya mampu melaju ke putaran kedua. Piala FA 2023/2024 bisa dibilang menjadi prestasi terbaik mereka sepanjang mengikuti turnamen ini.

Nama Maidstone United mulai melambung kala berhasil menyingkirkan Stevenage FC pada putaran ketiga Piala FA. Stevenage FC merupakan klub yang saat ini bermain di English Football League (EFL) One, kasta ketiga Liga Inggris. The Stones berhasil mengalahkan mereka dengan skor tipis 1-0. 

Pada putaran keempat Piala FA, Maidstone United harus menghadapi tim kuat dari Championship, Ipswich Town. Bertandang ke markas The Tractor Boys di Portman Road Stadium, Maidstone United tentu tidak diunggulkan. Bagai bumi dan langit, kedua tim sendiri memiliki selisih 98 peringkat di liga.

Namun, secara mengejutkan, Maidstone United berhasil unggul terlebih dahulu melalui gol Lamar Reynolds pada menit ke-43. Ipswich Town baru berhasil menyamakan kedudukan melalui sepakan Jeremy Sarmiento pada menit ke-56. Meski mendominasi pertandingan, Ipswich Town harus kalah dengan skor 1-2 berkat gol penentu yang dicetak Sam Corne pada menit ke-66.

Pujian layak diberikan kepada Lucas Covolan, kiper Maidstone United, pada pertandingan tersebut. Dari 13 kali tembakan sesuai target, kiper asal Brasil ini berhasil melakukan 12 penyelamatan selama 90 menit pertandingan. Penampilan tangguhnya di bawah mistar gawang membuatnya mendapat penghargaan Man of the Match pada laga tersebut.

Pencapaian Maidstone United di Piala FA 2023/2024 terbilang luar biasa. Pada babak 16 besar nanti, The Stones sendiri mesti menghadapi pemenang antara Sheffield Wednesday atau Coventry City. Kira-kira, sejauh mana mereka mampu melangkah? Menarik untuk melihat kiprah mereka di Piala FA 2023/2024.

Baca Juga: 5 Tim Terakhir yang Mengalahkan Arsenal di Piala FA, Liverpool Terbaru

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya