2 Pemain Absen Akibat Akumulasi Kartu di Laga Ke-3 UCL 2023

Keduanya jadi pilar penting tim masing-masing

Liga Champions Eropa 2023/2024 telah memasuki matchday ketiga yang dijadwalkan pada 25–27 Oktober 2023. Pertandingan tim-tim besar akan terjadi di beberapa grup. Namun, beberapa pemain dipastikan absen karena akumulasi kartu yang mereka dapatkan.

Casemiro dari Manchester United dan Gavi dari Barcelona adalah dua pemain yang dipastikan absen di pertandingan mereka masing-masing. Absennya kedua pemain tersebut tentu akan menjadi kerugian besar bagi kedua tim. Casemiro merupakan pemain kunci di lini tengah Manchester United, sedangkan Gavi merupakan pemain penting di lini tengah Barcelona.

Lantas, seperti apa dampak absennya kedua pemain tersebut terhadap tim masing-masing?

1. Absennya Casemiro makin memperberat asa Manchester United lolos ke babak 16 besar

2 Pemain Absen Akibat Akumulasi Kartu di Laga Ke-3 UCL 2023Casemiro (twitter.com/ManUtd)

Manchester United harus menelan kekalahan kedua di Liga Champions Eropa kala menghadapi Galatasaray pada Rabu (4/10/2023). Setan Merah harus mengakui keunggulan 2-3 dari Galatasaray di Old Trafford setelah Mauro Icardi mencetak gol penentu pada menit ke-81. Bagai jatuh tertimpa tangga, mereka juga harus kehilangan Casemiro yang terkena kartu merah akibat tekelnya di kotak penalti kepada Dries Mertens.

Hal ini membuat pemain asal Brasil tersebut harus absen di pertandingan ketiga Liga Champions melawan FC Copenhagen pada Rabu (25/10/2023) dini hari nanti WIB. Manchester United kini terperosok di dasar klasemen Grup A Liga Champions setelah kekalahan beruntun melawan Bayern Munich dan Galatasaray. Dengan hasil tersebut, The Red Devils wajib menang di pertandingan ini untuk menjaga asa lolos ke babak 16 besar, terlebih ini merupakan laga kandang mereka.

Baca Juga: 4 Kekalahan Terbesar yang Pernah Dialami Casemiro, Dibantai Rival!

2. Gavi menambah deretan pemain Barcelona yang absen di Liga Champions

2 Pemain Absen Akibat Akumulasi Kartu di Laga Ke-3 UCL 2023Pablo Gavi (twitter.com/FCBarcelona)

Barcelona harus bermain tanpa Pablo Gavi dalam pertandingan Liga Champions Eropa melawan Shakhtar Donetsk pada Rabu (25/10/20243) tengah malam besok. Ini lantaran Gavi menerima skorsing selama satu pertandingan setelah menerima kartu kuning kedua saat laga menghadapi FC Porto pada Kamis (5/10/2023) WIB. Pemain asal Spanyol itu melakukan pelanggaran yang tidak perlu kepada pemain Porto, Wendell Borges, pada menit-menit akhir pertandingan.

Meski Barcelona berhasil meraih poin penuh di dua pertandingan terakhir mereka di Liga Champions, absennya Gavi justru membuat pusing Pelatih Xavi Hernandez. Ini karena dua gelandang andalan mereka, Frenkie de Jong dan Pedri, dipastikan tidak dapat turun di matchday ketiga. De Jong diketahui mengalami cedera engkel, sedangkan Pedri diragukan tampil karena alasan kebugaran.

3. Opsi pemain pengganti bagi kedua tim

2 Pemain Absen Akibat Akumulasi Kartu di Laga Ke-3 UCL 2023Xavi Hernandez (twitter.com/FCBarcelona)

Di pihak Manchester United, absennya Casemiro di laga melawan FC Copenhagen nanti tampaknya tidak terlalu mengkhawatirkan bagi Erik ten Hag. Pelatih asal Belanda itu memiliki banyak opsi gelandang yang bisa diduetkan dengan Sofyan Amrabat, seperti Christian Eriksen, Scott McTominay, dan Hannibal Mejbri. Ditambah, Kobbie Mainoo telah kembali bugar dan siap diturunkan kapan pun.

Berbanding terbalik Setan Merah, Xavi Hernandez tampaknya harus memutar otak untuk menggantikan posisi Gavi. Dilansir 90 Min, Xavi kemungkinan akan menurunkan Oriel Romeu dan Fermin Lopez untuk menemani Ilkay Guendogan di lini tengah. Namun, kedua pemain tersebut belum pernah diturunkan bersama Guendogan di pertandingan resmi. Oleh karena itu, Xavi Hernandez masih harus mematangkan taktik dan formasi yang akan diterapkannya.

Manchester United harus mencari pengganti yang tepat untuk Casemiro agar bisa meraih kemenangan pertama di Liga Champions Eropa. Sementara, Barcelona harus mencari solusi untuk menggantikan Gavi yang merupakan pemain kunci di lini tengah mereka. Lantas, apakah kedua tim mampu mengatasi tantangan ini dan meraih hasil positif pada matchday ketiga Liga Champions? Patut kita nantikan hasil pertandingan masing-masing kesebelasan.

Baca Juga: Gavi, Pemain Termuda dengan 100 Penampilan buat Barcelona

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya