8 Pemain Afrika dengan Harga Pasar Tertinggi pada 2023

Tiga pemain lebih dari Rp1 triliun

Tak dimungkiri bahwa Afrika telah melahirkan banyak pesepak bola hebat yang telah malang melintang di kancah sepak bola Eropa. Di antara banyaknya pemain berbakat dari Afrika yang menapaki karier mereka di Eropa, beberapa di antaranya telah berhasil mencuri perhatian dunia dengan prestasi gemilang mereka. Mereka tidak hanya memberikan kebanggaan bagi negara asal, tetapi juga menciptakan sejarah dalam dunia sepak bola.

Salah satu indikator yang mencerminkan besarnya pengaruh mereka adalah nilai pasar yang tinggi. Nilai pasar adalah harga yang diperkirakan akan dibayarkan oleh suatu klub untuk mendapatkan seorang pemain. Nilai pasar ditentukan oleh berbagai faktor, termasuk usia, performa, dan potensi pemain.

Berikut delapan pemain Afrika dengan harga pasar tertinggi pada 2023.

8. Serhou Guirassy memiliki harga pasar senilai 40 juta euro

8 Pemain Afrika dengan Harga Pasar Tertinggi pada 2023Serhou Guirassy (twitter.com/VfB)

Serhou Guirassy kini menjadi pemain fenomenal bersama VfB Stuttgart di Bundesliga Jerman 2023/2024. Pemain yang berposisi sebagai striker ini telah mencetak 16 gol dalam 13 laga yang ia jalani, bertengger di bawah Harry Kane yang kini memimpin daftar pencetak gol terbanyak Bundesliga. Dengan performa cemerlangnya tersebut, harga pasar pemain asal Guinea ini kini naik menjadi 40 juta euro (Rp671,3 miliar).

7. Mohammad Kudus memiliki harga pasar di angka 40 juta euro

8 Pemain Afrika dengan Harga Pasar Tertinggi pada 2023Mohammed Kudus (twitter.com/WestHam)

Mohammed Kudus diboyong West Ham United dari Ajax Amsterdam pada Agustus 2023 seharga 43 juta euro (Rp721,5 miliar). Meski menjadi rekrutan baru, Kudus telah berkontribusi dalam 11 gol dari 20 pertandingan yang dilakoninya bersama The Hammers di semua kompetisi. Gelandang serang asal Ghana ini saat ini memiliki nilai pasar di angka 40 juta euro (Rp671,3 miliar).

6. Frank Anguissa memiliki harga pasar sebesar 40 juta euro

8 Pemain Afrika dengan Harga Pasar Tertinggi pada 2023Frank Anguissa (legaseriea.it)

Bersama Victor Osimhen, Frank Anguissa juga menjadi salah satu pemain penting dalam kesuksesan Napoli meraih scudetto Serie A Italia pada 2022/2023. Ini dibuktikan dengan dirinya selalu turun sebagai starter di 36 laga dari 38 pekan di Serie A dan berhasil tampil konsisten. Pemain asal Kamerun ini kini memilki harga pasar sebesar 40 juta euro (Rp671,3 miliar).

5. Andre Onana memiliki harga pasar senilai 40 juta euro

8 Pemain Afrika dengan Harga Pasar Tertinggi pada 2023Andre Onana (instagram.com/AndreOnana.24)

Performa apik Andre Onana bersama Inter Milan membuatnya dibeli Manchester United pada musim panas 2023 seharga 50,2 juta euro (Rp842,7 miliar). Selama 1 musim membela Il Nerazzurri, pemain asal Kamerun ini membantu timnya meraih gelar juara Coppa Italia dan Supercopa Italiana pada 2022/2023. Meski belum menemukan performa terbaiknya bersama Setan Merah, Onana menjadi salah satu kiper dengan harga pasar tertinggi senilai 40 juta euro (Rp671,3 miliar).

Baca Juga: 5 Pemain Keturunan Afrika yang Memilih Bersaing Masuk Timnas Inggris

4. Edmond Tapsoba memiliki harga pasar sebesar 40 juta euro

8 Pemain Afrika dengan Harga Pasar Tertinggi pada 2023Edmond Tapsoba (bundesliga.com)

Penampilan gemilang Bayer Leverkusen pada 2023/2024 tak lepas dari performa ciamik pemain asal Burkina Faso, Edmond Tapsoba. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini berhasil menjadi tembok rapat pertahanan Die Werkself yang kini belum terkalahkan hingga pekan ke-14 Bundesliga Jerman. Mereka juga tidak terkalahkan di Liga Europa. Dengan performanya saat ini, ia memiliki harga pasar sebesar 40 juta euro (Rp671,7 miliar).

3. Achraf Hakimi memiliki harga pasar di angka 65 juta euro

8 Pemain Afrika dengan Harga Pasar Tertinggi pada 2023Achraf Hakimi (twitter.com/AchrafHakimi)

Achraf Hakimi merupakan pilar utama bagi Paris Saint-Germain (PSG) dan Timnas Maroko. Selain pencapaiannya bersama PSG, pemain jebolan Real Madrid Castilla ini juga sukses membawa Maroko melangkah hingga ke babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar. Dengan harga pasarnya yang kini di angka 65 juta euro (Rp1 triliun), ia diakui sebagai salah satu bek kanan terbaik di dunia saat ini.

2. Mohamed Salah memiliki harga pasar senilai 65 juta euro

8 Pemain Afrika dengan Harga Pasar Tertinggi pada 2023Mohamed Salah (liverpoolfc.com)

Prestasi Mohamed Salah bersama Liverpool sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Selain pencapaiannya bersama The Reds, kapten Timnas Mesir ini juga pernah meraih beberapa gelar individu, seperti Pemain Afrika Terbaik sebanyak 2 kali, top scorer English Premier League (EPL) 3 kali, FIFA Puskas Award 1 kali, dan masih banyak lagi. Meski usianya kini menginjak 31 tahun, ia masih masuk dalam jajaran pemain Afrika termahal dengan harga pasar 65 juta euro atau sekitar Rp1 triliun lebih. Bahkan, saat ia masih berusia 25 tahun, harga pasarnya pernah menyentuh angka 150 juta euro atau setara Rp2,5 triliun.

1. Victor Osimhen menjadi pemain Afrika termahal dengan harga pasar 120 juta euro

8 Pemain Afrika dengan Harga Pasar Tertinggi pada 2023Victor Osimhen (sscnapoli.it)

Nama Victor Osimhen mulai melejit setelah berhasil membawa Napoli menjuarai Serie A Italia 2022/2023 setelah 33 tahun lamanya. Selain prestasi dengan klubnya, pemain asal Nigeria ini juga berhasil menjadi top scorer dengan torehan 26 gol. Dengan pencapaiannya tersebut, harga pasarnya pun meroket dan kini menyentuh angka 120 juta atau setara Rp2 triliun. Itu menjadikannya salah satu pemain termahal di dunia saat ini.

Kehadiran pemain-pemain Afrika di Eropa telah memberikan dampak yang signifikan bagi sepak bola dunia. Mereka telah membuktikan bahwa pemain asal Benua Hitam ini mampu bersaing dengan pemain-pemain terbaik di dunia, bahkan mampu menjadi pemain kunci dalam kesuksesan tim mereka.

Baca Juga: 5 Pemain Top Swiss dengan Garis Keturunan Negara Afrika, Ada Akanji

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya