8 Pemain Asia dengan Harga Pasar Termahal Musim 2023/2034

Didominasi pemain asal Asia Timur

Seiring dengan perkembangan sepak bola di Asia, semakin banyak pemain Asia yang berkompetisi di Eropa. Hal ini tidak terlepas dari kualitas dan potensi yang dimiliki para pemain tersebut. Meski secara kualitas masih tertinggal dari para pemain dari Eropa, Amerika Selatan, dan Afrika, mereka berhasil menunjukkan bahwa mereka mampu bersaing dengan para pemain top dari berbagai benua.

Kini, para pemain Asia semakin dipercaya banyak pelatih untuk merumput di liga top Eropa. Selain dapat bersaing di sana, hal ini turut mendorong peningkatan harga pasar mereka. Siapa saja pemain Asia yang memiliki harga pasar termahal saat ini? Berikut daftarnya!

8. Mehdi Taremi memiliki harga pasar sebesar 18 juta euro

8 Pemain Asia dengan Harga Pasar Termahal Musim 2023/2034Mehdi Taremi (twitter.com/FCPorto)

Mehdi Taremi menjadi satu-satunya pemain yang bukan dari Asia Timur yang masuk ke dalam daftar ini. Pemain asal Iran ini kini bermain untuk FC Porto sejak 2020 dan menjadi pemain inti di klub tersebut sebagai striker. Mehdi Taremi saat ini memiliki harga pasar sebesar 18 juta euro (Rp302,6 miliar).

Baca Juga: FIFA: Indonesia Berpotensi Jadi Pusat Sepak Bola Asia dan Dunia

7. Lee Kang In memiliki harga pasar di angka 22 juta euro

8 Pemain Asia dengan Harga Pasar Termahal Musim 2023/2034Lee Kang In (psg.fr)

Lee Kang In menjadi salah satu fenomena di sepak bola Asia karena proses kepindahannya yang tak disangka-sangka ke Paris Saint-Germain (PSG). Pemain berusia 22 tahun ini dibeli dari RCD Mallorca dengan harga sepadan dengan nilai pasarnya di angka 22 juta euro (Rp369,9 miliar) pada musim panas 2023. Dilansir SPORTbible, kedatangannya ini sekaligus memecahkan rekor penjualan jersey PSG, rekor yang sebelumnya dimiliki oleh sang mega bintang, Kylian Mbappe.

6. Takehiro Tomiyasu memiliki harga pasar senilai 25 juta euro

8 Pemain Asia dengan Harga Pasar Termahal Musim 2023/2034Takehiro Tomiyasu (twitter.com/Arsenal)

Banyak pemain asal Asia yang bermain di Arsenal menemui kegagalan. Namun, tampaknya asumsi tersebut tak berlaku bagi Takehiro Tomiyasu. Diboyong Arsenal dari Bologna pada 2021, pemain serbabisa di lini pertahanan ini telah menjadi salah satu pilar penting di skuad The Gunners dan Timnas Jepang. Kini, ia memiliki harga pasar senilai 25 juta euro (Rp420,4 miliar).

5. Daichi Kamada memiliki harga pasar di angka 27 juta euro

8 Pemain Asia dengan Harga Pasar Termahal Musim 2023/2034Daichi Kamada (twitter.com/OfficialSSLazio)

Daichi Kamada merupakan rekrutan baru Lazio yang dibeli dari Eintracht Frankfurt pada bursa transfer musim panas 2023 lalu. Kepindahannya ke Liga Italia ini tak lepas dari penampilan impresifnya sebagai gelandang serang selama 4 musim bermain di Bundesliga Jerman. Dirinya kini memiliki harga pasar di angka 27 juta euro (Rp454,4 miliar)

Baca Juga: 5 Pelatih Paling Sering Memainkan Son Heung Min di Level Klub

4. Son Heung Min memiliki harga pasar sebesar 50 juta euro

8 Pemain Asia dengan Harga Pasar Termahal Musim 2023/2034Son Heung Min (twitter.com/SpursOfficial)

Kapten Tottenham Hotspur, Son Heung Min, bertengger di peringkat empat dengan harga pasar sebesar 50 juta euro (Rp841 miliar). Meski telah menginjak 31 tahun, ia masih diakui sebagai salah satu penyerang tajam dengan torehan 9 gol dan 2 assist hingga pekan ke-14  Premier League 2023/2024. Son sebelumnya pernah menjadi pemain Asia dengan harga pasar termahal saat usianya masih 28 tahun. Perlu diingat bahwa usia juga menjadi salah satu faktor penentu harga pasar seorang pemain.

3. Kaoru Mitoma memiliki harga pasar senilai 50 juta euro

8 Pemain Asia dengan Harga Pasar Termahal Musim 2023/2034Kaoru Mitoma (twitter.com/OfficialBHAFC)

Penyerang sayap andalan Brighton & Hove Albion, Kaoru Mitoma, kini diakui sebagai salah satu penyerang hebat di English Premier League (EPL) dengan kecepatan, teknik, dan kreativitas yang mumpuni. Pemain asal Jepang memiliki harga pasar senilai 50 juta euro (Rp841 miliar). Manchester City dikabarkan tertarik untuk mendatangkan pemain berusia 26 tahun ini ke Etihad Stadium.

2. Takefusa Kubo memiliki harga pasar di angka 50 juta euro

8 Pemain Asia dengan Harga Pasar Termahal Musim 2023/2034Takefusa Kubo (twitter.com/RealSociedadEN)

Takefusa Kubo merupakan salah satu pemain Asia yang berasal dari jebolan La Masia, akademi Barcelona. Ia telah malang melintang ke berbagai klub LaLiga Spanyol, seperti RCD Mallorca, Real Madrid, Villarreal, Getafe, hingga kini bermain untuk Real Sociedad. Pemain berusia 22 tahun ini sekarang memiliki harga pasar di angka 50 juta euro (Rp841 miliar).

1. Kim Min Jae memiliki harga pasar senilai 60 juta euro

8 Pemain Asia dengan Harga Pasar Termahal Musim 2023/2034Kim Min Jae (twitter.com/FCBayern)

Kim Min Jae mulai disorot sebagai salah satu bek tengah terbaik kala berhasil membawa Napoli menjuarai Serie A Italia musim 2022/2023. Penampilan ciamiknya mengundang Bayern untuk meminangnya pada Juli 2023 senilai 50 juta euro (Rp841,2 miliar). Kini, pemain asal Korea Selatan tersebut memiliki harga pasar senilai 60 juta euro atau setara Rp1 triliun. Fakta itu pun membuatnya menjadi salah satu bek dengan harga pasar termahal di dunia.

Kehadiran deretan pemain sepak bola Asia di liga top Eropa membuat para pemain Asia semakin diakui kemampuannya di dunia sepak bola. Dengan terus berkembangnya sepak bola Asia, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu hari nanti akan muncul pemain Asia yang mampu menjadi salah satu pemain terbaik di dunia.

Baca Juga: 5 Rekrutan Termahal Bayern Munich Sepanjang Masa, Ada Kim Min Jae

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya