10 Pemain Belanda yang Pernah Berseragam Tottenham Hotspur

Micky van de Ven tengah naik daun

English Premier League (EPL) menjadi salah satu liga sepak bola yang kompetitif. Ia memiliki magnet tersendiri bagi para pemain sepak bola di seluruh. Belanda, sebagai salah satu negara dengan tradisi sepak bola yang kuat, telah melahirkan talenta-talenta hebat yang pernah bermain untuk tim-tim EPL. Tottenham Hotspur menjadi salah satu klub yang banyak menggunakan jasa pesepak bola asal Negeri Kincir Angin tersebut.

Pada 2023/2024, Spurs memiliki salah satu pemain muda asal Belanda yang kini menjadi perbincangan hangat penggemar sepak bola. Pemuda itu bernama Micky van de Ven, bek tangguh yang baru-baru ini mencetak gol debutnya untuk The Lilywhites kala menghadapi Luton Town pada Sabtu (7/10/2023) lalu. Van de Ven sendiri menjadi pemain ke-10 asal Belanda yang pernah membela Tottenham.

1. Micky van de Ven baru-baru ini mencetak gol debut bagi Tottenham Hotspur

10 Pemain Belanda yang Pernah Berseragam Tottenham HotspurMicky van de Ven (twitter.com/SpursOfficial)

Micky van de Ven memulai karier sepak bolanya bersama WSV '30 Wormer sebelum bergabung dengan tim muda FC Volendam pada 2013. Pada Agustus 2021, Van de Ven melanjutkan karier profesionalnya ke Bundesliga Jerman bersama VfL Wolfsburg. Dia juga menjadi bagian di Belanda U-21 dan masuk skuad senior untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar.

Pemain bertahan asal Belanda ini bergabung dengan Tottenham Hotspur dari Wolfsburg pada Agustus 2023 dengan harga 34,5 juta pound sterling (659,1 miliar rupiah). Dirinya mulai menjadi sorotan sebagai tembok kokoh kala Spurs bermain imbang melawan Arsenal pada pekan keenam Premier League. Baru-baru ini, ia mencetak gol debutnya sekaligus kemenangan bagi Tottenham saat bertandang ke markas Luton Town pada pekan kedelapan kasta tertinggi Liga Inggris.

2. Rafael van der Vart jadi pemain Belanda tersukses di Tottenham Hotspur

10 Pemain Belanda yang Pernah Berseragam Tottenham HotspurRafael van der Vaart (uefa.com)

Rafael van der Vaart menghabiskan 2 musim di Tottenham Hotspur pada 2010—2012. Selama bermain untuk The Lilywhites, ia telah membuat 77 penampilan dan mencetak 28 gol di seluruh kompetisi. Meskipun masa baktinya di Tottenham tidak lama, dia menjadi salah satu pemain favorit bagi penggemar karena sering menjadi pemain kunci kala bertanding melawan rival sekota mereka, Arsenal.

Didatangkan dari Real Madrid, Van der Vaart kala itu memberikan dampak yang besar di Spurs. Pada debut pertamanya, ia langsung mencetak gol di kandang saat melawan Wolverhampton Wanderers, sekaligus dinobatkan sebagai pemain terbaik pada Oktober 2010. Pada Agustus 2012, mantan pemain internasional Belanda ini kembali ke Hamburger SV, klub yang pernah ia bela sebelum hijrah ke Real Madrid.

3. Meski sebentar, Edgar Davids mengantarkan Tottenham Hotspur ke kompetisi Eropa

10 Pemain Belanda yang Pernah Berseragam Tottenham HotspurEdgar Davids (twitter.com/SpursOfficial)

Pesepak bola yang ikonik dengan kacamatanya, Edgar Davids pernah merumput di White Hart Lane selama 1,5 musim. Pemain berdarah Belanda/Suriname ini direkrut dari Inter Milan dengan status bebas transfer pada Juli 2005. Selama membela Tottenham Hotspur, dirinya bermain di 44 pertandingan dan mencetak hanya 1 gol di semua kompetisi.

Meski tidak banyak berkontribusi selama berseragam Spurs, dirinya menjadi salah satu pemain yang mengantarkan klub memperoleh tiket ke Liga Europa setelah berhasil finis di posisi kelima English Premier League 2005/2006. Setelahnya, Davids kembali ke klub lamanya, Ajax Amsterdam, klub yang telah membesarkan namanya dengan raihan berbagai gelar liga maupun kompetisi Eropa.

4. Steven Bergwijn jadi pemain Belanda yang paling banyak tampil bagi Tottenham Hotspur

10 Pemain Belanda yang Pernah Berseragam Tottenham HotspurSteven Bergwijn (tottenhamhotspur.com)

Steven Bergwijn menandatangani kontrak dengan Tottenham Hotspur pada Januari 2020. Ia mengawali kariernya dengan cemerlang di klub dengan mencetak gol pada debutnya saat melawan Manchester City dan memenangi Man of the Match. Namun, ia mengalami cedera pergelangan kaki pada Maret 2020 yang membuatnya absen selama sisa musim 2019/2020. 

Musim 2021/2022 menjadi waktu yang sulit bagi Bergwijn dengan hanya mencetak 1 gol dari 35 penampilan. Meski tidak mencetak banyak gol, ia menjadi pemain Belanda yang mencatatkan penampilan terbanyak bersama Tottenham. Dirinya meninggalkan klub pada Juli 2022 dan bergabung dengan Ajax Amsterdam.

5. John Metgod jadi pemain Belanda pertama di Tottenham Hotspur

10 Pemain Belanda yang Pernah Berseragam Tottenham HotspurJohn Metgod saat sudah tua (nottinghamforest.co.uk)

John Metgod adalah seorang gelandang internasional Belanda yang bermain untuk Tottenham Hotspur pada 1987—1988. Dirinya adalah pemain asal Belanda yang pertama kali membela Spurs. Ia termasuk pemain serbaguna yang dapat bermain di berbagai posisi, tetapi lebih sering bermain di lini tengah.

Metgod direkrut manajer Tottenham saat itu, David Pleat, pada musim panas 1987. Sebelumnya, ia pernah bermain untuk Real Madrid selama 2 tahun dan Nottingham Forest selama 3 tahun. Metgod meninggalkan Tottenham pada akhir musim 1987/1988 dan melanjutkan kariernya bersama Feyenoord Rotterdam, di mana ia memenangi gelar juara Eredivisie pada 1993.

Baca Juga: 5 Pemain Hebat yang Pernah Berseragam Liverpool dan Tottenham Hotspur

6. Sempat jadi top skor Eredivisie, Vincent Janssen malah melempem di Tottenham Hotspur

10 Pemain Belanda yang Pernah Berseragam Tottenham HotspurVincent Janssen (twitter.com/SpursOfficial)

Vincent Janssen sempat menjadi pemain muda yang diincar banyak klub Eropa pada 2015/2016. Pada musim pertamanya bersama AZ Alkmaar, dirinya menjadi top skor Eredivisie Belanda dengan mencetak 27 gol dari 36 pertandingan. Pencapaiannya ini sekaligus memecahkan rekor Ronaldo Nazario sebagai top skor kasta tertinggi Liga Belanda pada 1994/1995 bersama PSV Eindhoven.

Ia langsung didatangkan pada Juli 2017 oleh Tottenham Hotspur dengan banderol 17 juta pound sterling (324 miliar rupiah) sebagai saingan Harry Kane di lini depan. Sayangnya, ia menjadi pembelian gagal Spurs setelah hanya mencetak 2 gol dari 27 pertandingan yang dijalaninya selama 2017/2018. Musim selanjutnya, ia menghabiskan waktu sebagai pemain pinjaman di Fenerbahce hingga akhirnya dijual ke klub asal Meksiko, CF Monterrey, pada Juli 2019.

7. Michel Vorm jadi pengganti Hugo Lloris yang mengalami cedera

10 Pemain Belanda yang Pernah Berseragam Tottenham HotspurMichel Vorm (twitter.com/SpursOfficial)

Michel Vorm bergabung dengan Tottenham Hotspur pada Juli 2014 dengan kontrak 4 tahun setelah didataingkan dari Swansea City. Dia melakukan debutnya di Piala Liga pada September 2014. Sementara, penampilan pertamanya di Premier League terjadi pada Maret 2015 setelah menggantikan Hugo Lloris yang mengalami cedera.

Kontrak Vorm diperpanjang pada 2018, tetapi posisinya sebagai penjaga gawang nomor dua diganti Paulo Gazzaniga pada 2018/2019. Ia sempat dilepas Tottenham pada akhir musim, tetapi kembali menandatangani kontrak hingga akhir musim 2019/2020 untuk menggantikan Lloris yang mengalami dislokasi siku. Dirinya membuat penampilan terakhirnya untuk klub di Piala FA pada Maret 2020.

8. Arnaut Danjuma cuma mencetak dua gol saat bermain untuk Tottenham Hotspur

10 Pemain Belanda yang Pernah Berseragam Tottenham HotspurArnaut Danjuma (twitter.com/SpursOfficial)

Arnaut Danjuma didatangkan Tottenham Hotspur dengan status pinjaman dari Villarreal CF pada Januari 2023. Sebelum bermain di Villarreal, ia memiliki pengalaman bermain di Inggris dengan menghabiskan 2 musim bersama AFC Bournemouth pada 2019—2021. Dirinya direkrut Spurs karena gaya bermainnya yang eksplosif yang dapat bermain di sisi kiri, tengah, dan kanan lini depan.

Sayangnya, peminjamannya hanya berjalan hingga akhir musim 2022/2023. Danjuma bermain dalam 12 pertandingan dan mencetak 2 gol. Setelah masa peminjamannya selesai, ia dipinjamkan kembali ke Everton pada 2023/2024.

9. Willem Korsten pensiun dini pada usia 26 tahun

10 Pemain Belanda yang Pernah Berseragam Tottenham HotspurWillem Korsten (putih) berduel dengan Ryan Giggs (merah). (twitter.com/SpursOfficial)

Willem Korsten didatangkan Tottenham Hotspur dari Vitesse Arnhem pada Juli 1999. Sebelum bermain bagi Spurs, ia pernah bermain di Premier League bersama Leeds United pada paruh kedua musim 1998/1999 sebagai pemain pinjaman. Namun, kariernya tidak cemerlang. Begitu pun selama membela The Lilywhites.

Pada musim pertamanya, Korsten hanya tampil sembilan kali untuk Tottenham Hotspur di Premier League akibat cedera. Di laga terakhirnya bersama Tottenham, ia mencetak dua gol dalam kemenangan 3-1 atas Manchester United di White Hart Lane, markas Tottenham kala itu. Ia memutuskan pensiun dini pada umur 26 tahun karena mengalami cedera pinggul yang tak kunjung membaik.

10. Hans Segers jadi debutan tertua di Tottenham Hotspur

10 Pemain Belanda yang Pernah Berseragam Tottenham HotspurHans Segers saat sudah tua (adodenhaag.nl)

Dari sekian banyak pemain Belanda yang bermain untuk Tottenham Hotspur, nama Hans Segers mungkin sangat asing bagi penggemar. Setelah malang melintang ke klub-klub Inggris, ia mengakhiri karier sepak bolanya di Tottenham setelah didatangkan dari Wolverhampton Wanderers dengan status bebas transfer. Selama bersama Spurs, dirinya hanya bermain sekali kala melawan Southampton pada September 1998, sekaligus menjadi debutan tertua klub hingga saat ini.

Setelah pensiun pada 2001, dirinya melanjutkan karier kepelatihan sebagai pelatih kiper akademi di Tottenham. Selain itu, Segers dikontrak untuk melanjutkan pembinaan para kiper senior klub. Ia juga sempat melatih Paul Robinson, salah satu kiper legendaris Spurs dan Timnas Inggris.

Tottenham Hotspur telah menjadi rumah bagi banyak pemain Belanda selama bertahun-tahun. Dari John Metgod yang menjadi pemain Belanda pertama yang membela klub hingga Micky van de Ven yang baru-baru ini mencetak gol debutnya.

Baca Juga: 3 Pemain asal Afrika yang Bermain untuk Tottenham pada 2023

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya