6 Pemain Terakhir yang Pernah Berseragam Juventus dan Inter Milan

Juan Cuadrado jadi pemain terbaru

Serie A Liga Italia musim 2023/2024 siap menyambut giornata ke-13. Pada lanjutan Serie A pekan ini, akan ada pertandingan yang mempertemukan dua klub raksasa Italia antara Juventus dan Inter Milan pada Senin (27/11/2023) dini hari WIB. Pertemuan kedua tim diperkirakan akan berlangsung seru mengingat kini mereka memperebutkan puncak klasemen sementara Serie A.

Juventus dan Inter Milan sendiri bisa dibilang cukup sering bertukar pemain. Bahkan, beberapa dari mereka mampu berprestasi di kedua klub yang pernah mereka bela. Berikut enam pemain terakhir yang pernah berseragam Juventus dan Inter Milan.

1. Zlatan Ibrahimovic jadi bomber tajam di Juventus dan Inter Milan

6 Pemain Terakhir yang Pernah Berseragam Juventus dan Inter MilanZlatan Ibrahimovic (inter.it)

Zlatan Ibrahimovic kala itu menjadi salah satu pemain muda fenomenal di Eropa hingga dibeli Juventus pada 2004. Dirinya menjelma striker tajam dengan membubuhkan 26 gol dan 17 assist dalam 91 laga bersama La Vecchia Signora. Ia menjadi salah satu pemain yang pergi dari Juventus setelah terjerat Calciopoli pada 2006 hingga membuat klub dihukum turun kasta ke Serie B Italia.

Menyusul kasus tersebut, Ibrahimovic kemudian pindah ke Inter Milan pada 2006. Dirinya semakin tajam bersama Il Nerazzurri dengan meraih tiga gelar juara Serie A Italia secara beruntun dalam tiga tahun masa baktinya di klub. Ia kemudian pergi ke Barcelona pada 2009 yang pada musim tersebut Inter Milan justru meraih treble winner.

2. Lucio langsung moncer pada musim pertamanya bersama Inter Milan

6 Pemain Terakhir yang Pernah Berseragam Juventus dan Inter MilanLucio (inter.it)

Setelah bermain selama lima musim bersama Bayern Munich, Lucio menapaki kariernya ke Serie A Italia bersama Inter Milan pada 2009. Pengalamannya di Bundesliga Jerman membuatnya langsung memperoleh kepercayaan sebagai bek tengah di bawah asuhan Jose Mourinho. Pada musim pertamanya bersama Il Nerazzurri, ia langsung meraih treble winner dengan menjuarai Serie A Italia, Coppa Italia, dan Liga Champions Eropa pada 2009/2010.

Peraih gelar juara Piala Dunia 2002 bersama Brasil ini lalu berlabuh ke Juventus pada 2012. Sayangnya, Lucio harus tersingkirkan dari skuad karena mengalami cedera dan tergantikan oleh dominasi trio bek Il Bianconeri, yaitu Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, dan Andrea Barzagli. Karena kurangnya menit bermain, ia meninggalkan Juventus pada Desember 2012 setelah kontraknya diputus atas kesepakatan bersama.

3. Hernanes dicap pengkhianat kala berlabuh dari Inter Milan ke Juventus

6 Pemain Terakhir yang Pernah Berseragam Juventus dan Inter MilanHernanes (twitter.com/ChampionsLeague)

Hernanes direkrut Inter Milan pada Januari 2014 setelah penampilan gemilangnya bersama Lazio. Pemain asal Brasil ini bermain di bawah asuhan Andrea Stramaccioni sebagai gelandang tengah dan serang. Selama dua musim membela Inter Milan, Hernanes bermain cukup produktif dengan membukukan 7 gol dan 10 assist dari 50 penampilannya bersama La Beneamata.

Pada musim panas 2015, Hernanes mengejutkan publik dengan bergabung dengan Juventus dengan banderol 11 juta euro (Rp185,6 miliar). Kepindahan Hernanes ke klub asal kota Turin ini cukup kontroversial karena ia dianggap hanya mengejar uang dan dicap pengkhianat oleh fans Inter Milan. Namun, kariernya sepak bolanya malah mengalami penurunan hingga akhirnya hengkang klub Liga Super China, Hebei FC, pada Februari 2017.

Baca Juga: Sambut Juventus, Tim dengan Gaji Tertinggi di Serie A

4. Kwadwo Asamoah jadi pemain Afrika dengan penampilan terbanyak di Serie A Italia

6 Pemain Terakhir yang Pernah Berseragam Juventus dan Inter MilanKwadwo Asamoah (twitter.com/juventusfcen)

Pemain asal Ghana, Kwadwo Asamoah, bergabung dengan Juventus pada 2012 dari Udinese. Ia merupakan pemain serbaguna yang dapat bermain di berbagai posisi sehingga Pelatih Antonio Conte cukup sering memainkannya. Namun, performanya menurun pada musim 2017/2018 dan kontraknya tidak diperpanjang klub.

Asamoah lalu melanjutkan kariernya ke Inter Milan pada Juli 2018 dengan status bebas transfer dari Juventus. Namun, secara mengejutkan, ia memutus kontrak dengan Inter pada Oktober 2020 karena cedera panjang yang dialaminya. Asamoah akhirnya pensiun pada 2022 dan menjadi pemain asal Afrika dengan penampilan terbanyak di Serie A Italia.

5. Leonardo Bonucci menjelma bek tangguh di Juventus

6 Pemain Terakhir yang Pernah Berseragam Juventus dan Inter MilanLeonardo Bonucci (twitter.com/juventusfcen)

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Leonardo Bonucci pernah bermain untuk Inter Milan. Dirinya memulai karier profesionalnya bersama La Beneamata pada 2006 dan hanya bermain satu kali di Serie A Italia saat menghadapi Cagliari pada pekan terakhir musim 2005/2006. Setelah melanglang buana ke berbagai klub di Italia, dirinya berlabuh ke Juventus pada 2010.

Bersama Il Bianconeri, Bonucci menjelma trio bek tengah tangguh bersama Giorgio Chiellini dan Andrea Barzagli. Trio ini membantu Juventus meraih 8 gelar juara Serie A secara berturut-turut, 4 gelar juara Coppa Italia, dan 5 gelar juara Supercoppa Italiana. Bonucci sempat mengejutkan publik dengan bergabung dengan AC Milan pada Juli 2017. Setelah menghabiskan satu musim bersama Milan, ia kemudian kembali ke Juventus.

6. Juan Cuadrado jadi pemain terbaru yang pernah berseragam Juventus dan Inter Milan

6 Pemain Terakhir yang Pernah Berseragam Juventus dan Inter MilanJuan Cuadrado saat berseragam Juventus. (twitter.com/juventusfcen)

Juan Cuadrado menjadi pemain terbaru yang pernah membela Juventus dan Inter Milan. Dirinya menjadi salah satu pemain kepercayaan Pelatih Massimiliano Allegri yang ditempatkan di berbagai posisi, seperti bek sayap, gelandang sayap, dan penyerang sayap. Pemain asal Kolombia tersebut bergabung dengan Juventus pada musim 2015/2016 dan berhasil menjuarai 5 gelar Serie A Italia, 4 gelar Coppa Italia, dan 2 gelar Supercoppa Italiana.

Pada Juli 2023, Cuadrado meninggalkan Juventus dengan status bebas transfer dan bergabung dengan Inter Milan. Bersama Il Nerazzurri, dirinya baru melakoni empat laga di semua kompetisi. Ia dipastikan tidak diturunkan pada laga besar nanti melawan mantan klubnya karena mengalami cedera.

Para pemain tersebut memiliki karier yang berbeda-beda di kedua klub. Ada yang sukses meraih gelar juara, ada yang mengalami penurunan performa, dan ada juga yang kontroversial. Namun, mereka semua memiliki satu kesamaan, yaitu pernah menjadi bagian dari sejarah kedua klub besar Italia tersebut.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 7 Inter Milan sebelum Juan Cuadrado

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya