10 Pemain Bola yang Memutuskan Pensiun pada 2023

Meninggalkan kesan yang mendalam

Dunia sepak bola dikejutkan dengan pensiunnya salah satu kiper terbaik dunia, Gianluigi Buffon. Kiper berumur 45 tahun ini mengakhiri kariernya bersama klub pertama dan terakhirnya, AC Parma. Selama kariernya, ia telah meraih banyak pencapaian secara tim maupun individu. Salah satu yang paling diingat adalah ketika Buffon berhasil membawa Timnas Italia juara Piala Dunia 2006.

Selain Buffon, ada beberapa pemain top yang memutuskan gantung sepatu dari dunia sepak bola pada 2023 ini. Mereka telah meninggalkan jejak yang tak terlupakan bagi fans di seluruh dunia. Siapa saja pemain bola yang memutuskan pensiun pada 2023?

1. Mesut Oezil pensiun setelah membela klub Turki

10 Pemain Bola yang Memutuskan Pensiun pada 2023Mesut Oezil (twitter.com/M10)

Gelandang genius asal Jerman ini telah memukau para penggemar di seluruh dunia dengan kemampuannya dalam menciptakan serangan. Meskipun hanya memenangi satu gelar juara liga selama kariernya, kontribusi Mesut Oezil di klub maupun Timnas Jerman sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Setelah bermain di Fenerbahce dan Istanbul Basaksehir, gelandang ikonis ini secara resmi mengumumkan pensiun pada Maret 2023 lalu karena masalah kebugaran.

2. Gareth Bale gantung sepatu pada awal 2023

10 Pemain Bola yang Memutuskan Pensiun pada 2023Gareth Bale (twitter.com/GarethBale11)

Pemain sayap dan penyerang asal Wales, Gareth Bale, merupakan pemain yang sangat diperhitungkan selama masa suburnya di Real Madrid. Ia memutuskan pensiun pada Januari 2023 setelah Piala Dunia 2022 Qatar. Bale mengungkapkan rasa terima kasihnya atas momen-momen tak terlupakan selama berkarier sebagai pemain sepak bola. Meski ada upaya untuk menariknya kembali ke lapangan, ia tampaknya hanya ingin menikmati golf di bawah sinar matahari California daripada bermain sepak bola.

3. Zlatan Ibrahimovic pensiun di AC Milan

10 Pemain Bola yang Memutuskan Pensiun pada 2023Zlatan Ibrahimovic (twitter.com/Ibra_official)

Zlatan Ibrahimovic pensiun pada usia 41 tahun dan mengakhiri kariernya yang gemilang selama 24 tahun. Dirinya membuat pengumuman setelah pertandingan terakhir AC Milan musim ini di hadapan tifosi di San Siro. Dengan 561 gol untuk klub dan negaranya, ia pensiun sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Swedia. Setelah bermain untuk klub-klub papan atas seperti Juventus, Barcelona, dan Manchester United, Ibrahimovic memberikan dampak yang signifikan ke mana pun ia pergi, meninggalkan warisan yang luar biasa di dunia sepak bola.

4. Cesc Fabregas pensiun dan menjadi pelatih

10 Pemain Bola yang Memutuskan Pensiun pada 2023Cesc Fabregas (twitter.com/cesc4official)

Cesc Fabregas memutuskan pensiun pada usia 36 tahun. Gelandang asal Spanyol ini memiliki karier yang sukses dengan memenangi banyak gelar juara bersama klub-klub top Eropa dan Timnas Spanyol. Fabregas menghabiskan musim terakhirnya bersama tim asal Italia, Como, dan akan memulai peran sebagai pelatih di tim tersebut. Dalam sebuah pernyataan yang menyentuh hati, ia mengungkapkan rasa terima kasih atas perjalanan sepak bolanya selama 20 tahun dan kegembiraannya atas petualangan barunya di dunia kepelatihan.

Baca Juga: Melihat Perjalanan Karier David Silva, Layak Disebut Legenda!

5. David Silva pensiun karena cedera

10 Pemain Bola yang Memutuskan Pensiun pada 2023David Silva (twitter.com/premierleague)

David Silva memutuskan pensiun setelah menjalani kariernya selama 24 tahun pada Juli 2023. Dikenal dengan sentuhan dan kemampuan mengumpan yang luar biasa, Silva bermain untuk klub-klub papan atas, seperti Valencia dan Manchester City. Dia telah memenangi banyak gelar, termasuk Piala Dunia dan Piala Eropa bersama Spanyol. Sikap rendah hati dan bakatnya yang luar biasa menjadikannya sosok yang dicintai fans dan rekan-rekan setimnya. Meskipun kehebatannya bisa dibilang terlambat diakui di Spanyol, ia tetaplah salah satu gelandang hebat yang pernah ada.

6. Joaquin Sanchez mengakhiri karier dengan status legenda Real Betis

10 Pemain Bola yang Memutuskan Pensiun pada 2023Joaquin Sanchez (https://twitter.com/joaquinarte)

Legenda Real Betis, Joaquin Sanchez, telah mengumumkan pensiun pada akhir musim lalu, menandai berakhirnya sebuah era dalam sepak bola Spanyol. Pemain sayap berusia 41 tahun ini memiliki karier yang luar biasa dengan 839 penampilan bersama klub dan memiliki 51 caps untuk Spanyol. Ia memegang rekor penampilan terbanyak di Real Betis dan hampir mendekati rekor penampilan terbanyak di LaLiga Spanyol. Joaquin merupakan sosok yang dicintai di dunia sepak bola dan kepergiannya akan sangat dirasakan fans di Liga Spanyol.

7. Emmanuel Adebayor, ikon sepak bola Togo, juga gantung sepatu

10 Pemain Bola yang Memutuskan Pensiun pada 2023Emmanuel Adebayor (twitter.com/E_Adebayor)

Mantan striker Premier League, Emmanuel Adebayor, telah mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia sepak bola pada usia 39 tahun Maret 2023 lalu. Ia menjalani karier selama 22 tahun dan bermain di berbagai negara, termasuk Prancis, Inggris, Spanyol, Turki, Paraguay, dan Togo. Dia telah mencetak 97 gol dalam 241 penampilan di Premier League untuk klub-klub seperti Arsenal, Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Crystal Palace. Momen paling diingat adalah ketika ia melakukan selebrasi kontroversial saat melawan Arsenal pada 2009.

8. Fernando Llorente pensiun pada Mei 2023

10 Pemain Bola yang Memutuskan Pensiun pada 2023Fernando Llorente (twitter.com/llorentefer19)

Mantan penyerang Spanyol, Fernando Llorente, telah mengumumkan pensiun pada Mei lalu dalam usia 37 tahun. Selama kariernya, Llorente memenangi Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 bersama Timnas Spanyol. Ia bermain untuk klub-klub seperti Athletic Bilbao, Sevilla, Juventus, Tottenham Hotspur, dan Napoli. Ia memenangi sejumlah gelar dan penghargaan. Llorente mengkonfirmasi dirinya tidak akan kembali ke lapangan dan saat ini menjaga kebugarannya dengan bermain padel.

9. Bojan Krkic pensiun muda

10 Pemain Bola yang Memutuskan Pensiun pada 2023Bojak Krkic (twitter.com/BoKrkic)

Bojan Krkic juga memutuskan pensiun pada usia 32 tahun pada Maret lalu. Terakhir kali ia bermain untuk Vissel Kobe, tetapi meninggalkan klub tersebut pada Januari lalu dan tidak memiliki tim sejak saat itu. Bojan pensiun karena cedera dan masalah kecemasan. Semua itu mengakhiri kariernya secara dini. Meski begitu, ia merasa puas dengan pencapaiannya dan siap untuk menghadapi kehidupan baru. Selama kariernya, Bojan telah tampil lebih dari 400 kali untuk sembilan klub, termasuk Barcelona, AC Milan, dan Ajax Amsterdam.

Ketika para legenda sepak bola ini meninggalkan lapangan, mereka mewariskan pencapaian dan kenangan bagi fans selama beberapa generasi. Kontribusi mereka pada sepak bola akan terus menginspirasi talenta muda untuk mengejar impian mereka dan membuat jejak di dunia sepak bola.

Baca Juga: Jejak Karier Gemilang Gianluigi Buffon, Penuh Prestasi

Widyo Andana Pradiptha Photo Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya