7 Pemain Termuda di Piala Asia 2023, Ada Marselino dan Hokky Caraka!

2 pemain sudah cetak gol di Piala Asia 2023

Regenerasi pemain menjadi salah satu elemen penting dalam sepak bola. Hal ini dilakukan agar tradisi sepak bola sebuah tim dapat terus berlanjut dan mengalami perkembangan. Salah satu caranya adalah melibatkan pemain muda untuk merasakan atmosfer persaingan di level profesional.

Dalam konteks Piala Asia 2023, sorotan tidak hanya tertuju pada para pemain senior yang ingin membuktikan kualitasnya. Menyimak performa pemain muda di turnamen antarnegara di Asia ini juga tak kalah menarik. Keberadaan para pemain muda ini tidak sekadar mencicipi turnamen internasional, tetapi juga sebagai potensi baru yang bisa mengubah dinamika permainan dan membawa angin segar dalam dunia sepak bola di negara mereka. Berikut tujuh pemain termuda di Piala Asia 2023.

7. Nguyen Dinh Bac, pemain Vietnam berusia 19 tahun, 5 bulan, dan 24 hari

7 Pemain Termuda di Piala Asia 2023, Ada Marselino dan Hokky Caraka!potret Nguyen Dinh Bac (vff.org)

Nguyen Dinh Bac merupakan penyerang asal Vietnam yang mentas di Piala Asia 2023. Pemain berusia 19 tahun, 5 bulan, dan 24 hari ini berhasil menceploskan gol saat melawan Jepang pada laga pertama di Grup D meski negaranya harus kalah dengsn skor 2-4. Berdasarkan data Sofascore, dirinya mendapat poin 7,3 yang menjadikannya sebagai salah satu pemain terbaik dalam laga tersebut.

6. Hokky Caraka, pemain Indonesia berusia 19 tahun, 4 bulan, dan 22 hari

7 Pemain Termuda di Piala Asia 2023, Ada Marselino dan Hokky Caraka!potret Hokky Caraka (instagram.com/hokkycaraka_)

Hokky Caraka merupakan pemain muda PSS Sleman yang dibawa ke dalam skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Pemain asal Tegal ini melakoni debut di level senior saat menghadapi Brunei Darussalam pada Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Oktober 2023. Dia menjadi salah satu pemain termuda di Piala Asia 2023 pada usia 19 tahun, 4 bulan, dan 22 hari.

5. Marselino Ferdinan, pemain Indonesia berusia 19 tahun, 4 bulan, dan 3 hari

7 Pemain Termuda di Piala Asia 2023, Ada Marselino dan Hokky Caraka!potret Marselino Ferdinan (instagram.com/marselinoferdinan10)

Tak banyak yang tahu bahwa Marselino Ferdinan ternyata lebih muda dari Hokky Caraka meski hanya selisih beberapa hari. Pemain yang kini merumput di Belgia bersama KMSK Deinze menjadi pemain termuda kelima di Piala Asia 2023 pada usia 19 tahun, 4 bulan, dan 3 hari. Marselino sendiri telah mencetak satu gol di turnamen ini saat Indonesia menghadapi Irak pada laga pertama Piala Asia 2023 walaupun kalah dengan skor 1-3.

Baca Juga: Marselino Sejajarkan Diri dengan Son Heung Min di Piala Asia

4. Kim Ji Soo, pemain Korea Selatan berusia 19 tahun dan 19 hari

Kim Ji Soo merupakan pemain akademi Brentford yang tengah membela Timnas Korea Selatan di Piala Asia 2023. Bakat Kim terendus Brentford ketika dirinya bermain di Piala Dunia U-20 2023 hingga mengantarkan negaranya mencapai babak semifinal. Dia sendiri berusia 19 tahun 19 hari dan belum melakoni debut bersama timnas senior. Piala Asia 2023 menjadi salah satu kesempatan baginya untuk turun di laga perdananya.

3. Maxim Sarraf, pemain Suriah berusia 18 tahun, 9 bulan, dan 28 hari

7 Pemain Termuda di Piala Asia 2023, Ada Marselino dan Hokky Caraka!potret Maxim Sarraf (instagram.com/max_sarraf_1)

Maxim Sarraf merupakan pemain berdarah Rusia yang kini membela Suriah. Piala Asia 2023 menjadi turnamen pertamanya bersama Suriah dan menjadikannya pemain ketiga termuda pada usia 18 tahun, 9 bulan, dan 28 hari. Di level klub, dirinya saat ini bermain untuk reserve team CSKA Moscow.

2. Montader Madjed, pemain Irak berusia 18 tahun, 9 bulan, dan 28 hari

7 Pemain Termuda di Piala Asia 2023, Ada Marselino dan Hokky Caraka!potret Montader Madjed (instagram.com/montader_madjed)

Montader Madjed merupakan pemain naturalisasi Irak dari Swedia yang dibawa ke Piala Asia 2023. Pemain berusia 18 tahun, 9 bulan, dan 28 hari ini melakoni laga perdananya bersama Timnas Irak dalam pertandingan persahabatan melawan Korea Selatan pada Sabtu (6/1/2023) lalu waktu sempat. Madjed kini merumput di kasta tertinggi Liga Swedia bersama Hammarby IF, klub yang dimiliki oleh Zlatan Ibrahimovic.

1. Beknaz Almazbekov jadi pemain termuda di Piala Asia 2023 berusia 18 tahun, 6 bulan, dan 20 hari

7 Pemain Termuda di Piala Asia 2023, Ada Marselino dan Hokky Caraka!potret Beknaz Almazbekov (instagram.com/almazbekov_beknaz_11)

Pemain asal Kirgistan, Beknaz Almazbekov, menjadi pemain termuda di Piala Asia 2023 pada usia 18 tahun, 6 bulan, dan 20 hari. Dia merupakan pemain akademi Galatasaray sejak 2020. Namun, proses bergabungnya dia ke Galatasaray sempat mengalami kendala dari UEFA lantaran mereka meragukan fisiknya yang dinilai tidak sesuai dengan orang seusianya. Sayangnya, Kirgistan kemungkinan besar tidak lolos ke fase knockout setelah menelan dua kali kekalahan menghadapi Thailand dan Arab Saudi di Grup F.

Dari 7 pemain termuda di Piala Asia 2023, dua di antaranya telah berhasil mencetak gol, yaitu Nguyen Dinh Bac dan Marselino Ferdinan. Kehadiran para pemain muda di Piala Asia 2023 menjadi angin segar bagi sepak bola Asia. Mari kita lihat sejauh mana kiprah mereka di Piala Asia 2023!

Baca Juga: 5 Tim Piala Asia 2023 dengan Pemain Naturalisasi Terbanyak

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya