5 Pencetak Brace Termuda di LaLiga, Lamine Yamal Terbaru!

Didominasi pemain muda Barcelona

Intinya Sih...

  • Lamine Yamal mencetak brace termuda sepanjang sejarah LaLiga Spanyol pada usia 16 tahun 213 hari
  • Rekor sebelumnya dipegang oleh Ansu Fati yang mencetak brace pada usia 17 tahun 94 hari
  • Pada laga tersebut, Yamal berhasil mencetak dua gol, menyelamatkan Barcelona dari kekalahan melawan Granada

Barcelona menuai hasil kurang memuaskan saat menjamu Granada pada jornada ke-24 LaLiga Spanyol 2023/2024. Blaugrana harus puas bermain imbang 3-3 setelah sempat dua kali tertinggal melalui gol Facundo Pellistri dan Ignasi Miquel. Lamine Yamal menjadi penyelamat tim di hadapan pendukung mereka setelah mencetak gol penyeimbang pada menit ke-80.

Pada laga tersebut, Yamal berhasil mencetak 2 gol, sedangkan 1 gol lainnya dilesakkan Robert Lewandowski pada menit ke-63. Meskipun bermain imbang, pemain berusia 16 tahun itu berhasil mencatatkan rekor sebagai pencetak brace termuda di kasta tertinggi Liga Spanyol. Kira-kira, siapa sajakah pencetak brace termuda dalam sejarah LaLiga Spanyol?

5. Raul Gonzalez memecahkan rekor yang sudah bertahan selama 61 tahun

5 Pencetak Brace Termuda di LaLiga, Lamine Yamal Terbaru!potret Raul Gonzalez (facebook.com/LaLiga)

Legenda Real Madrid, Raul Gonzalez, sempat menjadi pencetak brace termuda pada 1994/1995. Dia menciptakan dua gol pertamanya bersama Los Blancos kala menghadapi Celta Vigo pada pekan ke-18 LaLiga Spanyol. Dwigol yang dilesakkannya sekaligus mengantarkan timnya memenangi laga dengan skor meyakinkan 4-0.

Raul bermain selama 70 menit waktu normal sebelum digantikan Rafa Martin Vazquez. Ia menciptakan rekor tersebut saat berusia 17 tahun 209 hari. Pencapaiannya kala itu sekaligus memecahkan rekor milik Pablo Pombo dari Racing Santander yang tercipta 61 tahun yang lalu pada 1934.

4. Bojan Krkic tampil gemilang dengan sumbangan 2 gol dan 2 assist saat usianya 17 tahun

5 Pencetak Brace Termuda di LaLiga, Lamine Yamal Terbaru!Bojan Krkic (uefa.com)

Rekor brace termuda LaLiga Spanyol milik Raul Gonzalez kemudian dipecahkan oleh wonderkid Barcelona saat itu, Bojan Krkic. Pemain jebolan akademi La Masia ini sukses mencetak dua gol pada pekan ke-29 LaLiga 2007/2008 kala menghadapi Real Valladolid dengan skor 4-1. Kala itu, usianya baru menginjak 17 tahun 208 hari, selisih sehari dengan Raul Gonzalez.

Lebih spesialnya lagi, Krkic juga menyumbangkan 2 assist untuk gol Samuel Eto’o pada menit ke-23 dan gol Andres Iniesta pada menit ke-46. Namun, kemenangan ini tak mampu membantu Barcelona menjuarai LaLiga 2007/2008. Mereka harus puas bertengger di peringkat ketiga klasemen akhir di bawah Real Madrid yang keluar sebagai juara dan Villarreal di posisi kedua.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda di Liga Champions Eropa, Lamine Yamal Terbaru

3. Brace Juan Miguel antarkan Malaga memenangi laga dengan skor 5-3

5 Pencetak Brace Termuda di LaLiga, Lamine Yamal Terbaru!potret Juan Miguel (twitter.com/MalagaCF)

Hanya 2 tahun setelah Bojan Krkic melampaui rekor Raul Gonzalez, sejarah kembali terukir di LaLiga Spanyol. Pada 2010/2011, pemain Malaga bernama Juan Miguel berhasil memecahkan rekor tersebut sebagai pencetak brace termuda. Pemain yang akrab disapa Juanmi ini berhasil mencetak 2 gol pertamanya pada usia 17 tahun 115 hari.  

Pada pekan ke-2 LaLiga 2010/2011, Malaga bertandang ke markas Real Zaragoza. Pertandingan tersebut diwarnai dengan hujan gol. Malaga berhasil mempermalukan tuan rumah dengan skor 5-3. Juanmi menjadi bintang dalam pertandingan tersebut dengan menyumbangkan 2 gol dan 1 assist.

2. Ansu Fati mencetak brace perdananya bagi Barcelona hanya dalam 2 menit

5 Pencetak Brace Termuda di LaLiga, Lamine Yamal Terbaru!potret Ansu Fati (fcbarcelona.com)

Ansu Fati menjadi pemain muda selanjutnya yang berhasil memecahkan rekor pencetak brace termuda LaLiga Spanyol. Dia mencetak dua gol pertamanya pada usia 17 tahun 94 hari saat Barcelona melawan Levante pada pekan ke-22 2019/2020. Pencapaiannya ini sekaligus memecahkan rekor Juanmi yang bertahan hampir 1 dekade.

Fati bahkan mencetak 2 golnya tersebut hanya dalam waktu 2 menit. Gol pertamanya tercipta pada menit ke-30 setelah berhasil mengeksekusi umpan terobosan dari Lionel Messi. Gol keduanya pada menit ke-32 kembali lahir dari assist Messi yang mampu mengobrak-abrik pertahanan Levante.

1. Lamine Yamal menjadi pencetak brace termuda dalam sejarah LaLiga Spanyol pada usia 16 tahun

5 Pencetak Brace Termuda di LaLiga, Lamine Yamal Terbaru!potret Lamine Yamal (twitter.com/FCBarcelona)

Laga pekan ke-24 LaLiga Spanyol 2023/2024 menjadi momen yang tak terlupakan bagi Lamine Yamal. Pemain muda Barcelona ini mengukir sejarah baru dengan menjadi pencetak brace termuda sepanjang sejarah LaLiga pada usia 16 tahun 213 hari. Yamal tampil gemilang dalam pertandingan melawan Granada di Estadi Olimpic Lluis Companys. Ia mencetak dua gol krusial yang menyelamatkan Barcelona dari kekalahan. 

Gol pertamanya pada menit ke-14 membawa Barcelona unggul terlebih dahulu. Namun, Granada berhasil membalikkan keadaan dengan dua gol balasan dari Ricard Sanchez dan Facundo Pellistri. Ketika Barcelona tertinggal 2-3, remaja ini kembali menjadi pahlawan bagi timnya. Pada menit ke-80, ia mencetak gol penyeimbang dan menyelamatkan muka Barcelona di hadapan pendukungnya.

Lamine Yamal menorehkan sejarah baru di LaLiga Spanyol dengan menjadi pencetak brace termuda, mengalahkan rekor Ansu Fati yang bertahan selama 3 musim. Pada usia 16 tahun 213 hari, Yamal menunjukkan bakat luar biasa dan menyelamatkan Barcelona dari kekalahan melawan Granada. Prestasi ini menunjukkan potensi besar yang dimiliki Yamal dan menjadikannya salah satu pemain muda yang patut diperhitungkan.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Supercopa de Espana, Ada Yamal!

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya