5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Duel Manchester United vs. Newcastle

Pemain Manchester United mendominasi

English Premier League (EPL) 2023/2024 sebentar lagi memasuki pekan ke-14. Salah satu laga yang patut menjadi sorotan adalah Manchester United melawan Newcastle United yang akan berlangsung pada Minggu (3/12/2023) WIB. Pertandingan ini menjadi penting karena kedua tim kini menduduki peringkat 6 dan 7 klasemen sementara yang hanya selisih satu poin.

Manchester United kini dalam tren bagus dengan meraih 4 kemenangan dari 5 pertandingan yang telah mereka jalani di Premier League. Sementara itu, bagi Newcastle, mereka telah mengantongi 3 kemenangan, 1 kali imbang, dan 1 kekalahan dalam 5 laga terakhir. Bisa dibilang, ini menjadi duel pesakitan mengingat kedua tim sedang dilanda badai cedera di skuad mereka.

Pertandingan pada pekan ke-14 nanti akan menjadi pertemuan ke-133 bagi kedua tim di semua kompetisi. Dalam duel kali ini, beberapa pemain berhasil mencetak gol terbanyak. Berikut adalah daftar 5 pemain yang menjadi pencetak gol terbanyak dalam duel Manchester United versus Newcastle United.

5. Len White jadi satu-satunya pemain Newcastle United yang ada dalam daftar ini

5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Duel Manchester United vs. NewcastleLen White (twitter.com/NUFC)

Len White merupakan salah satu legenda Newcastle United yang bermain pada 1953–1962. Pemain yang berposisi sebagai striker ini telah mencetak 153 gol dalam 269 pertandingan selama berseragam The Magpies. Ia berada di urutan ketiga pencetak gol terbanyak sepanjang masa Newcastle.

White telah bertanding melawan Manchester United sebanyak 11 kali selama berseragam Newcastle. Dalam 11 laga tersebut, dirinya mampu membubuhkan 8 gol ke gawang The Red Devils. Salah satu pertandingan terbaiknya terjadi pada 1960 saat Newcastle United memenangi laga dengan skor 7-3 saat White berhasil mencatatkan hattrick di pertandingan tersebut.

4. Paul Scholes pernah catatkan hattrick melawan Newcastle meski sebagai gelandang

5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Duel Manchester United vs. NewcastlePaul Scholes (manutd.com)

Tak diragukan lagi bahwa Paul Scholes merupakan salah satu pemain akademi Manchester United yang paling berhasil. Selama hampir 19 tahun membela Setan Merah, ia telah meraih banyak trofi kejuaraan. Salah satu yang tak terlupakan adalah ketika klubnya meraih treble winner pada 1998/1999. Dirinya juga diakui sebagai salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki Manchester United pada era Sir Alex Ferguson.

Scholes sendiri masuk ke dalam salah satu pencetak gol terbanyak melawan Newcastle United dengan 11 gol dari 30 laga yang dilakoninya. Meski berposisi sebagai gelandang, ia pernah mencetak tiga gol kala menghadapi Newcastle pada 2003 dan berhasil mengantarkan timnya menang dengan skor 6-2. Ini menjadi hattrick ketiganya sekaligus yang terakhir sepanjang karier sepak bolanya.

Baca Juga: Eriksen Jadi Suksesor Sepadan Scholes di Manchester United

3. Andy Cole jadi satu-satunya pemain yang pernah bermain di kedua tim dalam daftar ini

5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Duel Manchester United vs. NewcastleAndy Cole (manutd.com)

Andy Cole merupakan satu-satunya pemain dalam daftar ini yang pernah bermain untuk Manchester United dan Newcastle United. Pemain kelahiran Inggris ini merumput terlebih dahulu untuk The Magpies selama dua musim hingga membantu timnya promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris. Barulah pada 1995, ia berlabuh ke The Red Devils dan berkarier di bawah asuhan Sir Alex Ferguson selama tujuh musim.

Selama bermain untuk kedua klub, Cole telah mencetak 11 gol dalam 17 laga, masing-masing 2 gol saat membela Newcastle dan 9 gol saat bermain untuk Manchester United. Salah satu performa apiknya terjadi ketika Cole mampu membobol gawang Newcastle dengan 4 golnya dalam kemenangan 5-1 untuk Setan Merah pada paruh pertama Premier League musim 1999/2000. Namun, pada paruh kedua, keadaan menjadi terbalik dengan timnya harus kalah dengan skor 3-0.

2. Ruud van Nistelrooy cuma gagal cetak gol di 2 laga dari 10 pertandingan melawan Newcastle

5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Duel Manchester United vs. NewcastleRuud van Nistelrooy (manutd.com)

Ruud van Nistelrooy menjadi salah satu striker tajam yang pernah dimiliki Manchester United pada awal era 2000-an. Pemain asal Belanda ini berhasil mencatatkan 95 gol dan 14 assist dalam 150 penampilan yang ia lakoni bersama Setan Merah. Ia memiliki ketajaman yang luar biasa di depan gawang dan kerap menjadi penentu kemenangan timnya.

Ketajamannya sebagai striker terbukti kala bertemu Newcastle United. Dalam 10 pertemuan, Nistelrooy berhasil mencetak 11 gol dan hanya di 2 laga dirinya tak melesakkan gol. Salah satu momen terbaiknya terjadi kala berhasil mengantarkan Manchester United ke final Piala FA 2005 setelah mengalahkan Newcastle dengan skor 4-1 saat ia mencetak 2 gol dan 1 assist. Selain itu, Nistelrooy juga pernah membubuhkan hattrick ke gawang The Magpies pada 2002.

1. Wayne Rooney menjadi pencetak gol terbanyak ke gawang Newcastle dengan 13 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Duel Manchester United vs. NewcastleWayne Rooney (manutd.com)

Tak ada yang meragukan bahwa Wayne Rooney merupakan striker terbaik yang pernah dimiliki Manchester United dan Timnas Inggris. Ia merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub dengan catatan 253 gol selama 13 tahun merumput di Old Trafford. Selain itu, dirinya juga pernah menjadi pencetak gol terbanyak bagi Timnas Inggris sebelum rekornya dipatahkan Harry Kane.

Selama berseragam Manchester United, Rooney telah mencetak 13 gol dari 24 pertandingan selama bertemu Newcastle United. Salah satu gol spektakulernya terjadi saat dirinya mencetak gol melalui tendangan voli yang keras dari luar kotak penalti pada April 2005. Gol ini menjadi salah satu gol yang masuk ke dalam nominasi Goal of the Season pada 2004/2005.

Pertandingan antara Manchester United versus Newcastle United dijadwalkan akan berlangsung pada Minggu (3/12/2023) pukul 03:00 WIB. Dengan melihat catatan gol para pencetak gol terbanyak dalam duel Manchester United versus Newcastle United, laga pada pekan ke-14 nanti diprediksi akan menjadi pertandingan yang menarik dan sengit. Kedua tim memiliki pemain-pemain yang mampu mencetak gol dan mereka tentu akan berusaha untuk meraih kemenangan.

Baca Juga: Rekam Jejak Wayne Rooney sebagai Manajer, Belum Beprestasi!

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya