7 Pengguna Nomor Punggung 16 sebelum Timo Werner di Tottenham Hotspur

Dua pemain top pernah kenakan nomor punggung 16

Tottenham Hotspur mengumumkan, mereka baru saja mendatangkan pemain RB Leipzig, Timo Werner, pada Rabu (10/1/2024) dini hari WIB. Mantan pemain Chelsea ini kembali ke English Premier League (EPL) dengan status pinjaman hingga akhir musim 2023/2024. Dirinya akan mengenakan nomor punggung 16 selama berseragam Spurs.

Sebelum Timo Werner, nomor punggung 16 telah dikenakan beberapa pemain Tottenham. Sejumlah pemain top pernah mengenakan nomor punggung ini sebagai bagian dari perjalanan mereka selama membela The Lilywhites.

Lantas, siapa sajakah para pemain yang telah menggunakan nomor punggung 16 sebelum Timo Werner dan seperti apa kiprah mereka?

1. Arnaut Danjuma mengenakan nomor punggung 16 sebagai pemain pinjaman dari Villarreal

7 Pengguna Nomor Punggung 16 sebelum Timo Werner di Tottenham HotspurArnaut Danjuma (twitter.com/SpursOfficial)

Arnaut Danjuma merupakan pengguna nomor punggung 16 setahun sebelum kedatangan Timo Werner. Ia didatangkan dari Villarreal pada Januari 2023 dengan status pinjaman selama paruh musim kedua 2022/2023. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap ini hanya bermain sebanyak 12 kali tanpa pernah bermain secara penuh.

2. Kyle Walker-Peters menggunakan nomor punggung 16 sebelum dijual kepada Southampton

7 Pengguna Nomor Punggung 16 sebelum Timo Werner di Tottenham HotspurKyle Walker-Peters (twitter.com/KWPeters)

Kyle Walker-Peters merupakan produk akademi Tottenham Hotspur yang dipromosikan ke tim senior pada 2017. Meskipun memiliki nama yang sama dengan Kyle Walker, dia tak memiliki hubungan saudara dengan pemain Manchester City ini. Selama bermain untuk Spurs, ia sempat menggunakan nomor punggung 16 pada 2018/2019. Sempat dipinjamkan kepada Southampton pada Januari 2020, Walker-Peters kemudian dijual secara permanen 6 bulan kemudian.

3. Kieran Trippier memakai nomor punggung 16 pada 2 musim pertamanya di Tottenham Hotspur

7 Pengguna Nomor Punggung 16 sebelum Timo Werner di Tottenham Hotspurpotret Kieran Trippier (tottenhamhotspur.com)

Kieran Trippier diboyong ke Tottenham Hotspur pada 2015 dari Burnley. Pada 2 musim pertama membela Spurs, pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini mengenakan nomor punggung 16. Setelah kepindahan Kyle Walker ke Manchester City pada 2017, Trippier mengambil alih nomor punggung 2.

Baca Juga: 4 Pemain Jerman sebelum Timo Werner yang Bermain untuk Tottenham

4. Iago Falque diberikan nomor punggung 16 setelah dipermanenkan dari Juventus

7 Pengguna Nomor Punggung 16 sebelum Timo Werner di Tottenham HotspurIago Falque (twitter.com/SpursOfficial)

Iago Falque didatangkan dari akademi Juventus dengan status pinjaman pada 2011. Pada paruh pertama musim 2011/2012, pemain asal Spanyol ini diberikan nomor punggung 27. Setelah dipermanenkan pada Januari 2012, dirinya baru memakai nomor punggung 16. Namun, ia hanya sebelas kali diturunkan dan lebih banyak menghabiskan masa peminjaman ke berbagai klub.

5. Kyle Walker menggunakan nomor punggung 16 selama paruh kedua musim debutnya

7 Pengguna Nomor Punggung 16 sebelum Timo Werner di Tottenham HotspurKyle Walker (uefa.com)

Kyle Walker memulai kariernya bersama Tottenham Hotspur pada 2009/2010 setelah dibeli dari Sheffield United. Ia awalnya mengenakan nomor punggung 28, tetapi kemudian berganti menjadi 16 pada paruh kedua musim perdananya. Setelah kembali dari masa peminjaman di Queens Park Rangers (QPR) dan Aston Villa pada 2011, Walker kembali mengenakan nomor punggung 28 selama 2 musim. Pada musim selanjutnya, dirinya mengenakan nomor punggung 2. Hingga saat ini di Manchester City, Walker masih setia dengan nomor 2.

6. Kyle Naughton langsung mendapat nomor punggung 16 sejak musim perdananya

7 Pengguna Nomor Punggung 16 sebelum Timo Werner di Tottenham HotspurKyle Naughton (spurs.fandom.com)

Beberapa hari sebelum kedatangan Kyle Walker, Tottenham Hotspur merekrut Kyle Naughton dari Sheffield United pada 2009. Dirinya secara konsisten memakai nomor punggung 16 sejak musim pertamanya hingga 2015 sebelum dijual ke Swansea City. Namun, karier Naughton tak secemerlang Walker dengan hanya turun di 71 pertandingan di semua kompetisi, termasuk 39 laga di English Premier League.

7. Gareth Bale mengenakan nomor punggung 16 pada musim pertamanya di Tottenham Hotspur

7 Pengguna Nomor Punggung 16 sebelum Timo Werner di Tottenham HotspurGareth Bale (twitter.com/SpursOfficial)

Gareth Bale memulai kariernya di Tottenham Hotspur pada 2007 setelah dibeli dari Southampton. Pada musim debutnya, pemain asal Wales ini mengenakan nomor punggung 16. Musim selanjutnya, ia memakai nomor punggung 3 selama 4 musim dan 11 selama semusim. Bale kembali ke Spurs pada 2020 dengan status pinjaman dari Real Madrid selama semusim dan mendapat nomor punggung 9.

Timo Werner menjadi pemain ke-21 yang mengenakan nomor punggung 16 sejak Tottenham Hotspur berdiri. Apakah Werner mampu memberikan dampak positif bagi klub, seperti yang telah dilakukan Gareth Bale dan Kyle Walker? Hanya waktu yang akan menjawabnya.

Baca Juga: 4 Eks RB Leipzig yang Bermain di EPL 2023/2024, Werner Terbaru

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya