5 Pengguna Nomor Punggung 23 di Bayern Munich sebelum Sacha Boey

Hanya satu yang punya jejak gemilang

Bayern Munich resmi mendatangkan pemain baru dari Galatasaray, Sacha Boey, pada Januari 2024. Pemain asal Prancis ini dibeli seharga 30 juta euro atau setara Rp512 miliar dengan kontrak berdurasi 5 tahun. Dirinya akan mengenakan nomor punggung 23 selama berseragam Die Roten.

Sebelum Boey, sejumlah penggawa Bayern Munich pernah menggunakan nomor punggung ini. Beberapa dari mereka menjadi pilar utama tim. Siapa saja dan seperti apa kiprah mereka?

1. Daley Blind hanya bertahan setengah musim bersama Bayern Munich

5 Pengguna Nomor Punggung 23 di Bayern Munich sebelum Sacha Boeypotret Daley Blind (fcbayern.com)

Daley Blind didatangkan dari Ajax Amsterdam pada Januari 2023 dengan status bebas transfer. Selama berseragam Bayern Munich, dia ini mengenakan nomor punggung 23. Ini jadi kali pertama dalam karier pemain berusia 33 tahun ini memakai nomor punggung tersebut.

Blind hanya bertahan di Allianz Arena selama setengah musim pada paruh kedua 2022/2023. Dia hanya diturunkan 5 kali dengan 1 kali diturunkan sebagai starter. Setelah kontraknya tidak diperpanjang, dirinya hengkang ke Girona dan menjadi salah satu pilar penting kesuksesan klub di LaLiga Spanyol 2023/2024.

2. Tanguy Nianzou kurang menunjukkan performa gemilang di Bayern Munich

5 Pengguna Nomor Punggung 23 di Bayern Munich sebelum Sacha Boeypotret Tanguy Nianzou (twitter.com/FCBayern)

Tanguy Nianzou merupakan pemain jebolan akademi Paris Saint-Germain (PSG). Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini tak mendapat menit bermain yang cukup karena harus bersaing dengan beberapa bintang kala itu, seperti Thiago Silva, Marquinhos, dan Presnel Kimpembe. Setelah kontraknya tidak diperpanjang, dia pindah ke Bayern Munich pada 2020 dengan status bebas transfer.

Selama 2 musim membela Bayern Munich, Nianzou memakai nomor punggung 23. Namun, kariernya juga tak berjalan mulus dengan hanya bermain sebanyak 28 kali di semua kompetisi. Dirinya kemudian dijual ke Sevilla pada 2022 seharga 16 juta euro (Rp272,7 miliar).

Baca Juga: 3 Pelatih Non-Bayern Munich Terakhir yang Juara Bundesliga

3. Jonathan Meier tak sekali pun turun laga di kompetisi resmi

5 Pengguna Nomor Punggung 23 di Bayern Munich sebelum Sacha Boeypotret Jonathan Meier (bundesliga.com)

Jonathan Meier merupakan pemain jebolan akademi Bayern Munich yang kini bermain di Dynamo Dresden, klub kasta ketiga Liga Jerman. Dia mengenakan nomor punggung 23 saat di tim senior. Akan tetapi, dirinya hanya menjadi pemain cadangan dan tak sempat dipromosikan ke tim senior The Bavarians.

Selama membela Bayern Munich, Meier tak sekali pun diturunkan di kompetisi resmi. Dia hanya menjadi penghangat bangku cadangan, bahkan jarang masuk ke dalam skuad senior. Setelah tak menemukan kejelasan karier, dirinya akhirnya dijual kepada FSV Mainz 05 pada 2019.

4. Arturo Vidal kenakan nomor punggung 23 yang jadi identitasnya sejak awal karier

5 Pengguna Nomor Punggung 23 di Bayern Munich sebelum Sacha Boeypotret Arturo Vidal (twitter.com/FCBayern)

Arturo Vidal merupakan pemain yang sangat akrab dengan nomor punggung 23. Pemain asal Chile ini telah memakai nomor ini sejak mengawali karier profesionalnya bersama CSD Colo-Colo. Begitu juga saat di Bayern Munich, dia memilih nomor punggung 23 sebagai identitasnya.

Selama berseragam Die Roten, Vidal menjadi salah satu pemain andalan di lini tengah. Dirinya sukses mengantarkan The Bavarians meraih 3 gelar juara Bundesliga Jerman dan 2 gelar juara DFL Supercup. Setelah 3 musim di Allianz Arena, dia melanjutkan karier ke FC Barcelona pada 2018.

5. Pepe Reina jadi pelapis Manuel Neuer yang sedang dalam puncak karier

5 Pengguna Nomor Punggung 23 di Bayern Munich sebelum Sacha Boeypotret Pepe Reina (twitter.com/FCBayern)

Pepe Reina bergabung dengan Bayern Munich pada musim panas 2014 setelah 8 tahun membela Liverpool. Kiper asal Spanyol ini diboyong sebagai pelapis dari Manuel Neuer yang saat itu dalam performa terbaiknya. Selama bermain untuk Die Roten, dia menggunakan nomor punggung 23.

Reina hanya tiga kali turun laga kala membela Bayern Munich. Ia melakoni debut pada Maret 2015 saat Die Roten menang 4-0 atas Werder Bremen di Bundesliga Jerman. Hanya bertahan semusim, Reina berlabuh ke Napoli pada jendela transfer musim panas 2015.

Sacha Boey jadi pemain ke-14 yang mengenakan nomor punggung 23 dalam sejarah Bayern Munich. Pemain berusia 23 tahun ini diharapkan bisa menjadi pilar utama tim, seperti halnya Arturo Vidal yang pernah menggunakan nomor punggung tersebut. Menarik untuk menanti kiprah Boey bersama Die Roten pada paruh kedua musim 2023/2024.

Baca Juga: 3 Rekrutan Bayern Munich pada Bursa Transfer Januari 2024

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya