Comscore Tracker

5 Fakta Pemecatan Joko Susilo dari Kursi Pelatih Persik Kediri  

Joko Susilo didepak Persik Kediri saat kompetisi Liga 1 

Manajemen Persik Kediri resmi mendepak Joko Susilo dari kursi kepelatihan, sebelum laga melawan PSS Sleman di pekan ke-6 Liga 1 2021/2022, Minggu 3 Oktober 2021. Pelatih berlisensi A-AFC Pro yang akrab disapa Gethuk ini dianggap tidak mampu memenuhi target yang dibebankan manajemen.

Hingga berakhirnya pekan ke-5, Gethuk hanya mampu meraih 4 poin dari 1 kali hasil imbang, 1 kali menang dan 3 kali kekalahan. Berikut ini sederet fakta menarik dibalik pemecatan mantan pelatih kepala Arema FC tersebut.

1. Dipecat saat kompetisi baru berjalan lima laga

5 Fakta Pemecatan Joko Susilo dari Kursi Pelatih Persik Kediri  potret Joko Susilo (instagram.com/persikofficial)

Joko Susilo didepak oleh manajemen Persik Kediri saat kompetisi Liga 1 2021/2022 baru berjalan 5 pekan. Joko dinilai gagal membawa Persik Kediri meraih hasil maksimal sesuai target yang dibebankan manajemen di awal kontrak mereka.

Hingga berakhirnya pekan ke-5, Gethuk hanya mampu meraih 4 poin dari 1 kali hasil imbang, 1 kali kemenangan dan 3 kekalahan. Di laga terakhirnya, Macan Putih juga harus puas berbagi angka dengan PSS Sleman setelah pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0.

2. Korban rertama ganasnya persaingan Liga 1

5 Fakta Pemecatan Joko Susilo dari Kursi Pelatih Persik Kediri  potret Joko Susilo (instagram.com/persikofficial)

Joko Susilo merupakan korban pertama dari ganasnya kompetisi paling elit di sepak bola Indonesia ini. Gethuk gagal membawa Persik Kediri bersaing dengan tim-tim lain dan malah berkutat di papan bawah klasemen sementara. Padahal, Persik sempat merangsek ke papan tengah di 2 laga awal, usai mengalahkan tim kuat, Borneo FC.

Kondisi hampir serupa juga tengah dialami oleh para pelatih PSS Sleman, Barito Putera, Persib Bandung dan Persebaya Surabaya. Mereka terancam dipecat akibat hasil minor hingga pekan ke-6 Liga 1 musim ini.

Baca Juga: Daftar 5 Pemain Indonesia Termahal yang Bermain di Liga 1 BRI

3. Selebaran #GethukOut hiasi mess pemain Persik Kediri

5 Fakta Pemecatan Joko Susilo dari Kursi Pelatih Persik Kediri  potret selebaran bertuliskan Gethuk Out menghiasi mess Pemain Persik Kediri (dok. Pribadi/Yanuar Dedy)

Sebelum pemecatan Joko Susilo, selebaran yang menggambarkan kekecewaan Persik Mania menghiasi mess pemain Persik Kediri yang terletak di Jl. PK Bangsa, Kota Kediri. Puluhan selebaran bernada usiran terhadap pelatih kelahiran Blora, Jawa Tengah, itu menghiasi dinding dan pintu mess pemain.

Mereka menyertakan foto Joko Susilo disertai tagar #GethukOut. Mereka yang tak puas dengan kinerja Gethuk juga ramai-ramai menyuarakan protes tersebut di dunia maya.

4. Dua kali Gethuk salah sebut ikon dan salam Persik Kediri

5 Fakta Pemecatan Joko Susilo dari Kursi Pelatih Persik Kediri  potret Joko Susilo (instagram.com/persikofficial)

Joko Susilo pernah diprotes oleh supporter ketika dirinya salah menyebut salam dari Persik Kediri. Alih-alih meneriakkan "djajati", Gethuk malah berkata "sasaji", salam khas dari Arema.

Peristiwa itu terjadi pada hari Jumat, 9 April 2021 dinihari, saat puluhan Persik Mania menyerbu Mess Pemain Persik Kediri pasca tim kebanggaan mereka itu gagal menembus perempat final Piala Menpora 2021.

Sebelumnya, Joko juga pernah salah menyebut ikon Persik Kediri saat ia didemo oleh Persik Mania. Bukannya menyebut Macan Putih, lagi-lagi Gethuk menyebut dirinya sebagai Singa, yang merupakan lambang dari Arema. Seketika, Persik Mania murka dan menghujaninya dengan cacian. Atas insiden itu, manajer Persik Benny Kurniawan memilih untuk mundur.

5. Pernah didepak Persik usai laga ketiga musim 2020

5 Fakta Pemecatan Joko Susilo dari Kursi Pelatih Persik Kediri  potret Joko Susilo (instagram.com/persikofficial)

Ini bukan kali pertama Joko Susilo didepak dari kursi kepelatihan Persik Kediri. Sebelumnya, Joko pernah ditunjuk untuk menukangi Macan Putih saat mereka promosi ke Liga 1 musim lalu.

Di periode pertama kepemimpinannya, pasca kekalahan 0-1 dari Persiraja Banda Aceh di Stadion Brawijaya Kediri, Sabtu, 14 Maret 2020, Joko Susilo diberhentikan. Saat itu bahkan kompetisi baru berjalan 3 laga. Posisinya kemudian digantikan oleh Budi Sudarsono, legenda hidup Persik Kediri yang juga pernah berseragam tim nasional Indonesia.

Sayangnya, saat itu kompetisi kemudian terpaksa berhenti karena pandemik COVID-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia.

Itulah sederet fakta menarik dibalik pemecatan Joko Susilo dari kursi kepelatihan Persik Kediri. Di sisi lain, Persik Kediri saat ini dinahkodai Alfiat sebagai pelatih pengganti sementara hingga manajemen menunjuk pelatih kepala yang baru.

Baca Juga: Sudah Cetak 4 Gol, Striker Asing Persik Kediri Belum Puas

Yanuar Dedy Photo Writer Yanuar Dedy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya