Daftar 5 Pemain Indonesia Termahal yang Bermain di Liga 1 BRI

Harga sebanding dengan kualitas

Liga Indonesia kembali bergulir sejak tanggal 24 Agustus 2021 setelah beberapa kali ditunda karena berbagai faktor. Pada musim ini, BRI menjadi sponsor resmi liga kasta tertinggi Indonesia ini. Banyak tim besar rela merogoh kocek demi mendapatkan pemain yang diinginkannya. Anco Jansen menjadi pemain termahal musim ini. Anco Jansen didatangkan oleh PSM Makassar dari  klub Belanda, FC Emmen.

Tampil cemerlang dengan mencetak dua gol dalam laga ujicoba melawan PSM Makassar junior, Marc Klok menjadi pemain termahal Liga 1 BRI yang berwarganegaraan Indonesia. Empat pemain di bawah Marc Klok berikutnya akan kita bahas pada laman di bawah ini. Berikut lima teratas pemain Indonesia dengan nilai pasar tertinggi. 

1. Marc Klok

Daftar 5 Pemain Indonesia Termahal yang Bermain di Liga 1 BRIpotret Marc Klok (instagram.com/marcklok)

Marc Klok merupakan pemain kelahiran Belanda yang resmi menjadi warga negara Indonesia sejak November 2020. Marc Klok dinaturalisasi karena memiliki garis keturunan Indonesia dari kakeknya. Dia mengungkapkan kecintaannya pada Indonesia saat pertama kali tiba pada tahun 2017.

Kini Klok bermain untuk tim asal Jawa Barat, Persib Bandung. Tercatat, Persib Bandung menjadi klub ketiga yang dibelanya setelah sebelumnya memperkuat PSM Makassar dan Persija Jakarta yang adalah klub sang rival. Ia menjadi pemain Indonesia termahal dengan nilai pasar Rp8,26 miliar.

2. Stefano Lilipaly

Daftar 5 Pemain Indonesia Termahal yang Bermain di Liga 1 BRIpotret Lilipaly (instagram.com/StefanoLilipaly)

Stefano Lilipaly dengan nilai pasar Rp6,08 miliar menjadi pemain termahal kedua di bawah Marc Klock. Lilipaly terdaftar sebagai pemain Bali United sejak tahun 2017 hingga kini. Memiliki daya jelajah yang luas, ia menjadi salah satu pemain andalan timnya itu untuk menggempur pertahanan lawan.

Lima tahun bersama Bali United, ia mampu mengoleksi 22 gol dalam 69 pertandingan di semua kompetisi. Bersama Timnas Indonesia, ia telah bermain sebanyak 24 kali dengan torehan 7 gol. Gol yang paling spesial baginya adalah gol tendangan salto saat Indonesia tampil di Asian Games 2018 melawan Vietnam.

Baca Juga: Komitmen Stefano Lilipaly, Sampingkan Ego Pribadi Demi Prestasi Tim

3. Evan Dimas

Daftar 5 Pemain Indonesia Termahal yang Bermain di Liga 1 BRIpotret Evan Dimas (bola.com)

Mantan anak didik pelatih Indra Sjafri, Evan Dimas, memiliki nilai pasar senilai Rp5,65 miliar. Namanya mulai dikenal setelah membawa Timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF U-19 tahun 2013 dengan menang dramatis melawan Vietnam di final.

Menjadi pemain Bhayangkara Solo musim ini, ia pernah berkarier di luar negeri bersama Selangor FC di liga kasta tertinggi Malaysia. Evan Dimas berposisi sebagai gelandang yang memiliki teknik dan mobilitas yang tinggi di lapangan. Tak ayal jika dia dibandrol dengan harga yang tinggi.

4. Andritany

Daftar 5 Pemain Indonesia Termahal yang Bermain di Liga 1 BRIpotret Andritany (instagram.com/Andritany)

Berposisi sebagai kiper, Andritany memiliki nilai pasar senilai Rp5,21 miliar. Pria berusia 29 tahun ini termasuk pemain loyal Persija Jakarta. Tercatat, Andritany berseragam Macan Kemayoran sejak tahun 2010 dan mencatatkan 105 penampilan bersama tim di berbagai ajang.

Tidak hanya sebagai kiper, ia juga merupakan kapten tim. Dia memiliki jiwa kepemimpinan di atas lapangan dan suara yang lantang yang mampu memotivasi rekam setimnya. Hal itu pernah diakui oleh rekam setimnya, Riko Simanjuntak.

5. Riko Simanjuntak

Daftar 5 Pemain Indonesia Termahal yang Bermain di Liga 1 BRIpotret Riko Simanjuntak (instagram.com/Riko.smnjuntak)

Kali ini pemain mungil andalan Persija Jakarta, Riko Simanjuntak yang memiliki nilai pasar senilai Rp4,78 miliar. Kecepatan dan akurasi umpan silang yang memanjakan striker tim menjadi keahlian yang dimiliki. Dalam akun YouTube Persija, dia mengaku dijuluki sebagai "Si Kancil".

Fakta menariknya, selain sepak bola, dia juga bisa  bermain bola voli. Pada permainan voli dia berposisi sebagai pengumpan. Pada waktu SMP, ia mampu menjadi runner-up pada turnamen antar-SMP di Pematang Siantar.

 

Itulah lima pemain Indonesia termahal yang kini bermain di Liga 1 BRI musim ini. Kelima pemain ini sering menjadi andalan Timnas Indonesia dalam laga Internasional.

Baca Juga: Gubernur Edy Suruh Pulang ke PSMS, Ini Jawaban Riko Simanjuntak

Syahrul Fauzi Photo Verified Writer Syahrul Fauzi

You'll Never Walk Alone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya