Comscore Tracker

Kapasitas Stadion Kanjuruhan dan Fasilitasnya, Cek di Sini

Ternyata kapasitasnya hanya segini

Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia membuat Indonesia memiliki banyak stadion megah dengan kapasitas besar, tak terkecuali Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur.

Stadion yang menjadi tempat berlangsungnya pertandingan Arema FC vs Persebaya ini lantas banyak diperbincangkan lantaran ratusan korban jiwa berjatuhan akibat kericuhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022 lalu.

Lantas, sebenarnya berapa kapasitas Stadion Kanjuruhan? Berikut IDN Times rangkum secara detail mengenai kapasitas stadion yang berlokasi di Malang, Jawa Timur lengkap dengan fasilitas yang tersedia. Simak sampai akhir!

1. Kapasitas 38 ribu, tiket yang dicetak 42 ribu

Kapasitas Stadion Kanjuruhan dan Fasilitasnya, Cek di SiniSuasana laga Arema FC kontra Persebya di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Menurut Mahfud MD, kapasitas Stadion Kanjuruhan sebenarnya hanya sekitar 38.000 orang, tetapi tiket yang dicetak mencapai 42.000 lembar. Mahfud MD mengatakan bisa jadi ada dugaan over capacity dalam Tragedi Kanjuruhan ini.

Padahal, menurut Mahfud, sebelumnya sudah ada usulan kepada panitia penyelenggara terkait jam pertandingan agar diubah menjadi sore hari beserta pengaturan jumlah penonton menyesuaikan kapasitas Stadion Kanjuruhan. Namun, pihak penyelenggara mengabaikan usulan tersebut dan tetap melaksanakannya pada malam hari dengan mencetak tiket 42.000 lembar.

Untuk diketahui, pertandingan tersebut berakhir ricuh antara suporter Arema FC dan pihak kepolisian yang menembakkan gas air mata berkali-kali ke arah suporter. Akibatnya, banyak suporter yang terdesak karena ingin keluar stadion, yang membuat mereka sesak napas, terjatuh, hingga terinjak-injak oleh suporter lain.

Banyak versi yang mengatakan tentang jumlah korban meninggal dunia pada Tragedi Kanjuruhan ini. Namun yang pasti, tragedi kemanusiaan ini sudah mengakibatkan ratusan nyawa melayang.

2. Termasuk stadion dengan kapasitas terbanyak di Indonesia

Kapasitas Stadion Kanjuruhan dan Fasilitasnya, Cek di SiniAremania saat mendukung Arema FC di Kanjuruhan. IDN Times/aremafc.com

Stadion Kanjuruhan Malang menjadi salah satu stadion di Indonesia dengan kapasitas terbanyak. Pasalnya, kapasitas Stadion Kanjuruhan berada di 10 besar stadion terbesar di Indonesia. Meski begitu, kapasitas Stadion Kanjuruhan masih kalah banyak dibanding beberapa stadion lainnya.

Beberapa stadion dengan kapasitas terbesar di Indonesia, antara lain:

  1. Stadion Jatidiri sebagai markas PSIS Semarang memiliki kapasitas sebanyak 45 ribu kursi.
  2. Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya berkapasitas sekitar 46 ribu kursi.
  3. Stadion Gelora Bung Karno sebagai stadion multifungsi di Jakarta ini mempunyai kapasitas sebanyak 78 ribu kursi.
  4. Jakarta International Stadium (JIS) yang baru diresmikan pada 2022 ini berkapasitas 82 ribu kursi.

3. Fasilitas di Stadion Kanjuruhan

Kapasitas Stadion Kanjuruhan dan Fasilitasnya, Cek di SiniArema FC vs PSIS di Kanjuruhan. (ANTARA/Vicki Febrianto)

Setelah mengulas kapasitas Stadion Kanjuruhan, rasanya tidak lengkap jika tidak mengulik fasilitas yang tersedia dalam stadion satu ini. Ada beberapa fasilitas yang disediakan di Stadion Kanjuruhan. Misalnya, stadion ini memiliki 28 toilet di tribun ekonomi dan 18 toilet di gedung stadion. Lalu lampu sorot dengan daya 320 kilowatt yang memiliki kekuatan penerangan sebesar 1.200 lux.

Selain itu, ada juga videotron yang berguna sebagai papan skor dan penunjuk waktu pertandingan.

Demikianlah informasi tentang kapasitas Stadion Kanjuruhan yang menjadi saksi bisu tragedi kemanusiaan yang mengakibatkan lebih dari seratus orang meninggal dunia. Tragedi sepak bola ini sekaligus jadi yang terbesar kedua di dunia setelah tragedi di Peru pada tahun 1964.

Baca Juga: 8 Potret Stadion Kanjuruhan Pasca Tragedi Arema vs Persebaya

Topic:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya