12 Pelatih Liga Inggris yang Dipecat Musim Ini, Chelsea Dua Kali!

Graham Potter jadi yang terbaru

Liga Inggris 2022/2023 menjadi musim yang menyedihkan bagi sebagian pendukung klub Inggris. Pasalnya, ada 12 pelatih Liga Inggris yang sudah dipecat musim ini karena dinilai gagal membawa klub mengarungi liga hingga masalah internal dengan manajemen klub.

Pada awal musim, Scott Parker dipecat dari kursi kepelatihan Bournemouth usai kalah 9-0 dari Liverpool. Lalu yang terbaru, Graham Potter didepak setelah Chelsea terjun ke papan tengah klasemen Liga Inggris dengan minim kemenangan.

Lantas, siapa saja ke-12 pelatih tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Scott Parker

12 Pelatih Liga Inggris yang Dipecat Musim Ini, Chelsea Dua Kali!Scott Parker (twitter.com/afcbournemouth)

Pelatih Liga Inggris pertama yang dipecat pada musim 2022/2023 adalah Scott Parker, manajer Bournemouth. Scott Parker dipecat pada 30 Agustus 2022 atau beberapa hari setelah Bournemouth disikat habis 9-0 oleh Liverpool di Anfield. Padahal Parker sebelumnya berhasil membawa Bournemouth promosi ke Liga Inggris.

Setelah dipecat The Cherries, Parker kemudian berlabuh ke Club Brugge, klub Liga Belgia. Namun, sialnya ia dipecat lagi oleh Club Brugge pada 8 Maret 2023 setelah timnya tersingkir dari 16 besar Liga Champions dan deretan kekalahan lain yang dialaminya.

2. Thomas Tuchel

12 Pelatih Liga Inggris yang Dipecat Musim Ini, Chelsea Dua Kali!Thomas Tuchel (premierleague.com)

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel dipecat oleh manajemen pada 7 September 2022. Hal itu menyusul kekalahan 1-0 dari Dinamo Zagreb pada penyisihan grup Liga Champions 2022/2023.

Selain itu, Tuchel juga hanya berhasil mengemas tiga dari enam pertandingan pertama Liga Inggris. Ditambah dengan transisi kepemilikan Chelsea dari Roman Abramovich ke Todd Boehly. Todd Boehly memilih mendepak Tuchel dan menggantinya dengan Graham Potter.

Saat ini, Thomas Tuchel dipercaya menjadi pelatih klub raksasa Jerman, Bayern Munchen. Semoga Tuchel betah dan sejalan dengan misi Munchen, ya!

3. Bruno Lage

12 Pelatih Liga Inggris yang Dipecat Musim Ini, Chelsea Dua Kali!potret Bruno Lage (premierleague.com)

Berikutnya giliran Wolverhampton yang memecat pelatihnya, Bruno Lage pada 2 Oktober 2022. Keputusan ini diambil manajemen usai Wolves menelan kekalahan 0-2 dari West Ham United dan menambah deretan performa buruk dari akhir musim lalu.

Kemudian Bruno Lage digantikan oleh Julen Lopetegui pada bulan November 2022. Hingga pekan ke-29, Wolves berada di urutan 13 atau menjadi penghuni papan tengah klasemen.

4. Steven Gerrard

12 Pelatih Liga Inggris yang Dipecat Musim Ini, Chelsea Dua Kali!Manajer Aston Villa, Steven Gerrard. (avfc.co.uk).

Mantan bintang Liverpool yang menjadi pelatih Aston Villa, Steven Gerrard merupakan pelatih Liga Inggris yang dipecat berikutnya. Aston Villa memecat Gerrard pada 20 Oktober 2022.

Gerrard dipecat sesaat setelah Aston Villa kalah 0-3 dari Fulham. Aston Villa hanya mengemas satu kemenangan dari sembilan pertandingan saat itu. Gerrard kemudian digantikan oleh mantan pelatih Villareal, Unai Emery.

5. Ralph Hasenhuttl

12 Pelatih Liga Inggris yang Dipecat Musim Ini, Chelsea Dua Kali!Ralph Hasenhuttl (premierleague.com)

Selanjutnya, pelatih Liga Inggris yang sudah dipecat musim ini adalah pelatih Southampton, Ralph Hasenhuttl. Ralph Hasenhuttl dipecat oleh manajemen Southampton pada 6 November 2022.

Padahal Ralph Hasenhuttl sudah mengepalai kursi kepelatihan Southampton selama hampir lima tahun. Salah satu penyebab pemecatannya adalah rentetan kekalahan yang dialami Southampton pada musim 2022/2023.

Kemudian posisinya diganti oleh Nathan Jones yang juga tidak berhasil membawa Soton mengarungi musim 2022/2023. Meski kursi pelatih sudah berganti-ganti, Southampton tetap menjadi juru kunci klasemen Liga Inggris 2022/2023 dengan hanya mengemas 23 poin hingga pekan ke-29.

6. Frank Lampard

12 Pelatih Liga Inggris yang Dipecat Musim Ini, Chelsea Dua Kali!Frank Lampard (instagram.com/everton)

Sejak musim lalu, Everton terus mengalami kemunduran. Padahal Everton adalah salah satu tim asal Merseyside yang beberapa musim lalu menghuni sepuluh besar klasemen. Namun, kini mereka harus berjuang keras untuk keluar dari zona degradasi.

Pelatihnya, Frank Lampard pun menjadi korban. Everton memecat Frank Lampard pada 23 Januari 2023 atau setelah Everton mengalami lima kekalahan dari enam pertandingan.

Meski posisinya sudah digantikan oleh Sean Dyche, Everton masih kesulitan keluar dari zona merah Liga Inggris.

7. Jesse Marsch

12 Pelatih Liga Inggris yang Dipecat Musim Ini, Chelsea Dua Kali!pelatih baru Leeds United Jesse Marsch (leeds-live.co.uk)

Setelah menanti 16 tahun, Leeds United sukses promosi kembali ke Liga Inggris musim 2020/2021. Pada musim itu pun Leeds United berhasil finish di posisi ke-9.

Namun pada Liga Inggris 2022/2023, performa Leeds makin menurun. Hingga pekan ke-29, Leeds berada di posisi ke-17 atau mepet dengan zona degradasi.

Pelatihnya, Jesse Marsch pun dipecat oleh Leeds pada 6 Februari 2023. Pasalnya Leeds United sempat kalah tujuh kali dalam pertandingan liga. Kini, posisinya digantikan oleh mantan pelatih Watford, Javi Gracia.

8. Nathan Jones

12 Pelatih Liga Inggris yang Dipecat Musim Ini, Chelsea Dua Kali!Nathan Jones (southamptonfc.com)

Southampton menjadi salah satu klub Liga Inggris yang memecat pelatihnya sebanyak dua kali dalam satu musim. Nathan Jones yang menggantikan Ralph Hasenhuttl pada November 2022 juga ikut dipecat pada 12 Februari 2023.

Performa Southampton yang tak kunjung membaik, bahkan makin memburuk adalah alasannya. Soton gagal menang dalam tujuh dari delapan pertandingan.

Saat ini, kursi kepelatihan Southampton diisi oleh Ruben Selles sebagai pelatih sementara sampai akhir musim.

9. Patrick Vieira

12 Pelatih Liga Inggris yang Dipecat Musim Ini, Chelsea Dua Kali!Patrick Vieira (twitter.com/CPFC)

Berikutnya, pelatih Liga Inggris yang sudah dipecat musim ini adalah Patrick Vieira, pelatih Crystal Palace. Vieira dipecat pada 17 Maret 2023 atau setelah menjalani 12 pertandingan tanpa kemenangan.

Akhirnya, Vieira digantikan oleh Roy Hodgson dan saat ini Crystal Palace berada di papan tengah klasemen sementara Liga Inggris 2022/2023.

10. Antonio Conte

12 Pelatih Liga Inggris yang Dipecat Musim Ini, Chelsea Dua Kali!Antonio Conte memberikan arahan kepada pemainnya. (twitter.com/SpursOfficial)

Salah satu pelatih Liga Inggris yang sudah dipecat musim ini karena masalah internal dengan manajemen klub adalah Antonio Conte, pelatih Tottenham Hotspur. Antonio Conte dipecat Tottenham pada 26 Maret 2023 atau setelah 16 bulan mengepalai kursi pelatih.

Pada awal penunjukannya sebagai pelatih, Conte berhasil sedikit membawa perubahan kepada klub dan pemain. Para pemain lebih termotivasi ketika dilatih juru taktik asal Italia ini.

Namun, ternyata visi misi Conte belum sejalan dengan klub dan para pemain. Puncaknya setelah laga versus Southampton yang berakhir 3-3, Antonio Conte melempar kata-kata yang sangat menyudutkan manajemen dan para pemain.

Pemilik Spurs, Daniel Levy akhirnya memutuskan memecat Conte dan menunjuk Cristian Stellini sebagai pelatih sementara hingga akhir musim.

Baca Juga: 6 Pelatih yang Bisa Menggantikan Antonio Conte di Tottenham Hotspur

11. Brendan Rodgers

12 Pelatih Liga Inggris yang Dipecat Musim Ini, Chelsea Dua Kali!twitter.com/LCFC

Leicester City menjadi klub berikutnya yang memecat pelatihnya pada musim 2022/2023. Brendan Rodgers dipecat oleh Leicester City pada 2 April 2023 setelah kekalahan demi kekalahan didapat oleh The Foxes.

Hal itu membuat Leicester harus berada di zona degradasi atau posisi ke-19 dengan sisa sepuluh pertandingan lagi. Bagaimana pun, Rodgers pernah berhasil membawa Leicester menuju kesuksesan dengan menjuarai Piala FA dan Community Shield hingga babak semifinal Europa Conference League.

Baca Juga: Liga Inggris 2022-2023: Top Scorers, Assists, Shots, dan Clean Sheets 

12. Graham Potter

12 Pelatih Liga Inggris yang Dipecat Musim Ini, Chelsea Dua Kali!Graham Potter (premierleague.com)

Yang terbaru, pelatih Liga Inggris yang sudah dipecat musim ini adalah Graham Potter, pelatih Chelsea pengganti Tuchel. Dengan pemecatan ini, Chelsea resmi menjadi klub Liga Inggris yang memecat pelatihnya sebanyak dua kali dalam satu musim.

Graham Potter dipecat oleh Chelsea pada 3 April 2023. Hal ini menyusul performa Chelsea yang tidak kunjung membaik hingga menjelang akhir musim. Hingga pekan ke-29, Chelsea bertahan di posisi ke-11 dengan hanya mengumpulkan 38 poin.

Nah, itulah tadi daftar 12 pelatih Liga Inggris yang sudah dipecat musim ini. Bahkan, dua klub ternama yaitu Chelsea dan Southampton sudah memecat dua pelatihnya dalam satu musim. Cukup menyedihkan, ya?

Baca Juga: Chelsea Kalah Lagi, Graham Potter Frustrasi 

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya