11 Posisi Pemain Sepak Bola Terlengkap, Anak Bola Wajib Tahu

Posisi gelandang ada banyak macamnya juga, lho

Sepak bola merupakan salah satu olahraga atau permainan paling populer seantero dunia. Sepak bola dimainkan oleh berbagai kalangan tanpa terkecuali. Olahraga ini juga diperlombakan, baik skala lokal, nasional, maupun internasional.

Dalam pertandingan sepak bola, terdapat dua tim yang masing-masing berisi 11 pemain. Setiap pemain memiliki posisinya masing-masing. Posisi pemain sepak bola memengaruhi tugas mereka dalam permainan. Ada yang bertugas menjaga gawang, menjaga garis pertahanan, mencetak gol, dan sebagainya.

Mau tahu secara lengkap setiap posisi pemain sepak bola dan tugas mereka masing-masing? Simak artikel ini, yuk!

1. Penjaga gawang (Goal keeper)

11 Posisi Pemain Sepak Bola Terlengkap, Anak Bola Wajib TahuManuel Neuer (fcbayern.com)

Sesuai namanya, posisi pemain sepak bola yang pertama ini bertugas untuk menjaga gawang timnya agar tidak kemasukan bola. Penjaga gawang atau kiper berada di garis paling belakang dalam formasi sepak bola atau berada tepat di depan garis gawang. Singkatan untuk posisi penjaga gawang adalah GK (Goal keeper).

Seorang kiper bebas menyentuh bola dengan tangan asalkan berada di dalam kotak penalti. Tugas menjadi kiper pun tidaklah mudah. Dibutuhkan kemampuan khusus, seperti refleks dan insting yang bagus untuk menjadi seorang penjaga gawang.

Terdapat beberapa tugas penjaga gawang dalam sepak bola, yaitu:

1. Menyelamatkan bola

Penjaga gawang bagaimana pun caranya harus mencegah dan menghalau bola untuk masuk ke gawang sendiri. Caranya bisa dengan menangkap, menepis, memeluk, dan meninju bola.

2. Membersihkan bola

Kiper harus menjaga wilayahnya dari bola-bola berbahaya lawan, seperti umpan dari sisi lapangan, umpan terobosan, dan sebagainya.

3. Menendang bola secara terarah

Tugas kiper yang tak kalah penting adalah menendang bola secara akurat, baik umpan pendek kepada pemain bertahan yang tidak dijaga oleh lawan maupun umpan jauh ke tengah lapangan.

4. Mendistribusikan bola

Kiper juga bertugas untuk membuang atau menendang bola ke arah yang menjauhi gawang sendiri. Biasanya, kondisi ini disebut bola muntah oleh kiper dan terjadi saat tim mendapat serangan oleh lawan.

Dalam dunia sepak bola, dikenal sejumlah penjaga gawang kawakan yang terkenal dengan kemampuannya. Mulai dari Gianluigi Buffon, Oliver Khan, Peter Schmeichel, David de Gea, Manuel Neuer, Gianluigi Donnaruma, dan masih banyak lagi.

2. Pemain bertahan (Defender)

Posisi pemain sepak bola berikutnya adalah pemain bertahan atau defender. Biasanya juga disebut sebagai bek. Pemain bertahan mempunyai tugas untuk menjaga garis pertahanan tim agar penyerang lawan tidak bisa masuk ke area penjaga gawang dan mencetak gol.

Ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh seorang bek, seperti punya stamina yang lebih kuat, postur tubuh tinggi dan besar, serta fisik kuat untuk memotong pergerakan lawan.

Posisi pemain bertahan sendiri bisa dibagi menjadi beberapa posisi khusus lagi. Beberapa di antaranya adalah:

  • Left back (LB)
  • Left wing back (LWB)
  • Center back (CB)
  • Right back (RB)
  • Right wing back (RWB)
  • Sweeper (SW)

3. Bek tengah atau Center back (CB)

11 Posisi Pemain Sepak Bola Terlengkap, Anak Bola Wajib TahuBek tengah Manchester united Harry maguire (instagram.com/harrymaguire93)

Posisi bek tengah biasanya muncul ketika sebuah tim menggunakan formasi dengan bek berjumlah empat pemain, sehingga dua pemain yang berada di tengah disebut center back.

Bek tengah mempunyai tugas untuk menjaga wilayah bertahan bagian tengah. Para pemain bek tengah biasanya juga maju ke depan untuk membantu mencetak gol ketika timnya mendapat sepak pojok atau corner kick.

Center back biasanya memiliki postur tubuh yang besar dan tinggi karena harus memblokir dan memaksimalkan body charge atau kontak fisik dengan lawan. Namun, tidak menutup kemungkinan bek tengah memiliki postur yang biasa saja dan tetap jago, seperti Carles Puyol yang memiliki tinggi rata-rata 180 cm.

4. Bek sayap atau wing back

Berbeda dengan bek tengah yang lebih banyak bertugas di belakang, bek sayap atau wing back mempunyai tugas untuk maju di sisi kanan atau kiri lapangan. Tujuannya untuk menyuplai bola ke tengah dan menguasai bola di wilayah kanan atau kiri.

Bek sayap dibagi menjadi dua, yaitu Left wing back dan Right wing back. Masing-masing pemain tersebut secara umum memiliki dua tugas. Pertama, mengantisipasi serangan lawan dari sisi kanan atau kiri dan berusaha menghalaunya. Kedua, membantu tim dalam penyerangan dengan maju atau memberi umpan ke penyerang.

5. Bek kanan/kiri atau right/left back

11 Posisi Pemain Sepak Bola Terlengkap, Anak Bola Wajib TahuBen White (instagram.com/officialbhafc)

Pemain pada posisi ini bertanggung jawab melindungi gawang semua serangan lawan. Adapun tugas utama mereka adalah memblokir tendangan dari lawan dan menghentikan pergerakan pemain ofensif lawan agar tidak bisa mencetak gol, serta membantu kiper dalam hal menghalau bola yang mengarah ke gawang.

6. Penyapu atau sweeper

Posisi penyapu atau sweeper ini biasanya dipakai saat sebuah tim menggunakan formasi dengan lima pemain bertahan. Sweeper biasanya akan berada di tengah dan di depan penjaga gawang.

Tugas sweeper adalah menyapu atau membersihkan area pertahanan dari bola-bola berbahaya maupun bola liar dari lawan. Ketika lawan berhasil menerobos dan melewati bek tengah, maka di situlah tugas sweeper untuk menutup lubang pertahanan tim.

Beberapa skill yang dibutuhkan seorang sweeper antara lain:

  • Jago merebut dan menyapu bola dari lawan.
  • Mengawasi setiap serangan lawan.
  • Pintar mendeteksi serangan lawan.

Namun, bisa dibilang saat ini posisi sweeper kurang populer dipakai oleh tim sepak bola karena perannya bisa dilakukan oleh bek tengah. 

7. Pemain tengah atau gelandang (Midfielder)

11 Posisi Pemain Sepak Bola Terlengkap, Anak Bola Wajib TahuLuka Modric sebagai pemain yang tampil di Piala Dunia untuk terakhir kali (twitter.com/lukamodric10)

Dalam permainan sepak bola, posisi pemain tengah atau gelandang bisa dibilang punya tugas yang paling banyak. Beberapa tugas gelandang dalam sepak bola antara lain:

  1. Menjadi penghubung atau penyalur bola dari pemain bertahan kepada penyerang.
  2. Mencegah pemain lawan mencapai garis pertahanan.
  3. Menjaga penguasaan bola di tengah lapangan.
  4. Membangun serangan, mengotak-atik, dan mengobrak-abrik pertahanan tim lawan.
  5. Menyuplai bola kepada penyerang untuk kemudian mencetak gol.

Dengan tugas yang banyak tersebut, pemain gelandang harus memiliki stamina dan tenaga yang banyak. Sebab harus bergerak ke garis pertahanan sekaligus ke lini depan. Oleh karena itu, untuk memudahkan tugas-tugasnya, posisi pemain sepak bola ini dibagi lagi menjadi beberapa macam, yaitu:

  • Deffensive midfielder (DM)
  • Center midfielder (CM)
  • Attacking midfielder (AM)
  • Left wing atau Left midfielder (LW / LM)
  • Right wing atau Right midfielder (RW / RM)

Baca Juga: 40 Istilah dalam Sepak Bola dan Artinya, Menambah Wawasan

8. Gelandang bertahan atau defensive midfielder

Posisi gelandang bertahan punya tugas untuk mempertahankan wilayah tengah lapangan. Bisa dibilang posisi ini tugasnya fleksibel karena bisa bertahan maupun menyerang.

Gelandang bertahan umumnya melakukan tugas gelandang nomor dua pada penjelasan sebelumnya, yaitu mencegah agar lawan tidak mencapai garis pertahanan. Oleh sebab itu, para gelandang bertahan punya skill merebut bola dan memotong serangan lawan.

9. Gelandang tengah atau center midfielder

11 Posisi Pemain Sepak Bola Terlengkap, Anak Bola Wajib TahuSalah Eddine (instagram.com/salah.oulad)

Posisi gelandang berikutnya adalah gelandang tengah. Posisi pemain sepak bola satu ini memiliki beberapa tugas, di antaranya:

  • Mengatur ritme permainan tim.
  • Menyuplai bola untuk penyerang.
  • Memotong serangan lawan.
  • Membantu pertahanan di bagian tengah lapangan.

Seorang CM (center midfielder) harus memiliki tenaga yang banyak dan gerak yang cepat. Salah satu CM yang dikenal terbaik pada zamannya adalah Steven Gerrard yang bermain untuk Liverpool atau Andres Iniesta di Barcelona.

10. Gelandang serang atau attacking midfielder

Sesuai namanya, pemain gelandang serang memiliki tugas sebagai "playmaker" yang harus bisa mengontrol bola dengan baik. Bahkan, bisa dibilang gelandang serang adalah otak serangan dari sebuah tim. 

Merekalah yang bertugas menciptakan pola-pola untuk menyerang. Gelandang serang juga harus terampil dan cekatan dalam mengolah bola di area pertahanan lawan.

11. Gelandang sayap atau winger

11 Posisi Pemain Sepak Bola Terlengkap, Anak Bola Wajib TahuWinger Saldi Amiruddin saat diumumkan sebagai rekrutan baru FC Bekasi City untuk Liga 2 musim 2022. (Instagram.com/fcbekasi)

Posisi gelandang berikutnya adalah pemain sayap atau winger. Sesuai namanya, gelandang sayap berposisi di kanan atau kiri lapangan. Skill yang dibutuhkan seorang gelandang sayap adalah penguasaan bola, dribbling, hingga mempunyai kecepatan berlari yang baik.

Sebab seorang winger harus mahir menggiring bola melewati lawan dan menembus pertahanan lawan lewat kiri atau kanan lapangan.

12. Penyerang (Forward atau striker)

Posisi pemain sepak bola selanjutnya adalah penyerang atau striker (forward). Penyerang bukan tak lain bertugas untuk menerima bola dari gelandang atau pemain bertahan, lalu mencetak gol ke gawang lawan.

Oleh sebab itu, penyerang cenderung tidak memerlukan gerakan yang banyak dibanding gelandang. Penyerang murni biasanya menunggu suplai bola dari tengah lapangan, lalu mengolahnya menjadi gol.

Meski begitu, seorang penyerang otomatis harus punya kemampuan shooting yang akurat, presisi, dan tepat sasaran. Secara umum, posisi penyerang dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Center forward (CF)
  • Wing forward (WF)

Penyerang tengah atau center forward

Posisi ini bisa dibilang striker murni, yaitu penyerang yang berdiri di area pertahanan lawan. Tugas seorang penyerang tengah antara lain:

  • Menerima umpan dari rekan setim dan mengolahnya menjadi gol.
  • Mengalihkan perhatian tim lawan supaya gelandang serang atau winger bisa masuk ke daerah pertahanan lawan.

Kemampuan seorang penyerang adalah harus bisa mengontrol bola dengan baik dan berani berduel dengan lawan

13. Penyerang sayap atau winger forward

11 Posisi Pemain Sepak Bola Terlengkap, Anak Bola Wajib TahuPenyerang sayap Arema FC, Ilhamudin Armayn, saat dijaga 2 pemain Persis Solo. (Foto: Media Officer Arema FC)

Sedangkan penyerang sayap juga biasanya dikenal dengan nama Second striker atau Withdrawn striker. Posisi pemain sepak bola ini punya dua tugas utama, yaitu mencetak gol dan ditarik agak ke belakang atau ke samping untuk membantu serangan. Namun, ada juga tugas lainnya, yaitu mengumpan bola dan membuka ruang untuk penyerang tengah.

14. Penyerang bayangan atau second striker

Penyerang bayangan atau second striker berposisi tepat di belakang striker utama. Adapun tugas dari seorang penyerang bayangan adalah membantu dan menciptakan peluang untuk penyerang utama dalam mencetak gol. Penyerang bayangan juga bertugas untuk melindungi dan mempertahankan aliran bola. 

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap tentang posisi pemain sepak bola yang wajib kamu ketahui. Setiap posisi memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Setiap posisi juga mempunyai kualifikasi skill yang harus dimiliki. Kira-kira, kamu bermain di posisi mana dalam sepak bola?

Baca Juga: 15 Formasi Sepak Bola Lengkap dengan Penjelasan dan Contohnya

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D
  • Rihanna Bunga

Berita Terkini Lainnya