Preview Manchester City vs Chelsea: Pembuktian Cole Palmer

Chelsea akan tampil all out untuk kejar ketertinggalan

Manchester City akan menjamu Chelsea dalam laga lanjutan Premier League 2023/24 pada Sabtu (17/2/2024). Bermain di Etihad Stadium, The Citizens berambisi melanjutkan rekor kemenangannya.

ManCity tengah dalam performa yang stabil. Teranyar, Erling Haaland dan kolega berhasil menekuk Copenhagen 3-1 di 16 besar Liga Champions pada Rabu, 14 Februari 2024.

Sedangkan bagi Chelsea, mereka didesak harus menang agar makin tak terperosok ke papan tengah klasemen.

Berikut preview laga Manchester City vs Chelsea serta prediksi susunan pemain. Simak di bawah ini!

1. Cole Palmer tak sabar kembali ke Etihad

Preview Manchester City vs Chelsea: Pembuktian Cole PalmerCole Palmer (chelseafc.com)

Cole Palmer amat termotivasi untuk membawa Chelsea menang di kandang ManCity. Sempat jadi bagian klub itu, dia seolah ingin membuktikkan diri agar ManCity menyesal menyia-nyiakannya.

Ditambah dengan kepercayaan diri karena mulai punya peran vital di lini tengah The Blues, Cole Palmer bersemangat kembali ke Etihad Stadium untuk pertama kalinya, walaupun dengan status sebagai musuh.

Sejak bergabung ke Chelsea pada September 2023, Cole Palmer berhasil tampil maksimal. Dari 31 laga di seluruh kompetisi, dia sukses mengemas 14 gol dan 9 assist.

"Saya sangat bersemangat meskipun laga ini mungkin akan terasa aneh. Kembali ke Etihad mungkin menjadi hal yang aneh, tapi saya sangat menantikannya," kata Palmer dikutip laman resmi Chelsea.

Cole Palmer merupakan pemain jebolan akademi Manchester City. Dia bahkan sempat melakoni debut seniornya di Etihad.

Namun, Pe Guardiola tak menjadikannya pemain inti. Cole Palmer lebih sering masuk bangku cadangan karena tak masuk dalam skema manajer asal Spanyol itu hingga akhirnya dijual The Citizens.

Baca Juga: Kilau Gemerlap Cole Palmer di Tengah Kegelapan Chelsea

2. ManCity lebih diunggulkan

Preview Manchester City vs Chelsea: Pembuktian Cole PalmerManchester City (premierleague.com)

ManCity kali ini lebih diunggulkan dibanding Chelsea. Selain skuad asuhan Pep Guardiola itu sedang dalam performa apik, ManCity juga begitu pede lantara bermain di hadapan fans-nya sendiri.

Kini, ManCity juga terus bersaing di papan atas klasemen sementara Premier League. Mereka berada di posisi kedua klasemen dengan 52 poin.

ManCity juga selalu menang dalam enam pertandingan terakhir di kompetisi domestik. Tak heran kalau mereka punya kepercayaan diri penuh untuk menjamu skuad Pochettino pekan ini.

“Saya menunggu untuk melawan mereka (Chelsea), saya sudah merencanakan semuanya. Ini satu kemenangan dari Copenhagen, lalu target selanjutnya adalah Chelsea," kata Pep Guardiola mengutip laman resmi Manchester City.

ManCity juga belum terkalahkan dalam laga kandang di Premier League 2023/24. Mereka hanya kebobolan satu gol dalam tiga laga kandangnya musim ini.

3. Chelsea mau tak mau harus menang

Preview Manchester City vs Chelsea: Pembuktian Cole PalmerSelebrasi Cole Palmer usai mencetak gol ke gawang Manchester City di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Chelsea mau tak mau harus menang dalam laga melawan ManCity. Sebab, skuad besutan Mauricio Pochettino saat ini berada di peringkat 10 klasemen Liga Inggris.

Mereka setidaknya harus mengamankan poin agar tidak makin terperosok ke papan tengah. Terlebih, pekan depan Chelsea juga sudah ditunggu laga berat. Palmer dkk. berikutnya bakal menjamu Tottenham Hotspur.

Hasil laga melawan ManCity tentu menjadi bekal kepercayaan diri mereka sebelum melawan Son Heung Min dkk.

Cole Palmer digadang-gadang kembali menjadi pemain kunci seperti pertemuan terakhir mereka melawan ManCity, 12 November 2023. Tampil menawan bersama Chelsea, dia membuat laga berakhir imbang 4-4.

Palmer sukses menjadi penyama kedudukan pada menit 95 dan berhasil merebut satu poin dari ManCity.

Baca Juga: Jelang Manchester City vs. Chelsea di Premier League, Duel Adu Gengsi!

4. Head to head Manchester City dan Chelsea

Preview Manchester City vs Chelsea: Pembuktian Cole PalmerDuel Chelsea vs Manchester City yang berakhir 4-4 (skysports.com)

Jika ditilik dari head to head lima pertandingan terakhir, ManCity memang lebih diunggulkan. Mereka sudah menang empat kali dan imbang satu kali tanpa kalah sekalipun.

Namun, sekali lagi dinilai jika The Citizens mampu menyapu bersih lima kemenangan terakhir di semua kompetisi. Di antaranya melawan Copenhagen, Everton, Brentford, Burnley, dan Tottenham.

Sedangkan, Chelsea hanya mampu mengemas dua kemenangan, dua kalah, dan satu imbang.

Meski begitu, Chelsea masih memiliki kepercayaan diri karena meraih kemenangan dua kali beruntun sebelumnya saat melawan Crystal Palace dan Aston Villa.

Baca Juga: Chelsea Bukan Lawan Manchester City, Statistik Berbicara

5. Prediksi susunan pemain Manchester City vs Chelsea

Preview Manchester City vs Chelsea: Pembuktian Cole PalmerThiago Silva (premierleague.com)

Dalam laga kali ini, Manchester City akan ditinggal beberapa pemainnya karena cedera. Mulai dari Josko Gvardiol yang didera cedera ankle hingga Bernardo Silva, Jack Grealish, dan Mateo Kovacic yang belum kembali dari cederanya.

Sedangkan Chelsea juga harus tampil tanpa Thiago Silva yang harus menepi karena cedera pangkal paha. Wesley Fofana dan Robert Sanchez juga harus absen akibat cedera lutut. Ditambah dengan Reece James, Lesley Ugochukwu, dan Romeo Lavia yang didera masalah hamstring.

Berikut prediksi susunan pemain Manchester City vs Chelsea pekan ini:

Manchester City (4-1-4-1): Ederson; Walker, Dias, Ake, Akanji; Rodri; Foden, De Bruyne, Alvarez, Doku; Haaland.

Chelsea (4-2-3-1): Petrovic; Gusto, Disasi, Colwill, Chilwell; Caicedo, Fernandez; Palmer, Gallagher, Jackson; Nkunku.

Baca Juga: Kilau Gemerlap Cole Palmer di Tengah Kegelapan Chelsea

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Ilyas Listianto Mujib
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya