Profil Bung Towel, Pandit Bola yang Sering Kritik Shin Tae-yong

Komentator era ISL

Komentator sepak bola, Bung Towel tengah mendapat sorotan di media sosial. Bung Towel mengkritik pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong dan kebijakan PSSI tentang pemain naturalisasi dalam beberapa wawancaranya di media sosial. Kritiknya mulai dibicarakan saat timnas Garuda berlaga di Piala Asia 2023 pada bulan Januari 2024 lalu.

Namanya kembali ramai di media sosial setelah muncul di acara Hot Room bersama Arya Sinulingga, Justinus Lhaksana, Cristian Gonzalez, dan Aji Santoso yang dipandu Hotman Paris dan tayang di MetroTV, pada Rabu (24/4/2024).

Lantas, sebenarnya siapa Bung Towel? Berikut profil Bung Towel serta rekam jejak dan perjalanan kariernya yang menarik diketahui.

1. Profil Bung Towel

Profil Bung Towel, Pandit Bola yang Sering Kritik Shin Tae-yongBung Towel atau Tommy Welly (youtube.com/GOCEK BUNGTOWEL)

Bung Towel atau yang bernama asli Tommy Welly merupakan komentator, pengamat, atau pandit sepak bola kelahiran Bandung, 5 Maret 1971. Sosoknya tengah ramai dibicarakan di media sosial karena komentar dan kritiknya kepada pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.

Terlepas dari hal itu, Bung Towel telah dikenal luas sebagai pandit di dunia sepak bola. tanah air. Kesukaan Bung Towel terhadap sepak bola boleh jadi berasal dari sang ayah. Ayahnya merupakan mantan pemain sepak bola yang kemudian menjadi pelatih klub di Bandung.

Sejak kecil, Bung Towel gemar bermain sepak bola. Meski akhirnya tidak menjadikannya sebagai pemain bola, tapi dia tetap sulit lepas dari olahraga sejuta umat ini.

2. Memulai karier sebagai wartawan

Profil Bung Towel, Pandit Bola yang Sering Kritik Shin Tae-yongBung Towel atau Tommy Welly (youtube.com/GOCEK BUNGTOWEL)

Bung Towel merupakan lulusan Jurusan Jurnalistik di Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran angkatan 1989. Sejak masih kuliah, dia sudah bekerja di Harian Umum Bandung Pos dan bertugas di desk olahraga.

Dia juga pernah bertugas sebagai kameramen di berbagai pertandingan internasional sebelum akhirnya namanya dikenal sebagai komentator.

3. Jadi pengamat sepak bola

Profil Bung Towel, Pandit Bola yang Sering Kritik Shin Tae-yongBung Towel atau Tommy Welly (youtube.com/GOCEK BUNGTOWEL)

Nama Bung Towel dikenal sebagai pengamat dan komentator sepak bola yang populer di Indonesia. Awalnya, Bung Towel terkenal sebagai komentator Indonesia Super League (ISL) yang tayang di stasiun televisi ANTV.

Kemudian, Bung Towel juga pernah tampil di stasiun televisi lainnya seperti RCTI dan SCTV. Selain itu, dia juga sering menjadi komentator di laga-laga Liga Champions dan timnas Indonesia.

Selain sebagai komentator, ternyata Bung Towel juga pernah memiliki jabatan di PSSI. Bung Towel pernah menjabat sebagai General Manager Football Development PSSI.

Baca Juga: Profil Calvin Verdonk, Calon Naturalisasi Berdarah Aceh

4. Aktif di YouTube

Profil Bung Towel, Pandit Bola yang Sering Kritik Shin Tae-yongBung Towel atau Tommy Welly (youtube.com/GOCEK BUNGTOWEL)

Tak hanya sempat aktif di televisi, Bung Towel juga merambah dunia YouTube lewat kanal GOCEK BUNGTOWEL. Bung Towel memberikan segala pandangan dan komentarnya tentang sepak bola lewat kanal YouTube-nya.

Kanal yang sudah dibuat sejak Desember 2018 ini sudah memiliki lebih dari 112.000 subscribers. Dia juga kerap muncul di siniar-siniar sebagai narasumber yang tayang di kanal YouTube lainnya.

Baca Juga: Profil Million Manhoef, Keturunan Indonesia di Stoke City

5. Komentar-komentarnya tentang PSSI dan timnas Indonesia

Profil Bung Towel, Pandit Bola yang Sering Kritik Shin Tae-yongBung Towel atau Tommy Welly (youtube.com/GOCEK BUNGTOWEL)

Belakangan ini, Bung Towel memberikan komentar dan kritik kepada timnas Indonesia. Pada Desember 2023, dia sempat berkomentar tentang kebijakan timnas Indonesia dalam menaturalisasi pemain.

Komentar tersebut muncul setelah pelatih Shin Tae-yong sempat membuat perbedaan tentang mentalitas pemain lokal dan naturalisasi. Menurut STY, pemain Indonesia lebih sering merasa takut kalah daripada pemain naturalisasi.

Lantas, Bung Towel berkomentar kalau STY justru menganggap remeh mental pemain Indonesia. Dia juga menagih tanggung jawab STY yang semestinya bisa memperbaiki kelemahan tersebut.

Selain itu, Bung Towel juga mengkritik PSSI yang dianggap terlalu sering melakukan naturalisasi pemain. Menurutnya, kompetisi di Indonesia seharusnya menjadi pabrik untuk melahirkan pemain-pemain timnas baru.

Bukan hanya itu, Bung Towel juga pernah mengatakan jika timnas gagal ke 16 besar Piala Asia, maka PSSI harus mengevaluasi STY karena sudah diberikan segala fasilitas dan kesempatan.

Perkataan Bung Towel pun akhirnya patah karena Garuda berhasil tembus ke babak 16 besar, meskipun akhirnya terhenti karena kalah dari Australia.

Nah, itulah tadi profil Bung Towel, pandit sepak bola yang tengah disorot warganet di media sosial.

Baca Juga: Profil Nasrullo Kabirov, Wasit Indonesia vs Qatar yang Kontroversial

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya