Profil Calvin Verdonk, Calon Naturalisasi Berdarah Aceh

Dalam proses naturalisasi menjadi WNI

Baru-baru ini, nama Calvin Verdonk jadi perbincangan hangat di media sosial. Calvin Verdonk adalah pemain klub Eredivisie Liga Belanda, NEC Nijmegen yang memiliki darah keturunan Indonesia. Verdonk berposisi sebagai bek kiri yang juga bisa menjadi bek tengah dan gelandang bertahan.

Dalam video wawancaranya dengan Yussa Nugraha yang diunggah di YouTube pada Minggu (31/3/2024), Calvin Verdonk mengatakan saat ini sedang menjalani proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Lantas, seperti apa profil Calvin Verdonk? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Profil Calvin Verdonk

Profil Calvin Verdonk, Calon Naturalisasi Berdarah AcehCalvin Verdonk, calon pemain naturalisasi timnas Indonesia keturunan Aceh yang bermain di klub Liga Belanda, NEC Nijmegen (instagram.com/c.verdonk)

Calvin Verdonk merupakan pemain sepak bola kelahiran Dordrecht, Belanda pada 26 April 1997. Darah Indonesia Verdonk mengalir dari sang ayah yang lahir di Meulaboh, Aceh. Kakek dan nenek dari sisi ayahnya juga berasal dari kota berjuluk Serambi Mekkah ini.

Pemain dengan tinggi 174 cm ini juga mengaku sudah pernah ke Indonesia, tapi untuk liburan ke Bali. Dia menyebut orang-orang di sana sangat baik dan makanannya enak.

Calvin Verdonk mulai mengenal sepak bola sejak usia 7 tahun. Saat itu, dia menimba ilmu di klub asal kota kelahirannya, SC Amstelwijck dan VV Wieldrecht. Setelah itu, dia melanjutkan kariernya dengan bergabung ke akademi Feyenoord.

2. Malang melintang di Liga Belanda

Profil Calvin Verdonk, Calon Naturalisasi Berdarah AcehCalvin Verdonk, calon pemain naturalisasi timnas Indonesia keturunan Aceh yang bermain di Liga Belanda (instagram.com/c.verdonk)

Calvin Verdonk merupakan pemain jebolan akademi Feyenoord yang mulai memperkuat skuad di level Youth, U-17, dan U-19. Pada 2015, Verdonk resmi dipanggil untuk memperkuat skuad senior Feyenoord. Sayangnya, Verdonk lebih sering dipinjamkan ke klub-klub lain selama berkarier di Feyenoord.

Pada 2016, Verdonk dipinjamkan ke klub Liga Belanda lainnya, PEC Zwolle selama semusim. Setelah kembali ke Feyenoord, dia dipinjamkan lagi ke NEC Nijmegen selama semusim pada 2017.

Begitu juga musim depannya, Verdonk dipinjamkan ke Twente FC setelah kembali dari NEC Nijmegen.

Lalu pada 2020, Calvin Verdonk resmi dilepas Feyenoord dengan status bebas transfer ke klub Liga Portugal, Famalicao. Semusim di Portugal, Verdonk kembali dipinjamkan ke NEC Nijmegen pada 2021.

Merasa lebih cocok dengan sepak bola Belanda, Verdonk pun akhirnya resmi dikontrak secara permanen oleh NEC Nijmegen setelah masa pinjamannya berakhir. Dia bergabung dengan NEC Nijmegen pada Juli 2022 hingga saat ini.

3. Berposisi bek kiri serba bisa

Profil Calvin Verdonk, Calon Naturalisasi Berdarah AcehCalvin Verdonk, calon pemain naturalisasi timnas Indonesia keturunan Aceh yang bermain di klub Liga Belanda, NEC Nijmegen (instagram.com/c.verdonk)

Calvin Verdonk biasanya bermain sebagai bek kiri dalam skuad. Namun, dia juga bisa bermain sebagai bek tengah hingga gelandang bertahan.

Kehadirannya tentu bisa makin memperkuat pos kiri timnas Indonesia yang biasanya diisi oleh Arhan Pratama, Nathan Tjoe-A-On, Shayne Pattynama, ataupun Edo Febriansah.

Verdonk juga dikenal memiliki spesialisasi freekick yang bisa diandalkan. Sebagai bek, dia memiliki naluri mencetak gol yang cukup baik. Jika ditotal, Calvin Verdonk mengemas 13 gol dan 14 assist dari 257 penampilan sepanjang karier klub profesionalnya.

Sedangkan di level internasional, Calvin Verdonk sudah mencicipi skuad Belanda di semua level usia. Mulai dari Belanda U-15 hingga U-21. Secara total, dia telah mengemas 50 caps dan 4 gol.

Baca Juga: Profil Cyrus Margono, Kiper Panathinaikos B Resmi Jadi WNI

4. Diminta jadi WNI sejak 2019

Profil Calvin Verdonk, Calon Naturalisasi Berdarah AcehShin Tae-yong, Calvin Verdonk, dan Fandy Bachdim (instagram.com/shintaeyong777)

Sebenarnya, Calvin Verdonk sudah masuk dalam daftar program naturalisasi PSSI sejak beberapa tahun lalu. Pada 2019, namanya mencuat setelah dia dikenal sebagai bintang muda yang memperkuat klub besar Belanda, Feyenoord.

Saat itu, sudah banyak warganet di media sosial yang meminta Verdonk untuk segera menjadi WNI dan membela timnas Indonesia.

Baca Juga: Profil Ole Romeny, Pemain Utrecht Berdarah Medan Target PSSI

5. Dalam proses naturalisasi jadi WNI

Profil Calvin Verdonk, Calon Naturalisasi Berdarah AcehWawancara Calvin Verdonk, pemain Liga Belanda keturunan Indonesia (youtube.com/Yussa Nugraha)

Calvin Verdonk membeberkan tentang proses naturalisasinya menjadi WNI dalam video wawancaranya di kanal YouTube Yussa Nugraha yang diunggah pada Minggu (31/3/2024). Verdonk mengatakan sudah lama memikirkan untuk menjadi WNI.

"Itu hal yang sudah lama saya pikirkan. Dan kalau jujur, kita sedang proses sekarang. Jadi sekarang menunggu bagaimana prosesnya. Kalau semua proses sudah selesai, kita lihat kapan saya bisa bermain untuk timnas Indonesia, tapi sekarang kita lagi urus," kata Verdonk.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga sudah pernah bertemu dan menonton langsung permainan Calvin Verdonk di NEC Nijmegen. Shin Tae-yong juga menyempatkan diri berfoto bersama Verdonk setelah kemenangan 2-0 NEC Nijmegen atas Heerenveen pada Minggu (10/3/2024).

Baca Juga: Profil Jay Idzes, Bek Timnas Indonesia yang Bela Venezia

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya