Profil Gunawan Dwi Cahyo, Bela Persija hingga Kalteng Putra

Didepak Persik Kediri di paruh musim

Gunawan Dwi Cahyo merupakan pemain sepak bola asal Jepara, Jawa Tengah yang belakangan ramai diperbincangkan. Pasalnya, pada paruh musim Liga 1 2023/24, Gunawan resmi meninggalkan Persik Kediri dan sempat berstatus tanpa klub.

Baru-baru ini, Gunawan juga dikabarkan digugat cerai istrinya, Okie Agustina di Pengadilan Agama Bogor, Jawa Barat pada 10 November 2023 lalu. Gunawan merupakan pesepak bola yang namanya naik saat membela timnas Indonesia U-23 pada SEA Games 2011.

Pemain yang mengawali karier di Jepara, Jawa Tengah ini telah mencicipi banyak klub Indonesia hingga saat ini. Berikut profil dan perjalanan karier Gunawan Dwi Cahyo.

1. Beberapa kali gonta-ganti klub

Profil Gunawan Dwi Cahyo, Bela Persija hingga Kalteng PutraGunawan Dwi Cahyo (instagram.com/gunawandwicahyo13)

Gunawan Dwi Cahyo lahir di Jepara pada 20 April 1989. Gunawan mengawali karier sepak bolanya dengan menimba ilmu di klub bola asal Jepara, Kenari Star FC. Setelah empat tahun di sana, Gunawan bergabung ke akademi Persijap Jepara.

Karier sepak bolanya baru benar-benar dimulai pada musim 2008/09. Dia pindah ke klub rival Persijap, yaitu PSIS Semarang. Setelah semusim di PSIS, dia pindah ke Persik Kediri.

Bersama Macan Putih, bek tengah ini sempat menunjukkan permainan yang baik dengan mengemas 21 penampilan. Pada musim 2010/11, Gunawan kemudian menyeberang ke Sumatra dengan bergabung ke Sriwijaya FC. Sayangnya, 31 penampilannya bersama Sriwijaya gagal membuat manajemen terkesan dengannya. Alhasil, Gunawan dilepas setelah musim berakhir.

Musim berikutnya, Gunawan pindah ke Arema dan bertahan semusim sebelum kembali ke klub tanah kelahirannya, Persijap. Sayangnya, karier Gunawan tidak begitu meningkat sejak saat itu. Kepindahannya ke Mitra Kukar setelah itu juga gagal membuatnya unjuk diri.

2. Dapat pengakuan saat bela timnas di SEA Games

Profil Gunawan Dwi Cahyo, Bela Persija hingga Kalteng PutraGunawan Dwi Cahyo (instagram.com/gunawandwicahyo13)

Gunawan Dwi Cahyo mulai mendapat pengakuan dari pencinta sepak bola Indonesia setelah terpilih mewakili timnas Indonesia U-23 untuk bermain di SEA Games 2011. Gunawan juga sempat membela timnas pada kualifikasi piala dunia saat melawan Bahrain, 29 Februari 2012.

Meski tidak mencatatkan gol maupun assist, nama Gunawan makin dikenal oleh pencinta sepak bola Indonesia.

3. Jadi penghuni bangku cadangan di Persija

Profil Gunawan Dwi Cahyo, Bela Persija hingga Kalteng PutraGunawan Dwi Cahyo (instagram.com/gunawandwicahyo13)

Namanya makin dikenal setelah pada 2015/16, Gunawan Dwi Cahyo direkrut oleh tim ibu kota, Persija Jakarta. Sayangnya, Gunawan tidak kunjung menunjukkan peningkatan dalam kariernya.

Gunawan lebih sering menjadi penghuni bangku cadangan selama empat musim berseragam Macan Kemayoran. Dia lebih sering menjadi bek cadangan jika pemain utama sedang cedera atau berhalangan untuk bermain.

Melansir Transfermarkt, Gunawan Dwi mencatatkan penampilan sebanyak 29 kali dengan 1 assist dan menerima 5 kartu kuning.

4. Raih juara bersama Bali United

Profil Gunawan Dwi Cahyo, Bela Persija hingga Kalteng PutraBali United juara Liga 1 2019 (instagram.com/gunawandwicahyo13)

Pada 2019, Gunawan Dwi Cahyo resmi meninggalkan Persija Jakarta dan berlabuh ke klub asal Pulau Dewata, Bali United. Gunawan bertahan selama kurang lebih 4-5 musim.

Bahkan, Gunawan sempat membawa timnya menjuarai Liga 1 2019. Sayangnya, Gunawan terpaksa menepi pada musim keduanya karena dilanda cedera parah. Setelah pulih, dia pun cukup sulit kembali ke performa terbaiknya dan lebih sering menghuni bangku cadangan.

Baca Juga: Gunawan Dwi Cahyo Klarifikasi Soal Hubungannya dengan Cewek Kediri

5. Didepak Persik Kediri dan gabung Kalteng Putra

Profil Gunawan Dwi Cahyo, Bela Persija hingga Kalteng PutraGunawan Dwi Cahyo (instagram.com/gunawandwicahyo13)

Pada akhir musim 2022/23, Gunawan resmi meninggalkan Bali United dan bergabung ke Persik Kediri pada musim 2023/24. Melansir Transfermarkt, Gunawan hanya tampil sebanyak dua penampilan bersama Persik Kediri sebelum akhirnya resmi meninggalkannya pada paruh musim.

Gunawan Dwi Cahyo sempat berstatus tanpa klub pada paruh musim 2023/24. Namun, saat ini Gunawan diketahui membela klub Liga 2 Indonesia, Kalteng Putra.

Baca Juga: Gagal Penuhi Ekpektasi, Persik Kediri Lepas Gunawan Dwi Cahyo

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya