Profil Ivan Provedel, Kiper Lazio Pencetak Gol Heroik di UCL

Cetak gol sundulan di menit ke-94

Lazio sukses menahan imbang Atletico Madrid 1-1 pada fase grup E Liga Champions 2023/2024. Pablo Barrios membuka keunggulan bagi Atletico di menit ke-29 setelah sepakannya berbelok mengenai Daichi Kamada dan berhasil mengecoh Ivan Provedel. Laga berjalan cukup alot dan membuat tidak terciptanya gol bagi kedua tim hingga pengujung babak kedua.

Namun, berawal dari sepak pojok pada injury time, Lazio membangun serangan di sisi kiri dan umpan silang Luis Alberto berhasil disundul Ivan Provedel yang sudah maju dan tak terkawal. Sontak publik Stadio Olimpico bergemuruh menyambut gol dari kiper bernomor punggung 94 ini. Ivan Provedel jadi penyelamat Lazio dari kekalahan atas Atletico Madrid sekaligus membuka catatan manis di Liga Champions 2023/2024.

Seperti apa profil dan karier Ivan Provedel? Ketahui selengkapnya berikut ini.

1. Memulai karier di Chievo Verona

Profil Ivan Provedel, Kiper Lazio Pencetak Gol Heroik di UCLIvan Provedel (uefa.com)

Ivan Provedel lahir di Pordenone, Italia pada 17 Maret 1994. Pemain jangkung dengan tinggi 192 cm ini berposisi sebagai penjaga gawang yang memulai karier sepak bolanya bersama klub Italia, Chievo Verona pada 2013. Lalu saat ini, Provedel memperkuat Lazio setelah dibeli dari Spezia pada bursa musim panas 2022 lalu.

Pada musim 2022/2023, Provedel berhasil mengemas 22 clean sheet dari 45 pertandingan di semua kompetisi.

2. Sering dipinjamkan ke klub Serie B

Profil Ivan Provedel, Kiper Lazio Pencetak Gol Heroik di UCLIvan Provedel berseragam Spezia (instagram.com/ivanprovedel)

Awal karier Ivan Provedel tidak terlalu baik. Setelah memulai karier di Chievo Verona pada 2013, ia lebih sering dipinjamkan ke beberapa klub Serie B Italia. Berikut klub Ivan Provedel selama berstatus sebagai pemain pinjaman:

  • Pisa SC (2013-2014)
  • Perugia (2014-2015)
  • Modena (2015-2016)
  • Pro Vercelli (2016-2017)

Hingga akhirnya pada musim panas 2017, Ivan Provedel meneken kontrak dengan Empoli seharga 1,2 juta euro atau setara Rp19,7 miliar. Bersama Empoli, ia merasakan bermain di Serie B dan Serie A pada musim 2018/2019.

Pada 2020, Provedel kemudian menjadi pemain pinjaman lagi. Kali ini ke klub medioker Juve Stabia selama satu musim sebelum akhirnya ia ditransfer secara permanen ke Spezia pada musim 2020/2021.

Penampilannya yang mulai konsisten membuat Lazio kepincut untuk mendatangkannya ke klub berjuluk Biancocelesti ini. Ivan Provedel menandatangani kontrak berdurasi lima tahun bersama Lazio dengan biaya transfer 2 juta euro atau Rp32,9 miliar.

Baca Juga: 4 Kiper yang Pernah Cetak Gol di Liga Champions, Ivan Provedel Terbaru

3. Bukan pertama kali cetak gol

Profil Ivan Provedel, Kiper Lazio Pencetak Gol Heroik di UCLIvan Provedel saat berseragam Juve Stabia mencetak gol ke gawang Ascoli pada Serie B 2020 (instagram.com/ivanprovedel)

Menariknya, bukan pertama kali bagi Ivan Provedel untuk mencetak gol. Saat dipinjamkan ke Juve Stabia, Provedel juga pernah menjebol gawang lawan melalui sundulan dari tendangan bebas di sisi kiri. Laga tersebut mempertemukan Juve Stabia vs Asconia dalam lanjutan Serie B 2019/2020.

Lebih uniknya lagi, saat itu Juve Stabia juga dalam posisi tertinggal dan akhirnya berhasil menyamakan kedudukan 2-2 atas Ascoli berkat gol sundulan Ivan Provedel di menit ke-90+5.

Baca Juga: Momen Heroik Gol Sundulan Kiper Lazio, Pupuskan Kemenangan Atletico

4. Kiper keempat yang cetak gol di Liga Champions

Profil Ivan Provedel, Kiper Lazio Pencetak Gol Heroik di UCLIvan Provedel (kuning) berselebrasi setelah cetak gol ke gawang Atletico Madrid. (twitter.com/OfficialSSLazio)

Berkat golnya ini, Ivan Provedel menjadi kiper keempat sepanjang sejarah yang mencetak gol di Liga Champions. Torehan terakhir dicatatkan oleh kiper Lyon, Vincent Enyeama pada 2010, Hans-Jorg Butt yang mencetak gol bersama tiga klub Jerman yang berbeda, dan Sinan Bolat yang mencetak gol untuk Standarad Liege pada 2009.

Selain itu, Ivan Provedel juga menjadi kiper kedua setelah Vincent Enyeama yang mencetak gol dari bola terbuka di Liga Champions. 

Baca Juga: 10 Fakta Ivan Provedel, Penjaga Gawang Andalan Baru Lazio

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya