Profil Rafael Struick, Naturalisasi Belanda Keturunan Semarang

Resmi menjadi pemain timnas Indonesia

Kabar baik datang dari timnas sepak bola Indonesia. Rafael Struick, pesepak bola asal Belanda baru saja merampungkan proses naturalisasinya menjadi warga negara Indonesia. Proses naturalisasi Struick bersamaan dengan pemain asal Belanda lainnya, Ivar Jenner.

Rafael Struick merupakan pemain muda keturunan Semarang yang saat ini bermain di klub ADO Den Haag, kasta kedua liga Belanda. Struick digadang-gadang bisa memperkuat skuad timnas U-20 yang diasuh oleh Shin Tae-yong.

Berikut profil dan perjalanan karier Rafael Struick selama berkarier sebagai pesepak bola. Simak di bawah ini, yuk!

1. Biodata Rafael Struick

Profil Rafael Struick, Naturalisasi Belanda Keturunan SemarangRafael Struick, pemain naturalisasi asal Belanda (instagram.com/rafaelstruick)

Rafael Struick merupakan pemain sepak bola kelahiran Zoetermeer, 27 Maret 2003. Struick lahir dari ayah bernama Brian Struick, warga Belanda keturunan Indonesia. Sedangkan ibunya, Soraya Noraly Soedito merupakan warga Belanda keturunan Suriname.

Nenek Rafael Struick dari pihak ayahnya bernama Eleonora Fredrika Rientsma Struick yang lahir di Semarang pada 24 April 1952. Oleh sebab itu, Struick bisa dibilang merupakan pemain keturunan Semarang, Indonesia.

Pemain yang berposisi sebagai sayap kiri ini belum pernah membela timnas Belanda pada kelompok umur. Oleh sebab itu, Struick makin berpeluang besar memperkuat timnas Indonesia U-20.

2. Perjalanan karier Rafael Struick

Profil Rafael Struick, Naturalisasi Belanda Keturunan SemarangRafael Struick, pemain naturalisasi asal Belanda (instagram.com/rafaelstruick)

Rafael Struick mengawali karier sepak bola dengan bersekolah di Akademi Forum Sport dan pindah ke RKAVV Leidschendam pada 2020. Namun baru setahun di sana, Struick pindah ke Akademi ADO Den Haag dan masuk ke tim utamanya.

Saat ini, Struick menjadi salah satu pemain di skuad senior ADO Den Haag, klub liga kasta kedua Belanda atau Eerste Divisie. Struick pun sudah dipercaya dua kali untuk bermain di Keuken Kampioen Divisie.

Namun, Struick justru dipinjamkan ke klub ADO Den Haag U-21. Sejauh ini, Struick sudah mencetak 1 gol dan 2 assist dari sembilan pertandingan di skuad U-21.

Baca Juga: Profil Farhan Halim, Atlet Indonesia di Final Voli SEA Games 2023 

3. Dikenal sebagai pemain serbabisa

Profil Rafael Struick, Naturalisasi Belanda Keturunan SemarangRafael Struick, pemain naturalisasi asal Belanda (instagram.com/rafaelstruick)

Rafael Struick pertama kali masuk dalam peredaran Shin Tae-yong dan asistennya pada awal 2022. Kemudian Shin Tae-yong mengajak Struick untuk melakoni uji coba internasional bersama timnas Indonesia U-20. Saat itu, uji coba tersebut disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Setelah melakoni debut melawan Slovakia U-20, Struick mendapat pujian dari Shin Tae-yong. Rafael Struick juga dikenal sebagai pemain serba bisa yang bisa bermain di beberapa posisi.

Struick bisa bermain sebagai gelandang sayap kiri maupun kanan. Ia juga tampil baik sebagai second striker dan gelandang serang.

Itulah tadi profil Rafael Struick, pesepak bola asal Belanda keturunan Semarang, Indonesia yang sudah menyelesaikan proses naturalisasi. Mari kita nantikan penampilan Struick bersama timnas U-20!

Baca Juga: Profil Ivar Jenner, Pemain Naturalisasi Baru Berdarah Jember

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya