Profil Shen Yinhao, Wasit Indonesia vs Uzbekistan yang Dihujat

Wasit asal China

Timnas Indonesia U-23 gagal melaju ke babak final Piala Asia U-23 2024 setelah tumbang 0-2 atas Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Senin (29/4/2024) malam. Di balik kekalahan ini, ada nama Shen Yinhao yang ramai diperbincangkan di media sosial.

Shen Yinhao adalah wasit utama asal China yang memimpin laga Indonesia vs Uzbekistan di semifinal. Yinhao dihujat habis-habisan oleh warganet di media sosial karena dinilai memberikan keputusan-keputusan kontroversial yang merugikan Timnas Indonesia.

Bagaimana perjalanan kariernya di dunia sepak bola? Berikut profil Shen Yinhao dan statistiknya sebagai wasit sepak bola.

1. Profil Shen Yinhao

Profil Shen Yinhao, Wasit Indonesia vs Uzbekistan yang DihujatShen Yinhao sebagai wasit Indonesia vs Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024 (dok. RCTI+)

Shen Yinhao merupakan wasit sepak bola asal China yang lahir di Shanghai, 6 November 1986. Yinhao pertama kali debut sebagai wasit liga sepak bola pada April 2016. Kemudian baru mendapatkan lisensi FIFA pada 2018.

Sejak debutnya, Yinhao telah memimpin ratusan pertandingan sepak bola di berbagai level kompetisi. Mulai dari Chinese Super League, China League One, Piala Asia, SEA Games, hingga Asian Games.

2. Statistik wasit Shen Yinhao

Profil Shen Yinhao, Wasit Indonesia vs Uzbekistan yang DihujatKartu merah Rizky Ridho pada laga Indonesia vs Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024 (youtube.com)

Sepanjang kariernya, Shen Yinhao sudah terlibat dalam ratusan pertandingan sepak bola. Yinhao pernah menjadi wasit utama, anggota wasit, hingga wasit VAR.

Sebagai wasit utama, Shen Yinhao telah memimpin 141 pertandingan dan mengeluarkan 498 kartu kuning, 10 kartu kuning kedua, 12 kartu merah, dan 44 penalti.

Beberapa kompetisi yang pernah dipimpinnya, antara lain Chinese Super League, China League One, Asian Games, SEA Games, AFC Cup, International Friendlies, Kualifikasi Piala Dunia Asia, termasuk Piala Asia U-23 2024.

Selain itu, Shen Yinhao juga kerap menjadi wasit VAR. Dia mengemas 33 pertandingan dan terlibat dalam keputusan 123 kartu kuning, 5 kartu kuning kedua, 8 kartu merah, dan 5 penalti.

Baca Juga: 16 Tim Sepak Bola Lolos Olimpiade 2024, Ada Indonesia?

3. Keputusan Yinhao yang rugikan Indonesia

Profil Shen Yinhao, Wasit Indonesia vs Uzbekistan yang DihujatPotret Timnas Indonesia U-23 setelah kalah dari Uzbekistan, Senin (29/4/2024). (the-afc).

Shen Yinhao dibanjiri hujatan dari masyarakat Indonesia karena dianggap memberikan tiga keputusan kontroversial selama laga Indonesia vs Uzbekistan.

Pertama, saat Timnas Indonesia mendapatkan freekick dekat kotak penalti Uzbekistan. Kemudian Yinhao mengecek VAR untuk Possible Penalty. Namun, ternyata Yinhao menganggap bek Uzbekistan melakukan tekel bersih, sehingga Indonesia justru tidak mendapatkan penalti maupun tendangan bebas.

Kedua, gol Muhammad Ferarri yang akhirnya dianulir. Setelah Yinhao mengecek VAR, terlihat kalau kaki Ramadhan Sananta selaku pemberi assist berada di posisi offside.

Ketiga, Rizky Ridho diganjar kartu merah di akhir babak kedua. Yinhao menilai Rizky Ridho mengarahkan kakinya ke selangkangan pemain Uzbekistan. Jika diperhatikan, keduanya padahal berada di posisi merebut bola. Rizky Ridho pun langsung menarik kakinya untuk menghindari kontak langsung dengan pemain Uzbekistan

Demikianlah profil Shen Yinhao, wasit Indonesia vs Uzbekistan yang dinilai merugikan Timnas Indonesia karena beberapa keputusannya selama laga.

Baca Juga: Profil Sivakorn Pu-Udom, Wasit VAR Thailand Kontroversial

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya