Comscore Tracker

10 Pemain dengan Penampilan Terbanyak di Serie A, Buffon Memimpin! 

Mereka adalah legenda sepak bola

Duel dua tim Italia asal kota Turin yaitu Juventus dan Torino menjadi lanjutan Serie A pekan ke-30. Pertandingan itu digelar di Allianz Stadium, markas Si Nyonya Tua pada hari Sabtu (4 Juli 2020) pukul 22.15 WIB. Dengan skor akhir 4-1, Juventus sukses menundukan IlToro pada laga yang bertajuk Derby della Mole tersebut.

Dengan membawa pulang tiga poin, Juventus semakin kokoh di puncak klasemen Serie A musim 2019/2020. Dybala, Cuadrado, Ronaldo dan Douglas Costa menjadi pemain yang bergembira di akhir laga, karena mereka sukses melesatkan tendangan yang berbuah gol.

Namun, kebahagiaan juga dirasakan sang penjaga gawang, Gianluigi Buffon. Pasalnya, kiper yang kini berusia 42 tahun tersebut telah mencatatkan diri sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Serie A Italia. Lalu, siapa sajakah yang juga mencatatkan diri sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Serie A? Simak ulasan berikut!

1. Gianluigi Buffon – 648 penampilan 

10 Pemain dengan Penampilan Terbanyak di Serie A, Buffon Memimpin! skysports.com

Gianluigi Buffon merupakan pemain dengan penampilan terbanyak di Serie A. Kariernya di Serie A diawali pada musim 1994/1995 bersama Parma. Tujuh musim menjaga gawang Parma, Buffon tampil mengesankan. Karena itulah, pada musim 2001/2002, Buffon dipinang Juventus dengan harga yang fantastis untuk seorang penjaga gawang.

Sempat dilepas ke PSG pada musim 2018/2019, Buffon kembali ke pelukan Si Nonya Tua pada musim 2019/2020. Meskipun tak lagi menjadi kiper utama, Buffon masih diberi kesempatan untuk menjaga gawang Juventus. Hingga kini, kiper yang berusia 42 tahun itu tercatat telah bermain sebanyak 648 kali di Serie A Italia.

2. Paolo Maldini – 647 penampilan 

10 Pemain dengan Penampilan Terbanyak di Serie A, Buffon Memimpin! skysports.com

Pemain kedua dengan jumlah penampilan terbanyak di Serie A Italia diduduki oleh legenda AC Milan, Paolo Maldini. Mantan bek tangguh Italia itu menghabiskan seluruh karier profesionalnya hanya bersama AC Milan. Melansir dari Transfermarkt, ia mengawali kariernya pada musim 1985/1986 dan pensiun pada musim 2009/2010. 

Sekitar 24 tahun memperkuat tim berjuluk I Rossoneri tersebut, Maldini tercatat telah tampil sebanyak 647 kali di Serie A Italia. Dengan jumlah penampilan yang banyak serta hanya dilalui bersama satu tim, Paolo Maldini memang benar-benar layak  disebut legenda AC Milan.

3. Francesco Totti – 619 penampilan  

10 Pemain dengan Penampilan Terbanyak di Serie A, Buffon Memimpin! beinsports.com

Posisi ketiga pemain dengan jumlah penampilan terbanyak sepanjang sejarah Serie A Italia dipegang oleh Prince of Rome, Francesco Totti. Gelar pangeran Roma atau bahkan raja Roma disandang Totti bukan tanpa alasan. Sepanjang perjalanannya sebagai pesepak bola, Totti hanya bermain untuk AS Roma.

Serie A musim 1992/1993 merupakan gerbang awal bagi sang pangeran untuk tampil bersama AS Roma. Hampir 25 tahun membela tim berjuluk Giallorossi tersebut, tentunya Totti telah merasakan pahit dan manis dunia sepak bola. Melansir dari Tuttosport, Totti telah tampil sebanyak 619 kali di Serie A.

4. Javier Zannetti – 615 penampilan  

10 Pemain dengan Penampilan Terbanyak di Serie A, Buffon Memimpin! skysports.com

Javier Zanetti merupakan pemain non-Italia yang terdaftar sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak sepanjang gelaran Serie A. Sebagaimana melansir dari laman uefa.com, Zanetti didatangkan Inter Milan dari klub Argentina, Banfield pada tahun 1995.

Loyalitas mantan bek Argentina itu kepada Inter Milan tak perlu lagi diragukan. Ia telah melayani Nerazzurri selama 19 tahun. Bahkan, setelah pensiun pun Zanetti tetap megabdikan diri di Inter Milan sebagai wakil presiden klub. Sepanjang kariernya, ia telah tampil sebanyak 615 kali di pentas Serie A.    

5. Gianluca Pagliuca – 592  

10 Pemain dengan Penampilan Terbanyak di Serie A, Buffon Memimpin! getfootballnewsitaly.com

Posisi kelima pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Serie A ditempati oleh penjaga gawang legendaris Italia, Gianluca Pagliuca. Menurut Transfermarkt, Pagliuca mengawali kiprahnya di Serie A pada musim 1985/1986 dan pensiun di musim 2007/2008.

Mengutip dari Tuttosport, pria yang kini berusia 58 tahun itu telah tampil sebanyak 592 kali. Total penampilan itu dilakukannya bersama  empat tim berbeda yaitu Bologna, Sampdoria, Inter Milan dan yang terakhir adalah Ascoli.

Baca Juga: 8 Pemain Top Juventus yang Memasuki Penghujung Karier, Termasuk CR7?

6. Dino Zoff – 570 penampilan  

10 Pemain dengan Penampilan Terbanyak di Serie A, Buffon Memimpin! planetfootball.com

Sebagai sesama penjaga gawang, Dino Zoff menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Serie A Berikutnya. Sejak musim 1961/1962 hingga musim 1982/1983, Dino Zoff tercatat sebagai pemain yang berlaga di Serie A.

Sekitar 21 tahun malang melintang di liga Italia, ia telah membela empat tim berbeda. Keempat tim tersebut yaitu Udinese, Mantova, Napoli dan Juventus. Setelah memutuskan pensiun, kiper yang menjuarai Piala Dunia tahun 1982 itu telah tampil sebanyak 570 kali di liga Italia.

7. Pietro Vierchowod – 562 penampilan  

10 Pemain dengan Penampilan Terbanyak di Serie A, Buffon Memimpin! pianetamilan.it

Bek tangguh yang mengantarkan Italia menjadi juara pada gelaran Piala Dunia tahun 1982 ini berada diurutan ketujuh pemain dengan penampilan terbanyak di liga Italia. Melansir Transfermarkt, liga Italia musim 1976/1976 merupakan debut bagi Pietro Vierchowod.

Vierchowod menghabiskan seluruh karier profesionalnya untuk memperkuat tim-tim Italia. Sepanjang perjalanannya, ia telah membela delapan tim berbeda. Kedelapan tim tesebut adalah Como, Sampdoria, Fiorentina, AS Roma, Juventus, Perugia, AC Milan dan Piacenza. Pensiun di musim 2000/2001 Pietro tercatat telah bermain sebanyak 562 kali.  

8. Roberto Mancini – 541 penampilan  

10 Pemain dengan Penampilan Terbanyak di Serie A, Buffon Memimpin! thetimes.co.uk

Roberto Mancini juga merupakan pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di liga Italia. Bahakan, juru taktik timnas Italia ini memiliki karier yang cukup memuaskan sebagai pesepak bola. Ia memulai kariernya pada musim 1981/1982 sampai musim 2000/2001.

Sekitar dua puluh tahun menjalani kehidupan sebagai pesepak bola, Mancini telah membela tiga tim Italia berbeda. Ketiga tim tersebut yaitu Bologna, Sampdoria dan Lazio. Sebagaimana ditulis oleh Tuttosport, Mancini telah melakoni 541 pertandingan di liga Italia. 

9. Silvio Piola – 537 penampilan 

10 Pemain dengan Penampilan Terbanyak di Serie A, Buffon Memimpin! toronews.net

Silvio Piola adalah pemain sepak bola Italia kelahiran 29 september 1913. Ia merupakan striker kunci saat Italia meraih juara Piala Dunia tahun 1938. Menurut Transfermarkt, Piola mengawali kariernya pada musim 1929/1930 dan pensiun pada tahun 1954.

Sepanjang kariernya sebagai pesepak bola, Piola telah memperkuat lima tim Italia. Lima tim tersebut yaitu Pro Vercelli, Lazio, Torino, Juventus, dan Novara. 25 tahun memperkuat tim-tim italia, Piola telah tampil sebanyak 537 kali.

10. Enrico Albertosi – 532 penampilan 

10 Pemain dengan Penampilan Terbanyak di Serie A, Buffon Memimpin! vistanet.it

Posisi terakhir dalam daftar ini ditempati oleh Enrico Albertosi. Berposisi seabagai penjaga gawang, Albertosi telah tampil dalam 532 pertandingan di liga Italia. Sepanjang hidupnya, ia telah membela Fiorentina, Cagliari, AC Milan dan yang terakhir adalah Elpidiense.

Penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon merupakan pemain aktif dengan jumlah penampilan terbanyak di Serie A Italia. Bahkan, kontraknya di Juventus pun telah diperpanjang selama satu musim lagi. Dengan sisa kontrak yang ada mampukah Buffon menciptakan rekor baru? Tunggu tanggal mainnya!

Baca Juga: 5 Pemain Top Real Madrid yang Hengkang ke Serie A, Hakimi Terbaru!   

Zain Nurjaman Photo Writer Zain Nurjaman

Penutur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya