3 Klub yang Pernah Diperkuat Raheem Sterling

Pernah berjaya bersama Manchester City

Raheem Sterling merupakan pemain berkebangsaan Inggris yang memperkuat klub asal London, Chelsea, pada 2023/2024 ini. Pemain kelahiran 8 Desember 1994 itu sedang menjalani musim keduanya bersama The Blues. Sterling sendiri telah menjadi pilar penting di lini serang Chelsea setelah pindah dari Manchester City.

Sepanjang kariernya, Raheem Sterling mampu mencatatkan 633 penampilan, baik di level klub maupun timnas. Selama itu, ia menorehkan 198 gol dan 167 assist. Sterling juga sukses meraih 12 trofi di level klub.

Selama ini, Sterling setidaknya pernah membela tiga klub berbeda di English Premier League. Klub pertamanya adalah Liverpool, tetapi ia lebih sukses saat bersama Manchester City. Saat ini, bersama Chelsea, Sterling berusaha mengulang kejayaannya.

1. Raheem Sterling menjalani debut profesional bersama Liverpool

3 Klub yang Pernah Diperkuat Raheem SterlingRaheem Sterling (liverpoolfc.com)

Liverpool merupakan klub profesional pertama dalam karier Raheem Sterling. Pemain asal Inggris tersebut mendapatkan debutnya di level profesional saat berusia 17 tahun, tepatnya pada 24 Maret 2012. Kala itu, Sterling bermain pada laga Liverpool kontra Wigan Athletic yang berakhir dengan skor 1-2 untuk kemenangan Wigan.

Bersama Liverpool, pemain asal Inggris tersebut mencatatkan 129 penampilan dengan torehan 23 gol dan 25 assist. Performa terbaik Sterling ketika berseragam Liverpool terjadi pada 2023/2014. Kala itu Sterling sukses menorehkan 9 gol dan 7 assist dari 33 penampilan. Sayangnya, Sterling gagal meraih trofi saat bermain di Liverpool. Kebersamaan Sterling dan Liverpool pun berakhir pada 2014/2015. Saat itu, Sterling memutuskan untuk hengkang ke Manchester City.

Baca Juga: 6 Legenda Manchester City yang Diabadikan dengan Patung

2. Raheem Sterling meraih segudang trofi bersama Manchester City

3 Klub yang Pernah Diperkuat Raheem SterlingRaheem Sterling (mancity.com)

Raheem Sterling bergabung ke Manchester City pada bursa transfer musim panas 2015/2016. Nilai transfer pemain berkebangsaan Inggris tersebut mencapai 49 juta pound sterling atau setara dengan Rp973 miliar. Sterling datang ke Manchester City dengan menyandang gelar pemain Inggris termahal pada masa itu. Bersama Manchester City, Sterling sendiri menjalani puncak kariernya sebagai pemain sepak bola.

Selama membela Manchester City, pemain asal Inggris tersebut mencatatkan 339 penampilan dengan torehan 131 gol dan 95 assist. Tidak hanya itu, Sterling juga sukses meraih 12 trofi bersama The Citizens. Sterling mengantongi 4 trofi Premier League, 1 trofi Piala FA, 5 trofi Piala Carabao, dan 2 trofi Community Shield. Pada awal musim 2022/2023, Raheem Sterling meninggalkan Manchester City untuk memperkuat Chelsea.

3. Raheem Sterling memutuskan hengkang ke Chelsea

3 Klub yang Pernah Diperkuat Raheem Sterlingpotret Raheem Sterling (chelseafc.com)

Raheem Sterling bergabung dengan Chelsea pada bursa transfer musim panas 2022/2023. Nilai transfernya mencapai 47,5 juta pound sterling atau setara dengan Rp943 miliar. Pemain asal Inggris tersebut menandatangani kontrak berdurasi 5 tahun. Sterling sendiri datang ke Chelsea pada masa kepelatihan Thomas Tuchel.

Sterling langsung menjadi andalan di lini depan The Blues. Bersama Chelsea, pemain berusia 29 tahun tersebut total mencatatkan 60 penampilan dengan torehan 16 gol dan 10 assist. Sedangkan, pada 2023/2024 ini, Sterling mencatatkan 22 penampilan dengan torehan 7 gol dan 6 assist. Di Chelsea, Pemain berusia 29 tahun tersebut mendapat bayaran sebesar 325 ribu pound sterling atau setara dengan Rp6,4 miliar per pekan.

Mengingat performa Chelsea yang masih inkonsisten, tentunya kehadiran Raheem Sterling sangat dibutuhkan untuk mendongkrak performa The Blues. Dengan usia yang masih 29 tahun, Sterling juga masih memiliki banyak waktu untuk menambah koleksi trofinya bersama Chelsea. Patut untuk dinanti, akankah Sterling dapat membawa Chelsea meraih trofi?

Baca Juga: Profil Samuel Iling-Junior, Tolak Beasiswa dari Chelsea demi Juventus

Zaky Eri Ansyah Photo Writer Zaky Eri Ansyah

nice to meet you

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya