Comscore Tracker

Jaga Privasi, Apa Itu Incognito Mode dan Cara Pakainya

Semua browser ternama sudah punya mode ini

Ketika kamu menjelajah internet menggunakan web browser-mu, kamu sebenarnya memiliki opsi menggunakan mode bernama incognito mode atau jendela samaran. Tidak banyak orang yang tahu akan mode ini dan apa fungsinya.

Padahal jika dipergunakan dengan baik, incognito mode bisa memberikan banyak keuntungan untukmu. Berikut ini penjelasan incognito mode dan cara menggunakannya.

1. Incognito mode mencoba memberikanmu privasi dalam menjelajah internet

Jaga Privasi, Apa Itu Incognito Mode dan Cara Pakainyailustrasi incognito mode (nypost.com)

Pada dasarnya incognito mode adalah mode yang ditawarkan browser-mu. Mode ini mencoba memberikan privasi kepada penggunanya dengan cara tidak menyimpan sejarah browsing. Dengan cara ini, orang lain tidak bisa mengetahui kamu sudah pernah mengunjungi situs apa saja.

Berbeda jika kamu menggunakan browser dalam mode normal. Saat kamu mengakses suatu situs lewat mode biasa, browser akan mencatat URL situs serta halaman yang kamu kunjungi. Tujuannya agar ketika kamu ingin mengunjungi halaman itu, kamu tidak kesusahan dalam mencarinya.

2. Incognito mode juga membuatmu bisa menggunakan berbagai akun dalam satu situs

Jaga Privasi, Apa Itu Incognito Mode dan Cara PakainyaIncognito mode pada Chrome (IDN Times/Paulus Risang)

Umumnya ketika kamu memasukkan satu akun dalam satu situs, kamu tidak akan bisa menggunakan akun lain. Hal tersebut tidak berlaku ketika memasuki incognito mode. Sebagai contoh kamu tetap bisa masuk ke akun kerjamu di satu alamat email yang sama sambil tetap menggunakan akun personal di jendela normal.

Ini sangat membantu bila ada temanmu yang ingin meminjam hape atau komputermu untuk masuk akun media sosial mereka. Ketimbang kamu harus keluar masuk akunmu, incognito mode bisa langsung membantu temanmu masuk ke akun mereka tanpa perlu mengganti akunmu. Kamu pun juga bisa langsung menutup incognito mode agar akun media sosial temanmu hilang dari sejarah browser.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Hilangkan Mode Incognito di Web Browser Chrome

3. Incognito mode tidak memberimu kemampuan tak bisa dilacak

Jaga Privasi, Apa Itu Incognito Mode dan Cara Pakainyailustrasi incognito mode (sea.mashable.com)

Banyak orang beranggapan incognito mode membuat mereka tak bisa dilacak semua pihak. Salah besar. Walaupun incognito mode sudah kamu nyalakan, alamat IP-mu masih tetap bisa terbaca. Situs-situs yang kamu masuki tetap bisa mengetahui apa saja kegiatan penjelajahanmu.

Incognito mode juga tidak memberikan perlindungan serangan virus ataupun malware. Jika kamu masuk ke situs tidak jelas walau lewat incognito mode, komputermu masih tetap dapat terserang virus.

4. Browser-browser terkenal sudah memberikan incognito mode

Jaga Privasi, Apa Itu Incognito Mode dan Cara Pakainyatrendblog.net

Tak perlu bingung mencari browser apa yang memberikanmu incognito mode. Mulai dari Google Chrome, Microsoft Internet Explorer dan Edge, Mozilla Firefox, hingga Apple Safari, semua browser ini sudah memiliki incognito mode.

Rasa-rasanya semua browser zaman sekarang sudah memiliki fitur ini. Bahkan macam Opera Mini pun sudah menyediakan fitur tersebut. Ada baiknya kamu berpindah ke browser-browser yang sudah terpercaya untuk menggunakan incognito mode demi menjaga keamanan.

5. Incognito mode bisa dipakai di komputer maupun di hape

Jaga Privasi, Apa Itu Incognito Mode dan Cara Pakainyaincognito mode pada Chrome di Mac (lifewire.com)

Bagi kamu yang kebingungan cara memakai incognito mode dan ingin menjajalnya via hape, kurang lebih begini caranya:

  1. Bukalah browser hapemu. Bisa Chrome, Safari, dan lain sebagainya
  2. Ketuk opsi tabulasi jendela. Biasanya digambarkan dengan angka di dalam kotak atau dua kotak
  3. Saat di halaman yang menunjukkan banyak jendela, pilih pengaturan yang biasanya dilambangkan titik tiga di atas kanan dan pilih new incognito tab. Ini adalah pilihan untuk Chrome. Untuk Safari, bisa langsung pilih opsi di kiri bawah bernama private. Itu langsung akan membawamu ke halaman incognito

Tak berbeda jauh dengan incognito mode di laptop. Kamu cukup masuk ke browser andalanmu, lihat opsi yang biasanya dilambangkan titik tiga, lalu langsung pilih incognito mode.

Ingat, incognito mode tidak mencatat sejarah penjelajahanmu. Jika kamu ada rencana untuk mengunjungi situs yang sama karena penting, tapi kamu mudah lupa, ada baiknya tidak menggunakan incognito mode.

Baca Juga: 5 Alasan Penting Pakai Mode Incognito Chrome Saat Internetan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya